Detail dan Review Drama Korea Mouse Episode 1 - 20

 


Campusnesia.co.id -- Satu lagi drama korea yang tengah hadir mengisi bulan Maret 2021, Mouse menjadi drama comeback Lee Sung Gi setelah Vagabond (2019). Memiliki sederet pemain berbakat, drama misteri pembunuhan ini menyuguhkan sisi yang berbeda dari drama pembunuhan berantai biasanya.


Pemain Resmi Drama Korea Mouse

Lee Seung Gi sebagai Jeung Ba Reum

Lee Hee Jun sebagai Go Moo Chi

Park Ju Hyun sebagai Oh Bong Yi

Kyung Soo Jin sebagai Choi Hong Joo

Ahn Jae Wook sebagai Han Seo Joon

Kim Kang Hoon sebagai Jae Hoon

kwon hwa woon sebagai Sung Yo Han 


Poster Resmi Drama Korea Mouse



Trailer Resmi Drama Korea Mouse



Review Drama Korea Mouse Episode 1

Episode 1 Mouse tayang dengan rating 19+ untuk menampilkan secara menyeluruh pesan drama ini yang tak bisa lepas dari beberapa adegan pembunuhan sadis. Pada 25 tahun yang lalu, terjadi pembunuhan dengan metode dan pesan yang ditinggalkan sama oleh pembunuh, yang membuat kasus ini diyakini adalah pembunuhan berantai oleh seorag psikopat. Telah ada 17 korban tewas, namun pelaku tak kunjung ditemukan. Hingga presiden memberi perhatian khusus pada penyelidikan.

Daniel Lee, seorang dokter yang tinggal di luar negeri pun dipanggil ke Korea untuk menyampaikan tentang penelitian yang telah ia lakukan tentang DNA psikopat. Drama Mouse ini menunjukkan dunia yang memiliki kemampuan untuk menganalisa gen psikopat melalui uji DNA, dengan 99% kemungkinan benar. Dimana janin-pun dapat dianalis, sehingga muncul perdebatan untuk mengeluarkan UU pengguguran janin yang memiliki kecocokan DNA psikopat, namun UU ini ditolak karena melanggar hak asasi manusia. Begitupun yang terjadi di Korea.

Daniel Lee kemudian mengunjungi seorang teman, Han Seo Joon yang memili istri hamil tua. Keluarga ini tampak begitu bahagia. Daniel bersyukur temannya dapat berbahagia setelah melewati masa sulit pada 7 tahun yang lalu. Mereka sedikit berbicara mengenai gen psikopat, yang nampak mengerikan jika terjadi pada sang istri, Seo Joon nampak menanggapi dengan ringan. Malam itupun berlalu, Seo Joon mengantar temannya ke hotel.

Sementara di tempat lain, sebuah keluarga yang akan berkemah di hutan menjadi korban pembunuhan. Setelah melalui adegan tragis akhirnya pembunuh melarikan diri karena polisi tiba di TKP. Syukurnya si anak bungsu selamat, dan melihat wajah pelaku. Anak itu tiba-tiba histeris setelah melihat poster dokter Seo Joon. Polisi akhirnya menangkap Seo Joon di rumahnya, dan karena sang anak kecil tadi, polisi menemukan potongan mayat korban.

Seo Joon awalnya akan dibebaskan karena kurang bukti, namun sang istri membantah pengakuannya dengan bukti foto polaroid saat sang suami membuat manusia salju di halaman rumah, dimana manusia salju tersebut ternyata untuk menyembunyikan potongan mayat korban. Wajah asli Seo Joon pun terungkap, dan benar ia lah pembunuh berantai dengan total 20 korban sampai saat itu.

Review Drama Korea Mouse Episode 2
Setting waktu sudah kembali ke masa sekarang, Go Moo Chi anak kecil yang selamat dari pembunuhan Seo Joon yang menewaskan ayah dan ibunya menjadi polisi yang menangani kasus pembunuhan berantai juga.

Karakter Jeung Ba Reum yang diperankan oleh Lee Seung Gi mulai diperlihatkan, seorang polisi yang baik hati dan tidak tahan terhadap kekerasan.

Hingga episode 2 digambarkan bahwa setelah kasus pembunuhan berantai yang dilakukan oleh dokter Seo Joon dengan julukan Head Hunter, kembali terjadi kasus pembunuhan serupa. Patut diduga pelakunya adalah anak dari Seo Jon dan mengkonfirmasi terori bahwa gen Psikopat dapat diwariskan. Kesimpulan ini penulis dasarkan pada episode 1 di mana seorang anak kecil bernama Jae-Hoon membunuh ayahnya sendiri dan saat diperiksa dengan lie detector konsisten jawabanya.

Atau bisa saja salah, pembunuh berantai era Moo Chi adalah benar versi dewasa anak bernama Jae Hoon, namun bukanlah anak dari Seo Joon.

Dari informasi di situs Asianwiki, yang masuk Han Seo-Joon's Group adalah Sung Yo-Han, yang kini adalah dokter bedah syaraf. 

Misterinya, siapakah pembunuh berantai yang baru ini? Jae Hoon atau Sung Yo Han?


Review Drama Korea Mouse Episode 3
Fix pembunuh berantai masa kini dalah dokter Sung Yo-Han.


Review Drama Korea Mouse Episode 4
Sampai detik terakhir episode 4 penonton masih dibuat yakin pembunuh berantai adalah Sung Yo Han, anak Jae Han Seo Joon, hingga akhirnya ada scene orang dengan kruk masuk ke ruang penyekapan anak yang hilang yang membuat spekulasi apakah mungkin polisi 
Jeung Ba Reum adalah pelaku pembunuhan berantai dan psikopat juga?

Atau mungkin ada 2 pembunuh berantai yang berkeliaran?

Atau mungkin ini hanya scene untuk mengecoh penonton? karena drama ini sudah terbukti alurnya maju mundur. Bisa jadi scene Jeung Ba Reum masuk kamar tempat anak disekap adalah peristiwa saat penculik terungkap yang dugaan saya masih sama tersangkanya yaitu dokter Sung Yo Han.


Review Drama Korea Mouse Episode 5
Setelah melalui pemikiran panjang mengenai kesamaan para korban, akhirnya Go Moo Chi menemukan jawaban yang bahkan tak bisa diterima akal sehat. Si Psikopat yang akhirnya 
dengan santai membenarkan jawaban, para korban yang tidak serakah dan mampu menahan emosi dan nafsu mereka menjadi sebuah dosa yang harus dimusnahkan bagi si pembunuh.

Pada akhirnya sang psikopat justru menawan kakak detektif Go. Sang kakak yang meski dihadapkan pada maut  tak memiliki amarah dan memaafkan kesalahan Han Seo Joon, akhirnya dibunuhan dengan keji.
 

Review Drama Korea Mouse Episode 6
Dokter Yo Han sudah pasti adalah sang pembunuh berantai, di rumah sakit ia terus mengawasi Bong Yi setelah terlibat dengannya di gereja. Video Kim Han Kook yang ditawan terus dikirim ke media. Pembunuh ini kembali memanggil detektif Go, yang sebelumnya begitu terpuruk atas kematian sang kakak akhirnya kembali bangkit untuk menangkap sang pembunuh yang belum mereka ketahui pasti identiasnya.

Namun akhirnya potongan-potongan petunjuk terkumpul, di episode 6 ini kebenaran identitas Yo Han terungkap, ia yang mengubah nama dan tinggal dengan ibunya yang merupakan istri Han Seo Joon langsung memberi titik terang pada detektif Go.

Yo Han menuju rumah Ba Reum, namun disana hanya ada Bong Yi, sedangkan Ba Reum menggeledah rumah Yo Han dan menemukan fotonya yang tertempel di dinding. Bukankah hal ini menjelaskan kalau Yo Han sebenearnya tengah mengawasi Ba Reum? Jika kemabali ke ending episode 2, kita tahu kalau Yo Han penasaran dengan keadaan anak yang juga memiliki gen spikopat sama dengan dirinya.

Adegan terakhir episode ini yang begitu mengejutkan, kembali memunculkan teori tentang identitas Ba Reum. Apakah Ba Reum sebenarnya juga psikopat dan merupakan anak yang Yo Han cari? Atau ini juga merupakan adegan pengecoh? 

Review Drama Korea Mouse Episode 7
Terkonfirmasi Ba Reum adalah anak berjaket kuning yang memasukan seekor tikus di kandang ular. (akan saya ralat di review episode 8)

Pasca semua peristiwa di episode 6 Yo Han meninggal, Ba Reum kembali sadar namun mengalami lupa ingatan parsial akibat hantaman palu yo han. Butuh waktu bagi Ba Reum untuk mengembalikan kepingan ingatannya.

Hantaman benda tumpul yang ia alami nampaknya juga mengaktifkan sel otak pembawa sifat genius atau bisa jadi psikopat. Terlihat dari bagaimana ia memperlakukan burung di kamar rumah sakitnya. Perasaannya saat melihat mayat dan firasat terhadapt peristiwa pembunuhan baru yang dalam episode 7 sudah ada 2 korban.

Mo Chi yang dipindah tugaskan ke bagian barang bukti setelah peristiwa kematian yo han akibat tembakannya, tak bisa tingga diam melihat pembunuhan berantai muncul lagi. Duet maut mo chi dan ba reum akan sangat menarik di episode selanjutnya.

Buat TvN awas saja kalau pake plot twist pelaku pembunuhannya adalah Ba Reum ya.

Review Drama Korea Mouse Episode 8
Penyebab Ba Reum lupa ingatan, memotek burung peliharaannya, menjadi sensitif dan punya perasaan berbeda saat melihat korban pembunuhan, menjadi genius, bisa berfikir ala Psikopat, memiliki kilasan ingatan masa kecil Yo Han bahkan sudah banyak yang mengira ia adalah anak Han Seo Joon.

Semua teori di atas terpatahkan, TvN berhasil mengecoh semua penonton dengan sebuah plot twist. Rekan saya Ika berteori ala drama mistis bahwa saat keduanya di bawa ke ruang operasi "arwah dan ingatannya" saling "saling tertukar".

Tidak sepenuhnya salah, namun drama Mouse menggunakan pendekatan yang lebih ilmiah yaitu "Transplantasi Otak". Pelakunya tidak lain adalah Han Seo Joon, kita tahu bahwa ia adalah dokter ahli bedah syaraf yang genius sebelum di penjara, pada saat tahu anaknya kritis dan kemungkinan harapan untuk hidup kecil entah bagaimana dengan koneksinya berhasil masuk rumah sakit, mengoperasi Jung Ba Reum dan "menanamkan ingatan Sung Yo Han".

Dengan demikian semua hal yang dialami Jung Ba Reum menjadi masuk akal secara "Science Fiction", pertanyaanya, apakah metode medis Transplantasi Otak dalam dunia nyata sudah bisa dilakukan?

Dapatkah Teknologi Kedokteran Memindahkan Otak Manusia?
Jawabanya Belum.

Berdasar riset kecil-kecilan kami, pada tahun 2015 Seorang dokter dari Italia pernah mengumumkan bahwa dia akan melakukan transplantasi otak pertama di dunia pada akhir 2017. 

Saat tiba tahun 2017 dokter yang bernama Dr Sergio Canavero itu, memimpin bedah transplantasi tersebut, tetapi bukan pada manusia hidup melainkan sebatas bedah uji coba dengan melakukan transplantasi kepala mayat ke badan mayat lainnya. Bahkan ilmuwan lain mengkritik klaim itu dan menunjuk klaim keberhasilannya sebelumnya dengan seekor monyet, yang tidak pernah sadar kembali dan akan tetap lumpuh jika melakukannya. Intinya Gagal Total.

Saya menemukan pendapat menarik dari prof Eka Julianta Wahjoepramono, ahli bedah saraf di Indonesia yang pernah melakukan prosedur pembedahan berisiko tinggi, pengangkatan tumor di batang otak, mengatakan, transplantasi otak hingga kini belum dapat dilakukan.

“Transplantasi dalam arti memindah otak belum bisa,” kata rof Eka kepada CNN Indonesia saat diwawancara pada 10/08/2015 di Rumah Sakit Siloam, Lippo Karawaci. 

Lebih lanjut beliau menjelaskan, otak memiliki sifat berbeda dengan organ-organ tubuh lain. “Otak itu sekali dia mati, mati dalam arti tidak terkena aliran darah lima menit saja, maka dia akan mati. Dan rule-nya sampai saat ini, yang mati itu tidak bisa hidup kembali.” Hingga detik ini, banyak para ahli bedah saraf dari berbagai belahan dunia mencoba, tapi belum ada yang berhasil.

“Orang berlomba-lomba, tapi sampai saat ini belum bisa.” Eka melanjutkan, yang bisa dilakukan terhadap otak, bukan ditransplantasi melainkan diberi elektrik. “Misalnya pada otak yang lemah, seperti orang dengan parkinson. Parkinson itu berarti ada yang tidak beres dengan otak sehingga menyebabkan gerakan tubuh tidak normal.”

Membetulkan kelemahan otak pada penderita parkinson, menurut Eka, bisa lewat penanaman semacam barang elektrik ke dalam otak yang dapat membuat otak mendekati normal kembali.

“Nah itu ada, tapi bukan transplan, jadi sampai detik ini belum ada. Belum bisa, dan belum ada yang berhasil. Di kedokteran seperti itu, kalau belum terbukti, maka kita tidak boleh mencoba, dan terlalu berbahaya.”

Lebih lanjut, Eka menerangkan, otak tidak dapat hidup di tempat lain. “Otak tidak bisa dipindahkan di tempat orang lain. Sampai saat ini belum ditemukan bagaimana caranya.” Organ lain, misalnya ginjal, hati, bahkan jantung pun bisa ditransplantasi, tapi otak lain cerita. Memindahkan otak manusia adalah hal yang tidak bisa dilakukan.

“Caranya bagaimana? Kalau memindahkan berarti dipotong dulu. Kalau dipotong lima menit saja, maka otak bisa mati.”

Otak adalah kabel. Dia ibarat bongkahan kabel, yang isinya miliaran kabel. Eka bertanya, bagaimana bisa menyambung satu persatu kabel yang miliaran itu?  “Berbeda dengan jantung atau bahkan jari tangan yang jika putus dia bisa ditempelkan dan hidup kembali, karena organ tersebut bukan kabel.”

“Kalau otak itu kabel, kabel yang hidup, sehingga sejauh ini tidak bisa. Karena sesama kabel ditempelin ya enggak nyambung kabelnya. Yah orang berlomba-lomba melakukan percobaan macam-macam, tapi sampai saat ini belum. Masih belum bisa dibuktikan.”

Jadi, buat penulis naskah drama korea Mouse yaitu bu Choi Ran dan pak sutradara Choi Joon-bae dan Kang Cheol-woo, fiksi ilmiahnya menarik dengan menambahkan unsur wacana transplantasi otak manusia yang mungkin memang bukan hal yang mustahil dilakukan di masa depan, sayangnya tidak untuk masa sekarang. 

Berita Fakta tentang Translantasi Otak bisa dibaca di sini: cnnindonesia.com, kompas.com, liputan6.com

Kita nantikan kelanjutannya.

Review Drama Korea Mouse Episode 9 dan 10
Detail menarik dalam episode 9 dan 10 Han Seo Jon sebenarnya terobesi ingin mengalahkan science yang mengatakan bahwa transplantasi otak tidak bisa dilakukan, oleh karena itu ia sejak masih menjadi mahasiswa kedokteran terus menerus melakukan percobaan pada hewan, mulai dari tikus, kelinci hingga anjing. Premisnya, otak organ yang hanya punya berat sekitar 1,4kg itu menguasai dan menentukan seluruh kehidupan manusia, yang menurut society hanya bisa dilakukan oleh Tuhan, kalau berhasil maka Han Seo Joon merasa telah menang dan bisa menjadi Tuhan, emang Gila!.

Saat masih mahasiswa kedokteran ini pula ia bertemu dan berteman dengan dr. Lee yang berhasil menemukan obat untuk orang yang sudah divonis lumpuh, ketika mereka berbincang Han Seo Jon bertanya apa impian dr. Lee, ia menjawab ingin menemukan Gen Baik dalam diri manusia agar tidak ada lagi kejahatan dan tercipta kedamaian karena dunia di isi oleh orang baik semua. Han Seo Jon kemudian memberikan ide, daripada mencari DNA pembawa sifat Baik kenapa tidak mencari DNA pembawa sifat jahat saja dan meng-eliminir sejak masih dalam kandungan?.

Gara-gara ide penelitian yang diberikan, dr. Lee berhasil dan menjadi terkenal di korea dengan temuannya, rupanya Han Seo Jon tidak terima ada orang yang lebih dahulu menemukan Teori Rahasia Tuhan apalagi fakta bahwa ide tersebut berasal darinya.

Rasa iri dan marah itu yang lalu mendorongnya melakukan penelitin ke level selanjutnya yaitu menggunakan Otak Manusia beneran. Karena tidak mungkin mendapat ijin pemerintah maupun dunia medis karena alasan etis, kemanusiaan dll, ia memilih jalan instan yaitu dengan membunuh orang-orang di sekitarnya.

Fakta di atas menjawab metode pembunuhan Han Seo Jon dilakukan dengan memenggal kepala korbanya, karena ingin mendapatkan otak korbannya untuk bahan percobaanya. Gila memang!.

Terlepas dari sisi psikopatnya, keberhasilan dan selamatnya Jang Bae Rum berkat obsesi dan hipotesis Han Seo Jon bahwa "Transpalantasi Otak Manusia" bisa dilakukan, walau secara ilmu medis hingga sekarang belum bisa dilakukan, (sudah kami bahas di episode sebelumnya beserta alasannya).

Dalam drama ini juga diceritakan, bahwa transplantasi otak ternyata punya efek samping yaitu memori dari bagian otak donor akan memperngaruhi ingatan penerima donor, bukan hanya itu bahkan bisa ber-efek hingga ke perubahan perilaku dan karakter, teori ini menjawab kenapa terjadi perubahan pada katakter Bae Rum, selain genius juga seakan menjadi psikopat, bahkan sesekali ia mendengar Sun Yo Han berbicara kepadanya seakan dalam tubuhnya ada 2 kesadaran yang sedang menyetir prilakunya yaitu Jang Bae Rum (sisi baik) dan Sung Yo Han (sisi jahat).

Baiklah, penulis jadi penasaran dengan teori ini dan ingin membahasnya, walau teori Tranplastasi Otak sudah kami patahkan, tapi gak apa-apa mari kita bahas #mousetheory lagi tentang hipotesis...

Benarkah Kepribadian Seseorang Bisa Berubah 
Setelah Menerima Donor Organ Tubuh?

Hipotesis ini mungkin dalam sebuah teori yang disebut "Teori Memori Sel"

Dalam teori memori sel, perubahan perilaku dan emosi yang didapat oleh penerima dari donor asli disebabkan oleh memori yang tersusun dan tersimpan dalam sel-sel saraf organ yang disumbangkan. 

Karena transplantasi otak belum bisa dilakukan, saya akan gunakan contoh yang sudah bisa dilakukan oleh ilmu kedoteran yaitu Transplantasi jantung yang dikatakan paling rentan terhadap memori sel dimana penerima transplantasi mengalami perubahan pada organ jantungnya. Inilah yang disebut dengan teori memori sel dan teori tersebut mendukung bahwa transplantasi jantung dapat mengubah sifat penerimanya.


Sekali lagi untuk penonton drama Mouse...sayangnya, teori ini sama sekali belum terbukti kebenarannya. Bahkan sejumlah ilmuwan menepis gagasan utama pada teori memori sel. Pasalnya, kesadaran, perilaku, dan emosi manusia diatur oleh otak. Bila Anda melakukan tranplantasi jantung atau ginjal, maka tidak ada hubungannya dengan kesadaran atau perilaku Anda.

Lagipula, sampai saat ini para ahli masih terus mempelajari dari mana datangnya kesadaran atau identitas manusia. Jadi, masih terlalu jauh untuk menyimpulkan bahwa kesadaran, perilaku, dan emosi seseorang bisa dipindahkan melalui transplantasi organ tubuh tertentu.

Apakah ada bukti penelitiannya?
Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Quality of Life Research, sebanyak 47 pasien yang menerima transplantasi jantung selama dua tahun di Wina, Austria diminta untuk diwawancarai. Mereka diwawancarai mengenai adanya perubahan sifat yang terjadi setelah transplantasi organ tersebut.

Hasilnya, diperoleh 3 kelompok berdasarkan jawabannya. Kelompok pertama, sebanyak 79 persen, menjawab bahwa mereka tidak mengalami perubahan sifat sama sekali usai operasi.

Kelompok kedua sebanyak 15 persen menyatakan bahwa kepribadian mereka memang telah berubah, tapi bukan karena organ donor, namun karena adanya penyakit dan operasi yang harus mereka jalani.

Lalu, kelompok tiga sebesar 6 persen (tiga orang pasien) melaporkan perubahan kepribadian yang berbeda karena hati mereka yang baru.


Kenapa ada orang yang mengaku 
mengalami perubahan sifat setelah transplantasi organ?

Untuk menjawab pertanyaan ini, seorang ahli bedah sekaligus spesialis transplantasi dari University of Michigan, dr. Jeff Punch, menjelaskan dugaannya. Menurutnya, pasien sebenarnya tidak benar-benar berubah. Hanya saja, usai operasi tubuh mereka pasti terasa berbeda akibat konsumsi obat-obatan seperti prednisone.

Salah satu efek samping obat ini yaitu kehilangan nafsu makan. Jadi pasien yang biasanya makan nasi, mungkin jadi tidak minat lagi kalau harus makan nasi. Pasien kemudian minta makanan lain, misalnya roti. Ternyata diketahui bahwa pendonor organ suka makan roti juga. Dari situ, pasien dan keluarganya mungkin menyambung-nyambungkan sendiri hubungan antara pasien yang minta makan roti dengan makanan kesukaan pendonor organ.

**Sumber argumen ini saya kutip dari situs Hellosehat.com baca di sini. 

Atau agar agak simpel coba kita turunkan pembahasan bukan pada transplantasi organ tapi pada Donor Darah?

Setelah Terima Transfusi Darah, Mungkinkah DNA pendonor akan Mempengaruhi Sifat Penerima Donor?

Menurut Michelle N. Gong dari Mount Sinai School of Medicine DNA asing tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena tidak akan membawa perubahan berarti. Satu efek yang telah distudi adalah memang ada kemungkinan bila tes dilakukan dengan mengambil darah, maka DNA donor bisa terdeteksi.

Kemungkinan tersebut semakin besar apabila penerima mendapat banyak transfusi terutama sel darah putih. Di dalam sel darah putih tersimpan DNA sementara sel darah merah tidak.

"Studi menggunakan PCR untuk memperkuat gen pria pada penerima transfusi perempuan menunjukkan bahwa DNA donor dapat bertahan terdeteksi sampai tujuh hari. Satu studi lainnya melihat pasien trauma perempuan yang menerima transfusi besar bisa menunjukkan kehadiran leukosit donor sampai satu tahun setengah," kata Michelle seperti dikutip dari Scientific American, Rabu (23/11/2016).

Namun Michelle menambahkan studi tersebut menggunakan metode yang sensitif. DNA sang penerima sendiri tetap akan terdeteksi lebih dominan sehingga kehadiran DNA asing pada tes darah dapat dianggap sebagai ekstra saja. Seseorang tidak perlu khawatir bahwa DNA-nya akan berubah.

Hal yang lebih dikhawatirkan dalam transfusi bukan adanya DNA asing melainkan bagaimana tubuh bereaksi menerima darah. Reaksi alergi, demam, hingga berlebihnya deposit zat besi dalam tubuh lebih menjadi fokus perhatian.


Jadi kesimpulan penulis, sejauh ini teori dalam drama korea Mouse yang menggambarkan penerima Transplantasi Otak akan memiliki ingatan pemberi donor bahkan mempengaruhi prilaku dan karakter penerina donor secara ilmu medis tidak terbukti.

Ya namanya juga fiksi ilmiah ya, jadi mari kita ikuti saja dramanya, tapi seru juga gara-gara drama Mouse saya jadi belajar banyak hal he he.

Fakta baru, ibu-ibu yang juga mengandung anak dengan Gen Psikopat di episode 1 adalah istri seorang detektif teman detektif yang mengungkap kasus Han Seo Jon. Anak ini lahir menjadi seorang pengacara dan merupakan tersangka pembunuhan dari anak detektif, beberapa korban wanita baru-baru ini.

Bae Rum berhasil menyadarinya, namun sayang terlambat menggagalkan aksinya membunuh calon pengantin rekan polisinya. Dalam pertarungan di sebuah bangunan mirip gudang. 


Review Drama Korea Mouse Episode 11
Pekan ini hanya tayang 1 episode yaitu 11,karena jadwalnya diisi dengan spisode spesial. Detail menarik dari episode 11 diantaranya Dr. Lee yang ternyata masih hidup. Saya harap penonton tidak terlalu kaget dengan plot aneh ini, sebut saja bagaimana penulis naskah dan sutradra membuat kematian putri detektif penangkap Han Seo Jon yang diduga meninggal, lalu disimpulkan hilang hingga akhirnya terungkap bahwa anak rekan polisinya (sang pengacara pembunuh berantai dengan korban mayoritas wanita) adalah pembunuh anak detektif pada saat masih kecil. Fakta ini mengungkap kebenaran soal ibu-ibu yang sedang mengandung dan di-diagnosa anak yang akan lahir memiliki gen psikopat yang duduk bersama ibu Sun Yo Han.

Ba Reum dengan analisisnya, berhasil mendeteksi lebih awal calon korban pengacara pembunuh selanjutnya tidak lain calon istri sahabat ba reum. Walau sedikit terlambat karena sang pembunuh sudah beraksi syukurlah sang korban masih bisa diselamatkan.

Ba Reum mengejar sang pembunuh terjadi pertarungan sengit dan pada satu titik, ia kembali dipengaruhi oleh otak yo han dan kelewat batas hingga sang pengcara psikopat terbunuh cengan cekikannya.

Ketika Ba reum hendak menyerahkan diri, mo chi dengan tim forensik yang datang ke TKP tidka menemukan bukti apapun hingga ba reum disangka mengalami halusinasi. Namun terkonfirmasi ada ornag yang membersihkan TKP entah atas perintah siapa, dugaan penulis dilakukan oleh seorang polisi yang bekerjsama dengan dr. lee.

Di sisi yang lain Bing Yi dalam bahaya karena mulai didekati oleh penjahat yang dulu mencelakainya saat masih kecil hingga ia trauma. Mo Chi sudah hendak membunuh penjahat ini demikian pula Ba Reum.

Ending episode 11 membuat para penonton bingung, terkejut sekaligus khawatir dengan ba reum yang sedang main petak umpet dengan keponakannya dan dengan ekspresi pembunuh, namun scene tiba-tiba berubah ke TKP di mana Bong Yi sedang berusaha menyelamatkan anak kecil dari pembunuh. 

Ba Reum dengan palu dan rantai terlihat membantu Bong Yi dan menyeret poembunuh, belajar dari scene waktu ingin menyelamatkan seorang anak yang diculik mari kita positif thingking tentang scene ini.

Dugaan saya ba reum datang menyelamatkan bong yi dan tidak membunuh keponakannya.


Review Drama Korea Mouse Episode 12 dan 13
Terjawab sudah, Ba Reum memang datang menyelamatkan Bong Yi dan anak kecil yang hendak dibunuh oleh Kang Duk Su. Ia coba membersihkan semua barang bukti dan memalsukan jejak forensik agar polisi tidak tahu siapa pembunuh sebenarnya.

Namun justru Bong Yi nyaris menjadi tersangka pembunuhan orang yang dulu pernah meng-aniaya-nya saat kecil karena ditemukan barang bukti pisau dan jaket yang berlumuran darah kang duk su.

Detektif ko mo chi curiga bahwa pelaku pembunuhan kang duk su adalah psikopat dengan ciri-ciri luka pada korban, walau dalam hati ia setuju dengan tindakan sang pembunuh baru ini namun kejahatan tetaplah kejahatan yang harus dihukum pelakunya. Ia menemukan kecurigaan dan sementara berkesimpulan psikopat baru ini adalah pemula terlihat dari caranya yang masih cerobih meninggalkan jejak.

Ba Reum berkeringat dingin tiap kali Mo Chi nyaris menemukan sang pelaku sebenarnya yang tidak lain adalah dirinya, segala bukti yang mengarah padanya segera disingkirkan dan dikaburkan agar polisi tidak curiga, ini yang membuat penonton jadi deg-deg kan setiap scenenya.

Sejauh ini Ba Reum sudah membunuh 2 orang, psikopat poengacara dan kang duk su si pelaku aniaya pada bing yi kecil. Ia memutuskan bersekutu dengan dr. Lee dan menjadi semacam Psikopat Hunter, dalam episode 13 terkuak sebuah kasus pembunuhan berantai lama yang melibatkan ibu sung yo han yang diduga si pelaku bebas dari penjara dan berpotensi memakan korban lagi.

Dengan kecerdasan ba reum otak yo han dan deteksi dini DNA ala dr. Lee sepertinya ba reum sudah tahu siapa pelaku pembunuhan berantai yang kasusnya sudah tenggelam lama tersebut dan seperti sebelumnya ia ingin membunuh psikopat itu agar tidak memakan korban lagi.

Bong Yi sendiri sekarang bekerja dengan Hang Ju sebagai asisten acara ala Mata Najwa, mereka sedang mengerjakan kasus yang sama dengan ba reum berharap bisa membuktikan bahwa pelaku yang dipenjara mungkin salah orang dan ingin mengungkap kebenanranya. Kasus ini menjadi penting karena ternyata pelaku adalah ayah dari calon istri detektif Shin yang juga calon kandidat presiden.

Saya khawatir, usaha Bing Yi, Hang Ju dan Ba Reum membebaskan si tersangka yang "kelihatanya" tidak bersalah bakal berujung musibah seperti pada kasus sebelumhya, karena kalau diperhatikan dari kesaksian sang anak, pada malam kejadian ia melihat sang ayah berlumuran lumpur dan rumput dan ia memilih tidak memberi tahu siapapun, tapi bisa saja jadi plot twist.

Scene diakhiri dengan Ba Reum yang menghajar si pembunuh berantai di semak-semak dan datanglah detektif Mo Chi, namun belajar dari episode-episode sebelumnya sebaiknya jangan percaya begitu saja dengan cuplikan.

Ada rekaman dari pesepeda di hari Ba Reum neghabisi kang duk su, rekaman tersebut berhasil ditemukan oleh Bong Yi dan kini ia tahu siapa orang yang menyelamatkan ia malam itu, dari semual dia menduga orang tersebut Mo Chi karena lembaran uang yang pernah ia berikan waktu kecil tertinggal yang ternyata uang tersebut diambil ba reum dari meja mo chi saat hendak membunuh kang duk su.

Kita nantikan episode selanjutnya, minggu depan.



Review Drama Korea Mouse Episode 14
Ada kasus baru, percobaan pembunuhan seorang anak bernama Konam yang hendak mengungkap pelaku pembunuhan kucing-kucing di komplek perumahannya yang membuat sang nenek difitnah warga.

Usaha si anak membongkar kasus mempertemukannya dengan Bong Yi dan Ba Bareum, pengungkapan pelaku percobaan pembunuhan ini dari sebuah gantungan kunci yang ternyata dibuat dari gigi kucing.

Pelaku berhasil ditemukan dan dibalas oleh Ba Reum setelah melakukan penyelidikan.

Detail penting lainnya di episode 14 Mo Chi mengangkat Ba Reum menjadi adik, namun setelah itu muncul bukti dan kilasan ingatan tentang pembunuhan yang dilakukan Yo Han dan seolah pelakunya adalah Ba Reum.

Ya, saya mencoba untuk tidak begitu saja percaya dengan apa yang ditampilkan drama Mouse, mengingat dalam banyak episode kita sering dikecoh oleh penulis naskahnya.

Dugaan saya, dan semoga ini benar, karena sayang saja jika drama ini berkahir dengan fakta yang sudah diantisipasi oleh semua penonton setia yaitu "Ba Reum adalah pembunuh bernatai yang dituduhkan pada Sung Yo Han". Hati-hati itu yang diinginkan penulis naskah dan sutradara.

Masih ada harapan bahwa Jung  Ba Reum benar orang baik, dan ia hanyalah Tikus Percobaan baik oleh Han Seo Jon maupun dr. Lee. 

Ada scene menunjukkan dr. Lee bertemu dengan seseorang, Ba Reum pun sudah nampak curiga apa tujuan utama dr. Lee yang oleh masyarkat dianggap sudah mati tetap eksis dan memanfaatkan Ba Reum yang tidak bisa mengintrol sisi jahat dominan Yo Han. Analisis Ba Reum pasti ada orang penting dan berpengaruh di belakang dr. Lee setidaknya untuk amunisi dan logistik dalam undercovernya.

Ada dialog dimana dr. Lee berkata, "apakah sebaiknya ia diakhiri dengan cara ini?" kalimat ini sangat mencurigakan untuk saya dengan bukti-bukti dan kilasan ingatan Ba Reum terhadap pembunuhan yang selama ini kita yakini dilakukan oleh sung yo han.

Mengingat kemampuan dr. Lee dan tim rahasianya yang berhasil membersihkan TKP pada kasus pembunuhan pengacara, bukan tidak mungkin semua bukti yang ada di rumah Ba Reum adalah perbuatan dari dr. Lee dan komplotannya, sebuah cara untuk menghabisi Ba Reum yang tadinya hendak dijadikan mesin pembunuh tetapi kini sudah mulai menguasi sisi jahat pengaruh dari sung yo han.

Tetapi kalung Bong Yi dengan hiasan yang ternyata adalah gigi kucing, agak membuat bingung juga, dari mana Ba Reum dapat benda tersebut?

Mari kita tunggu episode selanjutnya saja. Bingung!

Review Drama Korea Mouse Episode 15
Fix, plot twist habis, Jung Ba Reum adalah psikopat dan pembunuh berantai sebenarnya. Luka akibat pukula Sung Yo Han membuat ia lupa ingatan dan merasa bahwa selama ini pengaruh jahat dalam dirinya berasal dari otak Yo Han.

Wow mind blowing banget sih, angkat topi buat penulis skenarionya Choi Ran yang berhasil membuat penonton hingga sepertiga drama jalan mengira Jung Ba Reum orang baik dan Sung Yo Han si jahat, melalui tulisan ini saya ingin meminta maaf kepada almarhum dokter Yo Han sudah suudzon sepanjang episode.


Pertanyaan menarik, kenapa scene-scene yang dihadirkan mengarahkan penonton berkesimpulan bahwa Sung Yo Han adalah pembunuh berantai psikopat? pertama, karena asumsi bahwa ia anak Han Seo Jon dan dan teori bahwa DNA psikopat bisa menurun, padahal ada 1 persen kemungkinan keturunan psikopat bisa jadi jenius. 

Alasan kedua adalah selama ini Sung Yo Han curiga siapa anak lain yang lahir dengan DNA Psikopat dan jadi apa sekarang? ia melakukan penelitian dan penyelidikan dengan foto-foto korban Jung Ba Reum yang kita sangka justru ia yo ha  pelakunya.

Kedatangan yo han ke rumah Ba Reum sebenarnya ingin menyelamatkan Han Kook seorang anak yang diculik dan dijadikan permainan dengan detektif Mo Chi serta ingin menyelamatkan Bing Yi dari Ba Reum, naas ia malah di tembak Mo Chi saat sedang membunuh Ba Reum.

Kini Ba Reum dalam persimpangan, lets say bahwa donor organ akan memperngaruhi penerima donor, rasa bersalah dan sikap baik pada Ba Reum pasca operasi justru didapat dari pengaruh otak Sung Yo Han.

Di akhir scene episode 15 Ba Reum ingin bunuh diri karena sudah tidak sanggup dengan semua keyataannya, pada saat bersamaan ada telpon dan sms Chi Kook, sipir teman Ba Reum yang nyaris mati di penjara. Ia ingat sang pelaku adalah Ba Reum dan sepertinya Ba Reum mencoba membunuhnya.

Mo Chi nampaknya sadar, pelakunya adalah Ba Reum, ia mengejar dan meneriaki ba reum di lobi rumah sakit, mari kita lihat 5 episode lagi bagaiman nanti endingnya.

Btw, ada karakter misterius yang tahu bahwa Jung Ba Reum adalah psikopat dan pembunuh berantai, karakter yang membersihkan bukti dan TKP, kalau tidak salah adalah Polisi juga. Dugaan saya ya.

Mari kita tunggu plot twist lainnya,


Review Drama Korea Mouse Episode Spesial
Rabu malam yang biasanya untuk episode baru, pekan ini ditayangkan episode spesial dengan judul "The Predator" flashback dengan poin of view dari isi Jung Ba Reum.

Akhirnya semua jelas dan clear siapa Jung Ba Reum yaitu sang anak psikopat sejak kecil dan pasca scene pembunuhan sekeluarga dan ia masuk dalam gereja untuk berdoa ia memutuskan menyembunyikan identitas diri yang asli dengan berkedok menjadi "anak baik dan rendah hati".

Sung Yo Han yang selama ini kta tuduh, justru adalah orang yang sejak awal sadar siapa psikopat sesungguhnya, melakukan penyelidikan independen guna mengungkap si Jung Ba Reum, sayang justru ia jadi korban dan di fitnah masyarakat.

Episode spesial ini juga mengungkap bagaimana semua aksi dilakukan oleh Jung Ba Reum, satu sisi saya angkat topi untuk akting Lee Seung Gi yang berhasil memerankan 2 karakter sekaligus dalam 1 drama yang sangat bertolak belakang.
 
Terungkap nama asli Jung Ba Reum kecil adalah Jung Hae Hoon, ia memutuskan mengganti namanya memakai topeng menjadi anak manis dan baik hati bernama Jung Ba Reum.
 
Hal yang masih jadi misteri sebenarnya Jung Hae Hoon ini anak siapa? ada scene pasca pulang dari rumah sakit di rumah Ba Reum terdapat foto seorang ibu bernama anak kecil yang mirip dengan istri Han Seo Jon, apakah Jung Hae Hoon a.k.a Jung Ba Reum adalah anak Headhunter?
 

 
Atau anak dari seorang ibu yang pernah ditemui istri Han seo Joon di depan ruang praktik dr. Lee? masih jadi misteri.



Review Drama Korea Mouse Episode 16
Chi Kook akhirnya meninggal namun bukan jun ba reum pelakunya. Dugaan ada pemain lain yang selama ini bekerja diantara para pembunuh berantai semakin kuat.

Ba Reum yang sadar ada yang aneh dengan penyebab kematian temannya, curiga pada seseorang dengan sepatu kotor di toilet, menyamar sebagai dokter dan masuk ke kamar inap Chi Kook.

Setelah dikejar sampailah ia di sebuah hotel mandiri, terjadi pertarungan dan kejar-kejaran hingga menewaskan salah satu pelaku yang jatuh dari lain atas hotel.

Anehnya saat ba reum turun, sosok mayat yang jatuh sudah hilang dan TKP nya bersih, mirip kejadian saat dia menghabisi sang pengacara psikopat.

Saat di pemakaman Chi Kook, ada orang meninggal dengan wajah mirip paman ba reum, setidaknya demikian berdasar ingatanya setelah operasi. Tapi nama dan marganya berbeda, bahkan keluarga yang hadir juga berbeda, ia coba selidiki dan mendapati orang tersebut benar sang paman sekaligus orang yag jatuh dari hotel dengan bukti luka di dada bekas tertancap besi.

Kuat dugaan selama ini ada sekelompok orang yang mencoba memanipulasi Ba Reum sejak ia kecil pasca membunuh seluruh keluarganya, Bibi, Paman dan keponakannya semua palsu dan sepertinya bagian dari sebuah skeario besar melibatkan Pemerintah atau setidaknya Politisi, apakah ini merujuk pada judul dramanya? Mouse - tikus percobaaan?

Mo Chi sendiri mulai menyadari keberadaan sekelompok orang yang diam-diam mendukung aksi para psikopat atau setidaknya sejauh ini mendukung semua aksi ba reum. terduga pertama adalah polisi Lee teman sekantornya.

Menarik jika memang plot nya akan demikian, Pemerintah/ Politisi atau Agen Rahasia melihat potensi psikopat pada diri Ba Reum lalu secara rahasia dipantau, dibuat lingkungan dan orang-orang sekitar palsu untuk membentuk kepribadian dan kisah hidup palsu sembari memanipulasi atau memanfaatkan Ba Reum untuk melakukan pembunuhan.

Pertanyaanya jika teori ini benar, apa tujuan agen rahasia ini? dan adakah kaitan hal serius pada korban-korban ba reum dengan pemerintah, politisi atau agen rahasia?

Kita nantikan episode 17 malam ini, di preview nampak ba reum menjeba para agen rahasia ini, apakah akan terungkap?


Review Drama Korea Mouse Episode 17
Fakta baru terungkap, pelaku pembunuhan ayah, ibu dan adik Jae Hoon atau Jung Ba Reum kecil bukanlah Jung Ba Reum melainkan seseorang bernama SOng Soo Ho. Mantan atlit tinju yang menjadi korban pertama pembunuhan di masa detektif Ko Mo Chi.

Dalam hal ini artinya Jung Ba Reum membunuh dengan motif balas dendam, bukan murni karena "Hobi". Sampai di sini kita harus minta maaf sama ba reum karena sudah menuduh ia yang melakukan pembunuhan itu.

Detail tentang organisasi rahasia bernama OZ juga mulai terkuak tabirnya, sekelompok orang yang bahkan sejak Jung Ba Reum dan Sung Yo Han belum dilahirkan sudah eksis dan terus mengawasi hingga keduanya dewasa. OZ juga yang selama ini bertanggung jawab sebagai "cleaning service" untuk tindakan Jung Ba Reum yang dirasa tidak bersih dalam melakukan aksi pembunuhannya.

OZ terdiri dari banyak anggota, sejauh yang sudah diketahui adalah polisi Lee, seseorang yang menyamar sebagai paman dan bibi Ba Reum, Song So Hoo dan empat orang lagi yang sempat dijebak dan berkelahi dengan ba reum di markas dr. lee namun berhasil kabur setelah mengancam akan melukai Bong Yi. Ba Reum sendiri yakin bahwa dr. lee juga terlibat. Dari riwayat panggilan dan penyelidikan sementara mereka terhubung ke kementerian Sain dan Teknologi pemerintah korea, ini detail penting yang tidak boleh diabaikan, semakin kuat dugaan saya ada hubungannya dengan pemerintah.

Penelusuran Jung Ba Reum membuahkan hasil, anak kecil murid pindahan yang menolongnya saat terluka di semak-semak adalah Sung Yo Han, demikian juga dengan murid yang menemukan, menelpon Ko Mo Chi dan menolong Bong Yi Kecil setelah disiksa Kang Duk Su adalah SUng Yo Han.

Pelaku pembunuhan Chi Kok yang merupakan anggota OZ, dibunuh oleh rekanya sendiri di mobil dengan plat yang dicari Ko Mo Chi, walau kamera dashboard mobil sudah diambil, si pelaku cerdas meninggalkan salinan rekaman video pengintainnya (atau ini sengaja?) terhadap ba reum, ko mo chi syok dengan apa yang dilihat dan mulai berfikir Jung Ba Reum adalah pelaku pembunuhan Lee Jae Shik, Kang Duk Su dan beberpaa korban pasca operasinya. 

Bong Yi yang menemui ibu sung yo han juga mulai curiga, jika sung yo han adalah anak yang menolongnya saat kecil, dan kesaksian ibu Song Soo Ho bahwa yo han baik, siapa pelaku pembunuhan berantai? apakah ba reum?.

Kesimpulan sementara saya, seperti detail yang baru diketahui ba reum saat melakukan penyelidikan ke sekolah yo han, kalimat yang ingin dikatakan sung yo han di akhir hayatnya adalah "Kita adalah Tikus Laboratorium" atau Tikus Percobaan, dhuar....maka jadi masuk akal judul drama ini MOUSE.

Pertanyaan selanjutnya adalah, siapa orang-orang yang terlibat dalam proyek "gen unik" dengan tikus percobaan si Jae Hoon a.k.a Jung Ba Reum dan SUng Yo Han ini?

Jika memasukan bukti keterlibatan kementerian sain dan teknologi, pemerintah, dan ilmuan macam dr. lee dengan gagasan screening gen baik dan jahat untuk menciptakan kehidupan yang damai sejahtera apa mungkin justru penelitian dan percobaan ini ditujukan untuk menciptakan "manusia super" atau "tentara khusus" dengan gen terbaik dari yang terbaik?

Premis penciptaan pasukan super bukan barang baru lagi, dalam film-film seperti captain america rekayasa dilakukan untuk mendapatkannya, sayangnya gen bawaan akan memperaruhi hasil akhirnya, yang baik jadi baik yang jahat jadi makin jahat, dalam drama mouse mungkin konteksnya psikopat. 

Hal lain yang membuat saya bertanya, jika motif jung ba reum membunuh Song Soo Ho adalah untuk balas dendam, lalu apa motifnya membunuh semua korban selanjutnya, belajar dari episode 1 hingga 17 ini saya mencoba tidak percaya dengan apa yang ditampilkan dalam layar kaca karena sering dimentahkan di episode selanjutnya sebagai plot twist.

Harapan saya sih, pembunuhan setelah Song Soo Hoo dilakukan oleh anggota OZ, dan ingatan Ba Reum yang dijelaskan dalam dalam episode spesial The Predator tidak benar. Atau jika memang dilakukan oleh Ba Reum setidaknya ada alasan masuk akal seperti saat ia membunuh Song So Hoo yang telah membunuh keluarganya.



Review Drama Korea Mouse Episode 18 dan 19
Detail penting di episode 18 dan 19, anak Han Seo Jon bukanlah Sung Yo Han melainkan Jung Ba Reum itu mengapa ia bersedia meng-operasi Jung Ba Reum dan tujuan pencangkokan otak dari sung yo han adalah sebagai hukuman bagi yo han yang berusaha membunuh anaknya.

Selama ini Jung Ba Reum dan Sung Yo Han dalam pengawasan proyek yang belum tahu namanya yang terkait dengan kementerian riset dan sain pemerintah terkait gen psikopat.

Reporter Hang Ju adalah anak dari polisi senior pengungkap kasus han seo jon, selama ini orang tuanya mengira telah mati namun ternyata masih hidup dengan merubah namanya karena merasa bersalah telah meninggalkan adiknya.

Ko Mo Chi dan Bong Yo sudah tahu siapa pembunuh berantai yang selama ini mereka cari, bukan Sung Yo Han tapi Jung Ba Reum.

Detektif Shin yang baik hati harus jadi korban pasukan OZ dibunuh saat hendak meneliti sebuah laptop.

Kira tunggu endingnya nanti bakal seperti apa, sepertinya akan dibuat dramatis melibatkan acara detektif hang ju.


Review Drama Korea Mouse Episode 20 - Tamat
Semua terungkap menjelang akhir episode, Sung Yo Han tidak bersalah, Jung Ba Reum adalah pembunuh berantai dan anak han seo jon, dengan pengaruh emosi dari otak yo han ia meminta waktu untuk mengungkap kejahatan Terstruktur, Sistematis dan Masif yang dilakukan oleh organisasi OZ di bawah pimpinan Choi Young Shing sekretaris presiden.


Han Seo Jon dibunuh oleh Jung Ba Reum, demikian juga Choi Young Shin dengan pengaruh politiknya yang mendapat grasi akhirnya bebas tapi dibunuh oleh orang misterius dalam mobilnya.

Drama ini diakhiiri dengan durasi 2 jam pada episode 20 kemarin, agak terburu-buru di menit-menit awal dan terlalu mudah ditebak menurut saya, namun cukup untuk menjawab semua pertanyaan penonton yang penasaran dan dibuat gregertan oleh penulis dengan beragam plot twistnya. 

Ada rumor bahwa sang penulis naskah drama Mouse ingin memberi pelajaran psikologis pada karakter psikopat, hal itu bisa dilihat setidaknya sejak Jung Ba Reum sadar ia adalah psikopat pelaku pembunuah berantai. Namun pondasi yang sudah dibangun agak runtuh menjelang menit-menit akhir yang memperlihatkan perubahan emosi dan karakter pada karakter jung ba reum, saya yakin terlepas dari kejengkelan penonton pada karakter Jung Ba Reum pasti ada rasa iba. 

Penyelasan, menyadari kesalahan dan menerima takdir menjadi kesimpulan saya pada sosok Jung Ba Reum diperlihatkan dengan scene imajinasi pertemuannya dengan sosoknya waktu kecil. Walau diceritakan sebelum mati ia mengalami penderitaan yang luar biasa tapi tetap saja.

Sikap saya masih sama sejak mengetahui premis drama Mouse tentang deteksi dini dna psikopat dan wacana seleksi gen pada peluang kehidupan seseorang, secara penelitian ilmiah gen yang mendorong bersikat agresif ke arah psikopat memang bisa diturunkan dari orang tua ke anak, namun karakter seseorang tidak hanya dibentuk dari gen bawaanya, faktor pola asuh keluarga dan lingkungan tumbuh kembangnya juga memiliki peran besar yang bakal menjadikan seseorang menjadi jahat atau baik.

Baca Penjelasan Ending dan Alur Cerita Drama Korea MOUSE 2021 di sini.

Penulis:
in collaboration 
Ika Shintya & Nandar



===
Baca Juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon