Cara Mengganti Kartu ATM Debit Mandiri ke Debit Chip 2021

 


Campusnesia.co.id -  Tanggal 23 Februari 2021 lalu, saya mendatkan pesan whatsapp dari Bank Mandiri yang isinya agar saya segera mengganti kartu Mandiri Debit saya menjadi kartu debit Chip di kantor cabang terdekat sebelum tanggal 1 april 2021, jika tidak akan diblokir.

Alasanya adalah demi keamanan, sebelumnya memang kartu debit saya dari Bank BRI sudah lebih dulu diganti ke kartu debit yang menggunakan Chip jadi ini langkah yang bagus dari Bank Mandiri demi keamanan nasabah.

Akhirnya, hari ini senin tanggal 29 Maret saya menyempatkan datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat dengan tempat tinggal sekaligus tempat buka rekening yaitu di Tembalang Semarang. Sayangnya karena saya datang sudah terlalu siang, antrianya sangat panjang harus menunggu 17 orang padahal jam sudah menunjukkan pukul 11 siang.

Setelah bertanya ke satpam kantor cabang terdekat yang lainya, saya coba ke Jati Raya Banyumanik, alhamdulillah di sini antrian 7 orang lagi sehingga bisa menghemat waktu.

Sekitar 30 menit menunggu sampaikah giliran saya, lama sekali tidak ke teller bank Mandiri, pelayanan di kantor cabang ini ramah dan memuaskan, setelah dimintai melengkapi data dan administrasi akhirnya saya mendapatkan kartu atm debit yang baru yang kata tellernya bisa digunakan 5 menit setelah aktivasi.

Mumpung lagi ke teller, saya sekalian mengganti dan print out buku tabungan yang telah habis, terakhir print out 2018 lalu. Memang selama ini untuk setor di Bank Mandiri cukup menulis di selembar kertas kecil, jadi merasa tidak perlu print out.

Itu tadi sobat campusnesia, pengalaman saya mengganti kartu debit mandiri lawas dengan yang menggunakan chip, mumpung masih ada waktu sebelum tanggal 1 april 2021 segera saja datang ke kantor cabang terdekat, sayang kalau sampai telat dan harus kena blokir. Jangan lupa membawa kartu atm yang lama, identitas diri seperti KTP dan buku tabungan. 

 

13 Pertanyaan yang sering muncul terkait penggantian Kartu ATM Mandiri ke Debit Chip:
 
1. Apa yang dimaksud dengan Konversi Mandiri Debit Chip ?
Konversi Mandiri Debit Chip adalah penggantian kartu debit berbasis Magnetic Stripe menjadi Chip sesuai dengan arahan Bank Indonesia dan demi keamanan nasabah dalam bertransaksi menggunakan Mandiri Debit.

2. Mengapa Bank Mandiri menerbitkan kartu Mandiri Debit Chip ?
Bank Mandiri menerbitkan kartu Mandiri Debit Chip, sesuai dengan ketentuan atau regulasi dari BI, yaitu Surat Edaran Bank Indonesia No. 17/52/DKSP tanggal 30 Desember 2015 tentang Implementasi  Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number pada Kartu ATM dan / atau Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia.


3. Mengapa perlu adanya penggantian kartu Mandiri Debit Chip?
Untuk meningkatkan keamanan transaksi kartu debit baik dari sisi nasabah, toko/merchant, maupun Bank sebagai penyedia jasa. Kartu berbasis chip relatif lebih aman dibandingkan transaksi menggunakan kartu berbasis magnetic stripe karena mengurangi resiko pencurian data nasabah dan transaksi skimming.

4. Apakah seluruh jenis Mandiri Debit Magnetic Stripe wajib dilakukan penggantian ?
Tidak, Mandiri Debit Magnetic Stripe yang dikecualikan untuk dilakukan penggantian adalah kartu bansos dan tani

 
5. Apakah nasabah yang masih menggunakan Mandiri Debit Magnetic Stripe akan diberikan informasi untuk melakukan penggantian?
Ya, Bank Mandiri akan memberikan informasi mengenai penggantian kartu debit dan cleansing kartu melalui Whatsapp, SMS, dan e-mail blast kepada nomor telepon dan email yang terdaftar di Bank Mandiri. Informasi mengenai penggantian kartu debit dan cleansing kartu debit juga disampaikan melalui website Bank Mandiri, Facebook, Twitter, Instagram, LED, Koran, layar ATM, struk ATM, dan pengumuman di Cabang.

 
6. Apakah Mandiri Debit Magnetic Stripe atau Mandiri Debit yang lama masih dapat digunakan untuk bertransaksi?

Mandiri Debit Magnetic Stripe atau Mandiri Debit yang lama masih dapat digunakan hingga periode blokir yang telah ditentukan (sesuai table di atas). Nasabah yang masih menggunakan Mandiri Debit Magnetic Stripe diharapkan segera mengganti kartu ke Mandiri Debit Chip sebelum tanggal tahapan blokir.

 7. Apa yang terjadi jika nasabah belum melakukan penggantian kartu hingga tanggal blokir?
Mandiri Debit Magnetic Stripe nasabah akan otomatis terblokir secara permanen dan tidak bisa digunakan untuk bertransaksi apapun termasuk penggantian password log in mandiri online. Nasabah harus segera ke Cabang terdekat melakukan penggantian kartu ke Mandiri Debit Chip untuk dapat bertransaksi kembali.

8. Apakah nasabah akan mendapatkan pemberitahuan jika Mandiri Debit Magnetic Stripe nasabah diblokir?
Ya, Bank Mandiri akan memberikan informasi mengenai cleansing Mandiri Debit yang telah dilakukan kepada nasabah yang terdampak melalui Whatsapp, SMS, dan e-mail blast kepada nomor telepon dan email yang terdaftar di Bank Mandiri.

9. Bagaimana cara bertansaksi dengan kartu Mandiri Debit Chip di mesin EDC atau saat berbelanja?
Tidak ada perbedaan cara bertransaksi kartu Mandiri Debit Chip di ATM. Sedangkan untuk cara bertransaksi Mandiri Debit di EDC adalah dengan cara di-dip (memasukkan kartu pada slot EDC) bukan di-swipe atau digesek.

10. Berapa lama jangka waktu expiry date kartu Mandiri Debit Chip?
Expiry date kartu Mandiri Debit Chip adalah 5 tahun.
 
11. Dimana nasabah dapat melakukan penggantian kartu Mandiri Debit Magnetic Stripe ke Chip?
Penggantian Mandiri Debit Magnetic Stripe ke Chip dapat dilakukan melalui cabang Bank Mandiri terdekat.

12. Berapa biaya penggantian Mandiri Debit Magnetic Stripe ke Chip?
Penggantian Mandiri Debit Magnetic Stripe ke Chip tidak dikenakan biaya. alias Gratis

13. Apa saja dokumen yang diperlukan untuk penggantian Mandiri Debit Magnetic Stripe ke Chip?
Dokumen yang perlu dibawa untuk penggantian Mandiri Debit Magnetic Stripe ke Chip di cabang adalah kartu identitas (KTP untuk WNI atau Paspor untuk WNA/Non Residen) dan kartu debit magnetic stripe yang akan diganti.
 
Bagi sobat yang tinggal di Tembalang Semarang berikut beberapa kantor cabang yang bisa jadi alternatif:
 
1. Bank Mandiri KCP Universitas Diponegoro
Alamat: Jl. Jatimulyo No.21 A - C
Pedalangan, Kec. Banyumanik, 
Kota Semarang, Jawa Tengah 50268
 
Telepon: (024) 76480484

Jam Kerja: Senin - Jumat, jam 09.00–14.00, Sabtu  dan Minggu Tutup.

2. Bank Mandiri Jati Raya
Jalan Jati Raya Blok B No 9 A-C, 
Srondol Wetan, Kec. Banyumanik, 
Kota Semarang, Jawa Tengah 50264
 
Telepon: (024) 74666278

Jam Kerja: Senin - Jumat, jam 09.00–14.00, Sabtu  dan Minggu Tutup.
 
3. Mandiri Unit Mikro Semarang Srondol
Jl. Setia Budi No.152, Sumurboto, 
Kec. Banyumanik, Kota Semarang, 
Jawa Tengah 50269
 
Telepon: (024) 7461192

Jam Kerja: Senin - Jumat, jam 09.00–14.00, Sabtu  dan Minggu Tutup.
 
Penulis: Nandar


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »