Cara Memaksimalkan Sosial Media untuk Tingkatkan Kunjungan Ke Blog dan Website

 

Campusnesia.co.id - Dahulu sebuah blog atau web hanya mendapat traffic dari mesin pencari seperti Google dan Bing. Seiring berkembangnya teknologi informasi dan kehadiran sosial media, mesin pencari bukan lagi satu-satunya sumber traffic sebuah website.

Dalam bahasa yang lain, kehadiran sosial media dan instan messenger bisa kita manfaatkan sebagi sumber mencari pengunjung untuk blog dan website.

Pertanyaannya, dari sekian banyak sosmed dan instan messenger, mana yang laing potensial mendatangkan traffic? mari kita ulas satu persatu.

 
1. Instagram
Sosial media yang kini diakuisi oleh facebook ini identik dengan visual dan video pendek. Dalam konteks menaikkan traffic kunjungan ke blog atau web secara langsung berdasar pengalaman kurang maksimal karena tidak disediakan fitur penyertaan Link di setiap postingan dan caption. 

Kecuali jika menggunakan Instagram ads, di situ bakal muncul tombol yang bisa dicustome akan menuju ke website jika di klik, tetapi tentu saja harus ada anggaran khusus.

 
2. Facebook
Dahulu, sebelum kebijakan facebook terhadap postingan berita atau postingan dengan link berubah, facebook jadi salah satu sumber traffic yang menjanjikan, apalagi dengan fanspage. Semenjak algoritmenya dirubah dan kebijakan facebook ads makin ketat, postingan tanpa iklan hanya dapat eksposure yang sedikit sekali dan pengguna didorong beriklan jika ingin dapat hasil maksimal, padahal jumlah fanspage banyak.

Sebagai perbandingan, sebuah fanspage dengan member 1.500 an dahulu bisa dapat minimal 5-10% eksposure sekali posting tanpa iklan, sekarang kurang dari 1 %.


3. Whatsapp
Sebagai instan messenger paling populer, dalam urusan menyumbang traffic, whatsapp masih paling bagus dibanding aplikasi pesan yang lain sepert Line atau BBM, setidaknya demikian pengalaman penulis.

Whatsapp memungkinkan untuk memforward sebuah pesan, walau dibatasi maksimal ke 5 kontak berbeda untuk mengurangi Hoax.

Namun perlu diperhatikan, jika ingin mengirim link artikel atau berita ke grup whatsapp perhatikan waktu dan momentnya, jangan serng-sering dan usahakan sesuai konteks karena males juga kalau tiap hari selalu dikirim link di grup wa.

 
4. Twitter
Menurut penulis, twitter adalah sosial media terbaik untuk meningkatkan kunjungan ke blog dan website.

Karena format postingannya yang mengijinkan pengguna mengirim teks disertai Link memudahkan para pengguna lain yang melihat langung klik untuk membaca.

Ditinjau dari sisi kebiasaan pengguna, twitter juga jauh lebih dewasa, terbiasa klik link sebelum berkomentar, agak berbeda dengan kebiasaan pengguna facebook yang hanya lihat judul kemudian berkomentar, sudah rahasia umum bebera website dan media sering menggunakan strategi click bait yang tidak jarang antara judul dan isi berbeda jauh berpotensi menyebabkan missleading.

Twitter juga punya fitur "lihat aktifitas twit" yang kalau diklik bisa kita lihat data jumlah penayangan, tampilan media, total engagment hingga berapa orang yang like dan klik tautan, detail banget.

Kekurangannya, efek viral di sosial media seperti twitter bisanya hanya punya efek jangka pendek, berbeda jika postingan kita mampu masuk halaman pertama google akan punya efek jauh lebih lama dan konsisten.

Cara terbaik adalah mengkombinasikan keduanya, memaksimalkan traffic dari mesin pencari dan memanfaatkan sosial media serta instan messenger untuk menambah traffic dan mendekatkan dengan para pembaca. Semoga bermanfaat.


penulis: Nandar




Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »