Tips Merawat Kucing Persia dengan Warna Bulu Putih agar Makin Imut



Campusnesia.co.id -- Halo sobat pecinta kucing dimana pun kalian berada, apa kabar? Semoga kalian sehat selalu. Hari ini, saya akan membagikan beberapa tips merawat kucing Persia putih yang biasa saya lakukan di rumah. 

Kucing adalah hewan berbulu yang menggemaskan, umumnya dijadikan hewan peliharaan. Ada banyak jenis kucing seperti kucing domestik, Persia, Anggora, Meine Coon, dan sebagainya. Setiap  kucing memiliki perawatan yang hampir sama. 

Walau cara merawat kucing tidak jauh berbeda, namun untuk jenis kucing dan warna bulu tertentu harus diperhatikan beberapa hal.

Kali ini saya akan berbagi 6 tips merawat kucing persia yang memiliki warna bulu putih, apa saja? yuk simak satu persatu.

1.Tips pertama
rajin memandikan kucing setiap satu minggu sekali, karena kucing yang memiliki bulu putih rentan kotor dan berubah warna. Memandikan kucing menggunakan sampo khusus kucing agar bulu si Meong tetap indah dan lembut serta terhindar dari kutu. 
 
 
2. Tips kedua
gunakan handuk khusus kucing setelah mandi. Handuk khusus ini dapat diperoleh di pet shop. Usap perlahan-lahan bulu si Meong dengan lembut agar bulu-bulunya tidak rontok, usap dari arah kepala hingga ekor jangan diusap dari arah sebaliknya.  

 

3. Tips ketiga
jangan biarkan kucing keluar terlalu lama setelah dimandikan. Kucing memang hewan yang mudah stress apabila terlalu lama di dalam kandang, namun saat kucing harus bermain di luar usahakan taruh di tempat yang bersih dan kering. Selalu amati ketika kucing bermain di luar. 

 

4. Tips keempat
rajin membersihkan kandang setiap hari. Kandang menjadi tempat beristirahat si Meong sehingga kandang harus terjaga kebersihannya. Bersihkan mulai dari sisa-sisa makanan si Meong yang berjatuhan hingga rutin membersihkan litter box (tempat membuang kotoran). Kandang yang kotor akan menyebabkan penyakit bagi si Meong. 
 
 
5. Tips kelima
berikan si Meong makanan yang bergizi. Untuk mendapatkan kucing yang sehat perlu juga makanan yang sehat dan bergizi. Makanan akan berpengaruh pada kesehatan tubuh dan bulu-bulunya. 
 
Ada beberapa jenis makanan kucing yakni Wet food (makanan basah) dan Dry food (makanan kering). Kita juga dapat membuat makanan kucing sendirisendiri dari daging, ayam, atau ikan dipotong-potong kemudian di kukus. Jangan berikan daging, ikan, atau ayam mentah karena dalam daging mentah terdapat bakteri yang tidak baik bagi kesehatan si Meong. 
 
 
6. Tips keenam 
berikan vaksin pada si Meong. Pemberian vaksin ini bertujuan untuk menjaga kekebalan tubuh kucing agar terhindar dari berbagai virus dan penyakit. Pemberian vaksin dilakukan oleh Vet (dokter hewan). Selain vaksin, berikan obat cacing kepada si Meong untuk menambah nafsu makannya. 
 

Nah, itulah 6 tips untuk merawat kucing Persia putih yang bisa teman-teman cat lovers lakukan.  Selamat mencoba ya. 


Penulis: Jeni Setyawati 
Editor: Ika Shintya 


** Artikel ini merupakan bagian dari program Magang Online Campusnesia season 2

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »