Rekomendasi 12 Warteg di Area Tembalang Semarang dan Sekitarnya


 

Campusnesia.co.id -- Bagi Sobat Tembalang Semarang yang cari tempat makan murah dan menunya berneka macam nih, kami hadirkan beberapa warteg di daerah Tembalang dan sekitarnya.

Warteg adalah kepanjangan dari Warung Tegal, seperti namanya bisa ditebak mayoritas penjualnya adalah perantau asal kota Tegal Jawa Tengah.

Menu yang disajikan sangat variatif hingga kadang jadi bingun mau pesan apa saja, selain telur dadar, orek tempe jadi menu paling familiar. Cirikhas masakan Warteg adalah rasanya yang cenderung asin, berbeda dengan makanan khas jogja atau semarang yang identik dengan rasa manis.

Logat para penjualnya yang Ngapak juga khas, menu sayur dan lauk di Warteg bisa dijadikan menu harian yang sehat karena memenuhi kebutuhan unsur karbohidrat, serat dan protein, aneka sayurnya juga mengandung vitamin dan zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tentang Warteg, Situs Wikipedia menulis Warung Tegal atau disebut juga (Warung Tegal Bahari) adalah salah satu jenis usaha gastronomi yang menyediakan makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Biasa juga disingkat Warteg, nama ini seolah sudah menjadi istilah generik untuk warung makan kelas menengah ke bawah di pinggir jalan, baik yang berada di kota Tegal maupun di tempat lain, baik yang dikelola oleh orang asal Tegal maupun dari daerah lain. 

Warung tegal pada awalnya banyak dikelola oleh masyarakat dari dua desa di Kabupaten Tegal dan satu desa di Kota Tegal yaitu warga desa Sidapurna, Sidakaton Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal & Krandon. Mereka mengelola warung tegal secara bergiliran (antar keluarga dalam satu ikatan famili) setiap 3 s/d 4 bulan. 

 Yang tidak mendapat giliran mengelola warung biasanya bertani di kampung halamannya. Pengelola warung tegal di Jakarta yang asli orang Tegal biasanya tergabung dalam Koperasi Warung Tegal, yang populer dengan singkatan Kowarteg. Kowarteg hingga saat ini masih diketuai oleh Sastoro.

Hidangan-hidangan di warteg pada umumnya bersifat sederhana dan tidak memerlukan peralatan dapur yang sangat lengkap. Nasi goreng dan mi instan hampir selalu dapat ditemui, demikian pula makanan ringan seperti pisang goreng, minuman seperti kopi, teh dan minuman ringan. Beberapa warung tegal khusus menghidangkan beberapa jenis makanan, seperti sate tegal, gulai dan minuman khas Tegal teh poci.

Warteg jumlahnya ada lebih dari 34.000 warung di Jabodetabek.[2] Bahkan menurut Asmawi selaku Penasihat Asosiasi Koperasi Warteg, menjelaskan bahwa warteg kini juga hadir di luar negeri. Di Tegal banyak terdapat rumah megah seperti istana milik pengusaha warteg.

 

1. Warteg Citra Muncul

    Jl. Banjarsari No.27A, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275


2. Warteg Putri Bahari

    Jl. Banjarsari No.31, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275


3. Warteg Citra Rasa

    Jalan Bandarsari Raya, Nomor. 5, Tembalang, Kec. Tembalang, Semarnag, Jawa Tengah 50275


4. Warteg Kharisma Bahari

    Jl. KH. Sirojudin Kel No.1G, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275


5. Warteg Putra Tegal

    Jl. Prof. Sudarto No.9, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275


6. Warteg Bunderan

    Jl. Prof. Sudarto, Sumurboto, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275


7. Warteg Citra Muncul 3

    Jl. Banjarsari Selatan, Pedalangan, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50268


8. Warteg Laka-laka

    Jl. Banjarsari No.56a, RT.5, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275


9. Warteg dan Penyet Family

    No.91, Jl. Baskoro III, Jebres, Kec. Tembalang, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126


10. Warteg Cita Rasa Tirto Agung

     Jl. Tirto Agung No.6, Pedalangan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50268


11.  Warung Citra Muncul

     Jl. Ngesrep Tim. V No.97, Sumurboto, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50269


12.  Warteg Sumurboto

    Jalan Ngesrep Timur V, Sumurboto, Banyumanik, Sumurboto, Semarang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50269

 

Penulis: Ika Shintya

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »