Penjelasan Ending dan Alur Cerita Drama Korea MOUSE 2021

 



Campusnesia.co.id - Kalau ditanya drama korea apa yang bagus dan rekomended dari segala aspek di separuh tahun 2021 ini, jawaban saya adalah Mouse. Dibintangi oleh Lee Seung Gi sebagai Jeung Ba Reum, Lee Hee Jun sebagai Go Moo Chi, Park Ju Hyun sebagai Oh Bong Yi, Kyung Soo Jin sebagai Choi Hong Joo, Ahn Jae Wook sebagai Han Seo Joon, Kim Kang Hoon sebagai Jae Hoon dan kwon hwa woon sebagai Sung Yo Han.

Tayang sejak bulan maret lalu setiap hari Rabu dan Kamis malam di saluran TvN dan Viu, Mouse menawarkan tema drama Thriller tentang psikopat dan usaha polisi untuk menangkap pembunuh berantai.

Setelah 20 episode dan 2 episode spin off akhirnya selesai juga pada rabu 19 mei 2021 kemarin, di google korean drama lovers banyak mencari dengan kata kunci teori drama mouse twitter, siapa psikopat di drama mouse, teori mouseteori drakor mouse, sinopsis mouse, inspirasi drama mouse, sinopsis drakor mousereview mouse k-drama dan lain-lain. 

Dalam postingan kali ini kami akan coba merangkum dan sedikit membantu menjelaskan ending drama Mouse ini, tentu saja akan full spoiler jadi buat sobat yang gak mau terpapar bocoran cerita stop sampai sini saja bacanya.

Berawal dari sebuah kejadian yang sudah heboh sejak episode pertama, peristiwa pembunuhan berantai terjadi di korea selatan dengan ciri khas korban dipenggal kepalanya. Pembunuhan sadis ini dilakukan oleh seorang dokter bedah bernama Han Seo Jon demi memenuhi obsesinya tentang teknik kedokteran yang bahkan dalam dunia nyata secara ilmiah belum bisa dilakukan yaitu Transplantasi Otak pada manusia.

Awalnya saya mengira, drama ini terlalu buru-buru, baru episode 1 sudah membongkar pelaku kejahatannya, tetapi dugaan saya salah karena 19 episode berikutnya bakal lebih menarik dan rumit lagi jalan ceritanya.

Peristiwa pembunuhan berantai ini mendapatkan atensi dari politikus di DPR, politisi hingga presiden korea selatan, lalu muncul sebuah inisiatif RUU tentang Deteksi Dini Gen Psikopat dan Kewajiban Menggugurkan kandungan bagi ibu hamil yang terdeteksi bayinya memiliki gen yang akan mendorong seorang anak bersifkat agresif mengarah ke Psikopat.

RUU ini didasarkan pada kajian ilmiah dan penelitian dari seorang doktor bernama Danie Lee dengan Tesis bahwa bisa diciptakan sebuah Dunia atau Tatatan Masyarakat yang hanya berisi orang baik, saling peduli, penuh kasih sayang dan kesejahteraan tanpa kekerasan jika yang hidup hanya orang-orang baik tanpa manusia dengan DNA Psikopat. 

Belakangan ide ini terungkap justru diberikan oleh Han Seo Jon, awalnya tesis Dr. Lee adalah mencari gen baik pada manusia, han seo jon memberikan ide sebaliknya, kenapa tidak mencari orang dengan gen psikopat saja yang jumlahnya lebih sedikit dan memusnahkannya sejak awal?

Atas pertimbangan etik dan perikemanusiaan, RUU Deteksi Dini Gen Psikopat dan Kewajiban Aborsi tidak jadi disahkan, pemerintah dan DPR kala itu sepakat menolak usulan tersebut.

Namun, seorang Sekretaris Kepresidenan bernama Choi Young Shin tidak setuju dengan keputusan DPR dan Pemerintah kala itu tentang RUU kontroversial di atas. Ia dengan segala sumber daya yang dimiliki dalam pemerintahan membentuk sebuah operasi inteligen bernama OZ.

Choi Young Shin - Aktor Intelektual di Balik OZ proyek DNA Psikopat

Operasi terselubung ini memiliki misi memantau para anak yang sejak dalam kandungan sudah memiliki gen Psikopat, diantaranya adalah Jung Ba Reum yang merupakan anak dari Han Seo Jon dan Sung Yo Han. Pengawasan dilakukan dengan merektrut orang dengan beragam latar belakang, mantan kriminal seperti orang yang berperan sebagai Bibi Palsu Jung Ba Reum, Sung So Ho mantan atlet, Dr. Lee ilmuan, Anggota NIS (Badan Inteligen Korea), Dokter, Polisi dan Jaksa. 

Persamaan dari semua anggota OZ adalah mereka yang setuju dengan Utopia dunia tanpa kekerasan ala Psikopat dan rata-rata punya pengalangan memiliki hubungan dekat dengan para korban pemubunuhan psikopat di masa lalu.

Sayang, hingga dewasa Jung Ba Reum dan Sung Yo Han sebagai Tikus Percobaan Laboratorium ala Choi Young Shin tidak segera menunjukkan tanda-tanda berubah menjadi psikopat, padahal andai keduanya berubah menjadi psikopat maka bisa jadi bukti dan alasan kuat untuk kembali mengusulkan dan men-sah kan RUU anti psikopat tadi.

Hingga suatu hari, mereka punya ide memberi alamat Sung So Ho kepada Jung Ba Reum yang selama ini sudah mencari pelaku pembunuhan keluarganya. Jung Ba Reum tidak sadar bahwa ia sedang dipancing dan dijebak oleh organisasi OZ dan terjadilah pembunuhan (pelatih tinju yang mati di atas ring dalam kondisi terbakar) pertamanya yang menjadi trigger munculnya insting psikopatnya hingga berlanjut pada korban-korban lain yang jumlahnya 7-9 termasuk nenek Bong Yi dan seorang anak dengan topeng.

Sung Yo Han yang sadar ada yang aneh dengan apa yang ia alami dan kasus pembunuhan berantai yang sedang terjadi, diam-diam mulai menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi.

Penyelidikan yang ia lakukan membawanya pada fakta bahwa ia bukanlah anak kandung Han Seo Jeon, sang ibu menukar dengan Jung Ba Reum. Lalu menemukan Dr. Lee yang hendak dibunuh dan fakta bahwa dibalik semua kejadian yang ia alami sejak kecil hingga kemunculan pembunuh berantai baru adalah ulah OZ dan jaringan organisasi rahasia yang menyusupi semua sendi organisasi di pemerintahan.

Sadar ia tidak bisa melapor dan meminta tolong pada polisi, Sung Yo Han memilih mencari dan hendak membunuh sendiri Jung Ba Reum yang kala itu sedang menggila dengan aksi kekerasannya, sayang datang detektif Ko Mo Chi yang selama ini menangani kasus pembunuhan berantai dan merupakan anak yang orang tuanya dibunuh Han Seo Jon, Ko Mo Chi menembak Sung Yo Han hingga tersungkur.

Jung Ba Reum yang mendapat luka pukulan di bagian kepala sembuh dengan lupa ingatan, dokter yang mengoperasinya adalah Han Seo Jon sang ayah dan melakukan transplantasi otak dari sung yo han agar jung ba reum selamat, padahal seandainya tidak diambil otaknya sung yo han masih bisa diselamatkan. Han Seo Jon dengan sadar melakukan ini karena ia tahu Jung Ba reum adalah anaknya.

Pasca operasi jung ba reum yang seolah menjadi pembunuh berantai setelah digambarkan menjadi polisi baik hati dan suka menolong, penonton mengira ini adalah efek dari transplantasi otak sung yo han yang selama ini kena fitnah sebagai pembunuh berantai. 

Ternyata insting itu asli milik jung ba reum, justru emosi dan empati yang ia miliki pasca operasi berasal dari otak Sung Yo Han yang tentu saja dalam dunia nyata hal seperti ini tidak ilmiah. Tindakan medis pada donor darah atau organ belum terbukti bisa membawa sifat dari pendonor ke penerima donor.

Semua terungkap menjelang akhir episode, Sung Yo Han tidak bersalah, Jung Ba Reum adalah pembunuh berantai dan anak han seo jon, dengan pengaruh emosi dari otak yo han ia meminta waktu untuk mengungkap kejahatan Terstruktur, Sistematis dan Masif yang dilakukan oleh organisasi OZ di bawah pimpinan Choi Young Shing sekretaris presiden dialah sang aktor intelektual dibalik semua kejadian di drama mouse.


Han Seo Jon dibunuh oleh Jung Ba Reum, demikian juga Choi Young Shin dengan pengaruh politiknya yang mendapat grasi akhirnya bebas tapi dibunuh oleh orang misterius dalam mobilnya.

Drama ini diakhiri dengan durasi 2 jam pada episode 20 kemarin, agak terburu-buru di menit-menit awal dan terlalu mudah ditebak menurut saya, namun cukup untuk menjawab semua pertanyaan penonton yang penasaran dan dibuat gregetan oleh penulis skenario dengan beragam plot twistnya. 

Ada rumor bahwa sang penulis naskah drama Mouse ingin memberi pelajaran psikologis pada karakter psikopat, hal itu bisa dilihat setidaknya sejak Jung Ba Reum sadar ia adalah psikopat pelaku pembunuah berantai. Namun pondasi yang sudah dibangun agak runtuh menjelang menit-menit akhir yang memperlihatkan perubahan emosi dan karakter pada karakter jung ba reum, saya yakin terlepas dari kejengkelan penonton pada karakter Jung Ba Reum pasti ada rasa iba. 

Penyelasan, menyadari kesalahan dan menerima takdir menjadi kesimpulan saya pada sosok Jung Ba Reum diperlihatkan dengan scene imajinasi pertemuannya dengan sosoknya waktu kecil Jae Hon nama aslinya. Walau diceritakan sebelum mati ia mengalami penderitaan yang luar biasa tapi tetap saja.

Sikap saya masih sama sejak mengetahui premis drama Mouse tentang deteksi dini dna psikopat dan wacana seleksi gen pada peluang kehidupan seseorang, secara penelitian ilmiah gen yang mendorong bersikat agresif ke arah psikopat memang bisa diturunkan dari orang tua ke anak, namun karakter seseorang tidak hanya dibentuk dari gen bawaanya, faktor pola asuh keluarga dan lingkungan tumbuh kembangnya juga memiliki peran besar yang bakal menjadikan seseorang menjadi jahat atau baik.

Oke demikian sobat campusnesia, Penjelasan Ending dan Alur Cerita Drama Korea MOUSE 2021. Jika punya pendapat berbeda atau menukan hal menarik lainnya bisa sharing di kolom komentar, sampai jumpa.

Potensi bisnis menulis Drakor Mouse adalah film thriller misteri yang berlatar dunia tempat manusia dapat mengidentifikasi psikopat melalui tes DNA pada janin di dalam rahim ibu. Drakor Mouse ini berpusat pada pertanyaan, 'Apakah Anda akan melahirkan seorang anak dengan mengetahui bahwa mereka adalah seorang psikopat?

Sedangkan Kompas menulis Akhir Drama Mouse, Menyedihkan Tapi Sekaligus Memuaskan.


Penulis: Nandar


Baca Juga:



Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »