Kandungan Senyawa dan Khasiat Daun Ketapang

 


Campusnesia.co.id -- Ketapang (Terminalia catappa L.) merupakan salah satu peneduh yang sering kita jumpai, namun khasiatnya masih belum diketahui banyak orang orang. Berikut kami bahas sedikit mengenai kandungan dan khasiat daun ketapang bagi kesehatan.


Kandungan Daun Ketapang

Ketapang diketahui mengandung senyawa alelokimia seperti flavonoid, alkaloid, tannin, tripenoid atau steroid, resin, dan saponin. Daun ketapang digunakan secara tradisional untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Ekstrak kloroform daun ketapang terdapat triterpenoid yang dapat berperans ebagai antiinflamasi dengan menurunkan edema lebih dari 50% (Fan dkk. 2004). Sedangkan ekstrak etanol berperan sebagai hepatoprotektif dengan menghambat aktifitas peroksida (Gao dkk, 2004). Ketapang merupakan salah satu obat tradisional yang memiliki senyawa metabolit sekunder yang berpotensi sebagai antibakteri dan antioksidan (Rahayu, dkk, 2009).

 

Khasiat Bagi Kesehatan

- Meningkatkan daya ingat

Daun ketapang memiliki kandungan senyawa yang mengoptimalkan kerja otak, sehingga mengonsumsinya dapat membantu mempertajam daya ingat.

- Mengurangi hipertensi

Daun ketapang dapat dikonsumsi untuk mengatasi hipertensi atau tekanan darah yang tinggi. Cara untuk mengonsumsi dengan meminum air rebusannya secara rutin.

- Meredakan sariawan

Daun ketapang memiliki kandungan antiseptik yang cukup baik dan efektif untuk menyembuhkan sariawan.

- Melancarkan pencernaan

Daun ketapang juga dapat menyembuhkan masalah pada sistem pencernaan,  seperti diare, sembelit dan susah buang air besar.

- Meredakan nyeri haid

Meminum air rebusan daun ketapang ketika  haid dapat mengatasi rasa nyeri.

 

- Menyembuhkan penyakit kulit

Sebagai obat luar, daun ketapang dapat dioleskan ke kulit untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti gatal, kadas atau jamur.

Penulis:
Ika shintya

Dafar Pustaka

Fan M.Y., Xu, L.Z., Gao., Wang, Y., Tang, X.H. Zhao, X.N., dan Zhang, Z.X. 2004. Phytochemical and antiinflamatory Studies on Terminalia catappa. Fitoterpia. 75:253-260.

Gao, J., Tang, X., Dou, H., Fan, Y., Zhao, X. dan Xu, Q., 2004, Hepatoprotective Activity of Terminalia catappa L. Leaves and Its Two Triterpenoids. Journal of Pharmacology 56(11) : 1449-1455.

Rahayu, D. S., Dewi K., Enny F. 2009. Penentuan Aktivitas Antioksidan dari Ekstrak Etanol Daun Ketapang (Terminalis catappa L.) dengan Metode 1,1-Difenil-2-Pikrilhidrazil (DPPH). Universitas Diponegoro. Semarang.

 

 

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »