Tata Cara Membuka Rekening Baru Tabungan Bank Jateng di Kantror Cabang Pati 2021

 



Campusnesia.co.id - Lewat postingan kali ini saya ingin berbagi pengalaman membuka rekening baru untuk tabungan di Bank Jateng cabang Pati, alasannya karena kebutuhan transaksi yang menyarankan menggunakan Bank Jateng juga sebabai warga Jateng kenapa enggak bikin bank daerahnya.

Saya datang sudah cukup siang, pukul 10.30 wib di kantor cabang Bank Jateng Pati yang beralamat di Jl. Jenderal Sudirman No.52, Puri, Kec. Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Karena ini pengalaman pertama, saya memutuskan bertanya kepada pak Satpam yang berjaga, beliau memberikan nomer antrian Customer Service pembukaan rekening baru untuk tabungan, di selembar kertas kecil tersebut tertulis nomer antrian B36, padahal di meja CS antrian baru sampai nomer B14 artinyta harus bersabar menunggu.

Setelah sekian lama akhirnya sampailah giliran saya sekitar pukul 11.30 wib, dilayani oleh cs yang ternyata saat menjadi mahasiswa pernah jadi customer usaha percetakan plakat saya Loetju.com di Tembalang semarang.

Selembar formulis pendaftaran harus saya isi termasuk berfoto dengan KTP untuk verifikasi, CS menjelaskan beberapa pilihan jenis tabungan dengan keuntungan dan kekurangan masing-masing, diantaranya:

Tabungan Bank Jateng Apa Saja?

A. Bima
Jika tujuan menabung adalah sebagai ajang berinvestasi di masa sekarang dan yang akan datang, maka tabungan Bima ini bisa menjadi pilihan yang cocok. Ada beberapa keunggulan yang bisa diperoleh dari tabungan Bank Jateng ini, yaitu dari segi perlindungan, keberuntungan, dan keterjangkauannya. 

Dalam aspek perlindungan, nasabah nantinya akan memperoleh manfaat asuransi premi gratis dari Asuransi Sipanda, yaitu produk asuransi hasil kerjasama antara Bank Jateng dengan Askrida yang memiliki nilai santunan hingga Rp.17.500.000. 

Selain perlindungan, keunggulan lainnya dari segi keberuntungan, yaitu nasabah yang telah memiliki saldo minimal rata-rata Rp.500.000, bisa mengikuti undian berhadiah. Hanya saja, program undian ini hanya dikhususkan untuk wilayah se-Jawa Tengah dan Jakarta. 

Aspek lain yang dapat diunggulkan, yaitu dari segi keterjangkauannya, di mana setoran awal untuk tabungan Bank Jateng satu ini hanya sebesar Rp.10.000,- dengan biaya administrasi bulanan sebesar Rp7.500,-dan biaya administrasi tambahan kartu BPD.


B. Bima Platinum
Tabungan Bank Jateng satu ini bisa dibilang khusus diperuntukkan bagi masyarakat segmen khusus, karena memiliki bunga tabungan yang lebih tinggi dari tabungan biasa. 

Nasabah rekening Bima Platinum ini bisa memperoleh fasilitas berupa BPD Card Platinum yang bisa digunakan selain di jaringan ATM Bank Jateng, seperti ATM Bersama dan dan ATM Prima. Rekening ini juga bisa dimanfaatkan sebagai jaminan kredit saat nasabah melakukan pinjaman.

Persyaratan pembukaan rekeningnya termasuk cukup mudah, yaitu cukup dengan melampirkan e-KTP/Paspor untuk WNI atau Surat Ijin Domisili bagi WNA. 

Namun, sang nasabah minimal harus melakukan penyetoran awal sebesar Rp.2.500.000,- dengan biaya administrasi bulanan sebesar Rp10.000,- ditambah biaya administrasi tambahan untuk jenis kartu BPD yang digunakan.


C. Bima Kencana
Tabungan Bank Jateng berikut ini adalah produk tabungan hasil kerjasama antara Bank Jateng dengan Taspen, di mana produk Bima Kencana ini bisa digunakan nasabah yang ingin menikmati masa pensiun. Selain mendapat buku tabungan, nasabahnya juga akan diberika kartu BPD berupa Taspen Smart Card.

Pembukaan rekening Bank Jateng ini bisa dilakukan dengan cukup mengisi formulir pendaftaran, sembari menyiapkan kartu identitas diri dan setoran awal senilai Rp.10.000,-. Biaya administasi bulanannya adalah sebesar Rp.5.000,- dan biaya administrasi kartu BPD atau Taspen perbulan adalah sebesar Rp.3.000,-.

D. Simpeda
Simpeda atau Simpanan Pembangunan Daerah adalah produk tabungan yang bisa digunakan nasabah untuk keperluan menabung sekaligus berkonstribusi dalam menyumbangkan dana untuk pembangunan daerah. Bahkan jika memenuhi syarat, nasabah bisa mengikuti undian berhadiah sebanyak 2 kali setahun.

Syarat pembukaan rekening untuk tabungan Bank Jateng ini, yaitu dengan mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan bukti identitas diri. Adapun setoran awalnya adalah sebesar Rp.10.000,- dan biaya administrasi bulanan sebesar Rp.7.500,-.

E. TabunganKu
TabunganKu merupakan produk tabungan yang bisa digunakan untuk sekedar menabung saja, di mana tidak akan dikenakan biaya administrasi bulanan apapun. Namun nasabah juga masih bisa melakukan penarikan tunai sewaktu-waktu dengan kartu debit BPD di berbagai jaringan ATM selain ATM Bank Jateng sendiri, seperti ATM Bersama dan ATM Prima.

Pada dasarnya, produk tabungan Bank Jateng satu ini bukan hanya diluncurkan oleh Bank Jateng ini sendiri, tapi juga diluncurkan oleh berbagai jenis bank yang ada di Indonesia. Program ini dilakukan dalam upaya meningkatkan semangat menabung masyarakat. Untuk membuka rekening pada tabungan ini, calon nasabah cukup melampirkan kartu identitas diri dan setoran awal sebesar Rp.20.000,-.

F. Simpanan Pelajar
Selanjutnya adalah Simpanan Pelajar atau SimPel yang tentunya dirancang khusus untuk siswa/siswi sekolah secara perorangan. Pelajar yang termasuk dalam kategori ini adalah pelajar yang belum memiliki rekening tabungan. Selain sistem perorangan, sekolah dalam hal ini juga bisa melakukan kerjasama untuk mengikutsertakan para siswa/siswinya untuk menjadi nasabah tabungan ini.

Keunggulan produk tabungan ini untuk pelajar, yakni bebas biaya administrasi bulanan. Setoran awalnya pun termasuk sangat terjangkau, yaitu Rp.5.000 dengan cukup mengisi formulir pendaftaran dan fotokopi Kartu Pelajar. Transaksi keuangan bisa dilakukan dengan membuat dan memiliki kartu BPD, namun perlu menaggung biaya administrasi sebesar Rp.3.000.



Berapa Biaya Administrasi Bank Jateng?
Biaya Administrasi/bulan Rp 10.000,-
- BPD Card Platinum Rp 10.000,-
- BPD Card Gold         Rp 5.000,-
- BPD Card Silver         Rp 3.000,-

Berapa bunga di Bank Jateng?
Berdasarkan pengumuman yang dipublikasikan hari ini (7/4/2021), Bank Jateng menetapkan suku bunga dasar kredit untuk segmen bisnis korporasi sebesar 9,70 persen, kredit ritel sebesar 10,70 persen, dan kredit mikro sebesar 13,75 persen. Berikutnya, SBDK untuk segmen bisnis kredit konsumsi KPR sebesar 11,07 persen dan non KPR sebesar 13,43 persen.


Berapa saldo awal buka rekening Bank Jateng?
Terjangkau, Membuka tabungan tidak perlu khawatir dengan setoran yang mahal. Semuanya bisa, hanya memiliki Rp 50.000 atau Rp 20.000 atau cuma Rp 10.000 pun Anda tidak perlu khawatir. Pembukaan rekening Tabungan BIMA terjangkau dengan setoran awal Rp 50.000 (lima puluh ribu rupiah) sudah bisa mendapatkan buku tabungan dan BPD card.

Apakah BPD Jateng sama dengan Bank Jateng?
Bank Jateng merupakan bank kategori BPD yang sebagian sahamnya dimiliki Pemprov Jawa Tengah dan sejumlah kabupaten/kota di provinsi tersebut. 

Kode Bank Jateng untuk keperluan transfer saat ini yakni 113. Bank Jateng sendiri masuk sebagai salah satu bank BPD paling besar di Indonesia dari sisi aset. Sesuai lingkup wilayahnya, nasabahnya hampir seluruhnya berada di Jateng.


Bank Jateng melayani apa saja?
- Simpanan. Tabungan Bima. DPLK. Simpel. Giro.
- Pinjaman. Personal Loan. Kredit Pemilikan Rumah. Kredit Muti Guna. Kredit Kendaraan Bermotor.
- Layanan. Rupiah. Valas. BPD Net Online. Western Union.

ATM Bank Jateng bisa diambil di ATM apa saja?
Fasilitas Kartu, Kemudahan tarik tunai di seluruh ATM Bank Jateng, ATM Bersama dan Prima.

Apakah Bank Jateng bisa m banking?
Nasabah mampu mengoperasionalkan secara mandiri Mobile Banking Bank Jateng.

Berikut ini kode Bank Jateng dan kode transfer bank daerah lainnya di Indonesia: 
  • Kode Bank Jateng: 113 
  • Kode Bank Jabar: 110 
  • Kode Bank DKI: 111 
  • Kode Bank DIY: 112 
  • Kode Bank Jatim: 114 
  • Kode Bank BPD Jambi: 115 
  • Kode Bank BPD Aceh: 116 
  • Kode Bank Sumut: 117 
  • Kode Bank Nagari: 118 
  • Kode Bank Riau: 119 
  • Kode Bank Sumsel: 120 
  • Kode Bank Lampung: 121 
  • Kode Bank BPD Kalsel: 122 
  • Kode Bank BPD Kalimantan Barat: 123 
  • Kode Bank BPD Kaltim: 124 
  • Kode Bank Kalteng: 125 
  • Kode Bank BPD Sulsel: 126 
  • Kode Bank Sulut: 127 
  • Kode Bank BPD NTB: 128 
  • Kode Bank BPD Bali: 129 
  • Kode Bank NTT: 130 
  • Kode Bank Maluku: 131 
  • Kode Bank BPD Papua: 132 
  • Kode Bank Bengkulu: 133 
  • Kode Bank BPD Sulawesi Tengah: 134 
  • Kode Bank Sultra: 135 
  • Kode Bank Jateng: 113


Setelah mempelajari saya memutuskan mengambil tabungan jenis Platinum, beberapa menit menyelesaikan berkas dan setoran pertama akhirnya jadi juga, buku tabungan dan kartu ATM berwarna abu-abu bisa dibawa pulang dan bisa digunakan.

Kantor cabang bank jateng pati sangat ramai, dari pantauan banyak nasabah dari kalangan pegawai negeri sipil dan masyarakat biasa.

Ruangan besar dan nyaman, pelayanan ramah hanya saja memang saking banyaknya customer harus rela antri cukup lama untuk jenis layanan ke customer service.

Terlihat di ruangan tersebut dilengkapi ruang khusus ibu menyusui, dari beberapa kantor bank yang saya kunjungi ini kali pertama saya jumpai, jempol untuk lactasi room-nya.

Ada pula bagian yang memajang produk UMKM, sekilas nampak seperti kerajinan batik dari kejauhanm sayang saya tidak sempat melihat dari jarak dekat.

Kalau ada yang kurang mungkin adalah tida adanya tawaran aktivasi mobile banking padahal hari gini sangat dibutuhkan, mungkin saya seharusnya bertanya.


Itu tadi sobat campusnesia, pengalaman saya Tata Cara Membuka Rekening Baru Tabungan Bank Jateng di Kantror Cabang Pati 2021. Semoga bermanfaat, sampai jumpa.


penulis: Nandar


===
Baca Juga:


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »