Loading...

Memahami Pengertian dan Perbedaan Antara Istilah Psikologi, Psikolog dan Psikologis



Campusnesia.co.id - Pada Kamis 7 April 2022 lini masa twitter ramai dengan perbincangan tentang kata "Menurut Psikologi" penyebabnya adalah cuitan dari akun yyuu @bgtnhh yang menuliskan "Cinta menurut psikologi, cewe ceria dan cowo pendiam adalah perpaduan yg terbaik".

Hingga artikel ini ditulis (10/3), twit yang diposting pada jam 05.18 WIB tersebut sudah mendapat 8.952 Retweet, 8.522 Tweet Kutipan dan disukai oleh 70,2 rb warganet.

Tak butuh waktu lama, kreatifitas pengguna twitter lain bermunculan dengan template yang sama, misalnya seperti cuitan akun usai @usaisudahhh "menurut psikologi tidak baik untuk lambung seseorang ketika sahur memakan yg keras2 seperti batako".

Atau twit dari akun Ponakan Malaikat Izrail @ainunrozi "menurut psikologi, kita butuh uang yang sangat banyak sekali" dan txtdraot @snkstruggletwt "menurut psikologi, gweh harus jadi anime" yang tak kocak.

Masih banyak cuitan lain dari pengguna twitter yang banyak diantaranya bisa membuat terbahak membacanya, coba saja search di kolom pencarian twitter dengan kata kunci "menurut psikologi".

Tapi sebenarnya Psikologi itu apa sih? 
dan apa perbedaanya dengan istilah lain yang mirip yaitu Psikolog dan Psikologis? 
Lewat postingan kali ini yuk coba kita cari makna dari Psikologi, Psikolog dan Psikologis.


1. Pengertian Psikologi 
Psikologi adalah disiplin ilmu yang mengkaji perilaku manusia dan proses mental manusia, serta mempelajari pengaruh kondisi mental organisma dan lingkungan eksternal individu.

Secara etimologi, konsep psikologi berasal dari bahasa Yunani kuno 'psyhce' yang berarti jiwa dan 'logia' adalah ilmu. Sehingga psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Sedangkan, secara terminologis, psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perilaku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.

Plato dan Aristoteles mengartikan psikologi sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir.

Menurut Wilhelm Wundt Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul dalam diri manusia, seperti perasaan panca indra, pikiran, merasa, dan kehendak.

Sedangkan menurut Menurut Singgih Dirgagunarsa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia.

Psikologi dapat dibedakan dalam dua hal, yakni psikologi umum dan psikologi khusus. 

Psikologi Umum yaitu Psikologi yang menyelidiki dan mempelajari kegiatan atau aktivtias psikis manusia. Psikologi ini berusaha mencari dalil-dalil yang bersifat umum dari kegiatan atau aktivitas psikis. Psikologi umum memandang manusia seakan terlepas dari manusia lainnya. 

Psikologi Khusus Psikologi khusus menyelidiki dan mempelajari segi-segi kekhususan dari aktivitas psikis manusia. Hal-hal yang khusus yang menyimpang dari hal-hal umum dibicarakan dalam psikologi khusus.

Manfaat Mempelajari Psikologi 
Mempelajari psikologi dapat memberikan manfaat bagi manusia. Antara lain bisa memahami diri sendiri dan mengerti penyebab suatu perilaku. 

Psikologi juga bermanfaat untuk membantu orang lain menyelesaikan masalahnya, menjadikan kehidupan lebih baik dan bahagia, memeroleh paham terkait gejala jiwa dan pengertian yang lebih baik tentang tingkah laku, dan tidak memiliki keraguan dalam mengubah cara hidup, tingkah laku serta pergaulan dalam masyarakat.


2. Pengertian Psikolog
Psikolog adalah sebutan bagi seseorang yang mendalami ilmu psikologi. Seorang psikolog biasanya menggunakan metode psikoterapi untuk membantu pasien mengatasi masalah yang memengaruhi kondisi mental dan kesehatannya.

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari atau mendalami berbagai hal tentang mental, pikiran, dan perilaku manusia. Seorang ahli psikologi atau psikolog dapat bekerja sama dengan psikiater dan dokter yang menangani pasien.

Kerja sama tersebut umumnya dilakukan bila pasien membutuhkan konseling sekaligus pengobatan dalam bentuk psikoterapi untuk menyelesaikan masalah psikologis atau memperbaiki perilaku pasien.

Jenis-Jenis Psikolog

a. Psikolog industri dan organisasi
Psikolog industri dan organisasi (PIO) memiliki fokus pada perilaku di tempat kerja dan membantu proses penyaringan karyawan yang sesuai untuk posisi tertentu, serta meningkatkan produktivitas karyawan di suatu perusahaan atau organisasi.

Selain itu, PIO juga mempunyai tugas untuk membuat program pelatihan bagi karyawan perusahaan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan, memaksimalkan efisiensi, dan mengurangi kerugian perusahaan.

b. Psikolog pendidikan
Seorang psikolog pendidikan mempelajari dan mengamati bagaimana seseorang belajar. Psikolog dalam bidang ini dapat ikut serta dalam membuat instruksi dan strategi untuk mengajar.

Sebagian besar psikolog pendidikan juga mempelajari mengenai bakat dan masalah kemampuan belajar seseorang serta bagaimana faktor sosial, kognitif, dan emosional berpengaruh pada kemampuan belajar seseorang.

c. Psikolog klinis
Psikolog klinis memeriksa, mendiagnosis, serta merawat pasien yang menderita masalah kesehatan mental dan tekanan psikologis dengan psikoterapi dan konseling. Biasanya, seorang psikolog klinis bekerja di rumah sakit, klinik kesehatan mental, atau tempat praktik sendiri.

Psikolog klinis dapat memiliki keahlian spesifik di bidang kesehatan mental dewasa dan anak atau memiliki spesialisasi dalam bidang pengobatan terhadap penyalahgunaan obat-obatan.

d. Psikolog sosial
Psikolog sosial mempelajari dan menelaah perilaku dan pola pikir suatu kelompok masyarakat. Ahli psikologi sosial juga dapat meneliti bagaimana sikap, penilaian, cara komunikasi, hubungan interpersonal, dan perilaku agresif yang dapat muncul di suatu kelompok masyarakat.


2. Pengertian Psikologis
Psikologis adalah bagian dari ilmu psikologi. Kesehatan psikologis adalah sangat penting dalam kesehatan secara keseluruhan. Psikologi merupakan ilmu yang kompleks.

Kondisi psikologis adalah kondisi yang bisa memengaruhi kehidupan sehari-hari seorang individu. Terkadang, kondisi psikologis seseorang bisa terganggu. Kondisi inilah yang disebut dengan gangguan psikologis atau gangguan mental.

Gangguan psikologis adalah gangguan yang tak boleh diabaikan sama seperti penyakit fisik seperti jantung atau kanker. Psikologis adalah bagian dari manusia yang memengaruhi emosi, pikiran, hingga cara kerja otak.

Kondisi psikologis adalah kondisi yang harus ditangani oleh psikolog dan psikiater. Psikologis adalah bagian yang sangat terkait dengan kesehatan mental.


Secara sederhana perbedaan antara Psikologi, Psikolog dan Psikologis seperti dalam cuitan yang dibuat akun Disya Arinda @disyarinda ini 
"Bedain istilah: Psikolog. Psikologi. Psikologis.
✅Psikolog: Nama profesi dan sebutan untuk orang yg sudah lulus magister psikologi profesi
✅Psikologi: Disiplin ilmu, nama fakultas/jurusan pendidikan.
✅Psikologis: Kondisi/proses mental emosional individu."

Di twit pada 9 Apr 2022 pukul 2.11 wib dan sudah mendapat 1.408 Retweet, 38 Tweet Kutipan dan 6.333 Suka dan warganet.



Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Memahami Pengertian dan Perbedaan Makna Antara Istilah Psikologi, Psikolog dan Psikologis. 

Jadi menurut Psikologi, kamu cocoknya kerja di air, darat atau udara? eh :), semoga bermanfaat sampai jumpa.


Sumber:
- katadata.co.id
- alodokter.com
- liputan6.com

===
Baca Juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys