Rekomendasi 4 Acara Bincang-bincang di Youtube yang Informatif dan Inspiratif

 




Campusnesia.co.id - Di dunia sosial media dan internet marketing ada anomali yang menarik untuk diperhatikan yaitu perubahan trend dan algoritma yang dinamis. 

Beberapa tahun lalu, youtube dibanjiri dengan konten daily activity yang populer disebut Vlog atau Video Blog. Seiring berjalanya waktu bergeser ke konten cover lagu dan video sketsa durasi pendek.

Jarang bisa ditemukan konten youtube yang menyajikan durasi lebih dari 30 menit, hingga kemudian muncul tren baru bernama Podcast, pada dasarnya podcast identik dengan konten yang disajikan dalam bentuk audio saja.

Namun di youtube sebagai media berbasis audio visual, podcast menjelma menjadi konten bincang-bincang. And Then bisa ditebak banyak sekali muncul konten dengan konsep bincang-bincang.

Stigma orang males nonton video berdurasi lama apalagi hanya menampilkan 2 atau lebih orang yang bercakap-cakap lama-lama tergusur terbukti dengan maraknya konten serupa dengan view yang menjanjikan.

Masalah klasik lalu muncul, ketika lahir sebuah tren maka akan lahir pula followers, mereka yang hanya ikut-ikutan aji mumpung memanfaatkan algoritma baru. 

Dalam artikel kali ini, Campusnesia akan berbagi rekomendasi 4 acara bincang-bincang di youtube yang menarik dan inspiratif yang jarang diketahui orang, kami tidak akan memasukan nama-nama besar bukan karena tidak menarik tapi menurut kami semua orang sudah tahu. Apa saja? ini daftarnya.

1. The Sholeh Solihun Interview


Dikenal sebagai standup comedian dan sutradara film, sholeh solihun sebelumnya adalah wartawan majalah kontriversial play boy. Melanjutkan karirnya sebagai jurnalis yang khusus membahas industri musik legendaris Rolling Stone.

Dengan basic kemampuan interview sebagai wartawan, ia membuat channel di youtube dengan konten andalan The Sholeh Solihun Interview. Berawal dari males dan jengkel karena dibanned adsense, konten bincang-bincang dengan artis, musisi dan stand up comedian di channel youtube sengaja tidak dimonetise.

Banyak episode wawancara bersama musisi yang berhasil menggali informasi yang jarang diketahui oleh masyarakat umum, beberapa diantara favorit saya saat ia berbincang bersama Efek Rumah Kaca, Ari Lasso dan yang paling fenomenal adalah episode bersama Vincent Rompies dikenal sebagai Host Tonight Show dan mantan personil band Club Eighties yang diketahui banyak orang salah satu artis yang jarang diketahui kehidupan personalnya karena memang selalu menolak wawancara dan sholeh solihun berhasil ngobrol selama 1 jam 50 menit video tersebut sudah 6.697.986 kali ditonton.

Poin yang perlu diacungi jempol dari sholeh sholihun adalah kemampuanya membuat nyaman narasumber, pertanyaan sederhana yang berhasil mengulik informasi yang belum banyak diketahui orang dan yang paling penting adalah pemahaman bahwa dalam konten bincang-bincang mustinya porsi bicara narasumber lebih banyak daripada pembawa acara dan tidak asal potong atau sok tahu.

The Sholeh Sholihun Interview bahkan dibuat hanya menggunakan kamera depan iPhone dan dipegang tangan, tanpa proses editing hanya menambahkan judul dan nama narasumber. Iya sesederhana itu dari sisi teknis namun tidak mengurangi esensi dan kualitas konten yang dideliver. Betapa banyak konten kreator dengan segudang perlatan canggih nan mahal namun isinya ya gitu aja bahkan zonk.

Idealisme dalam konten The Sholeh Solihun Interview membawa berkah, kini ia punya acara di channel 3Second TV bernama 3PODSHOW dan PodCast Naik Clas.

2. Endgame Gita Wirjawan


Pernah menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sejak  2009 dan Menteri Perdagangan sejak 2011 pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Gita Wirjawan malang melintang di dunia ekonomi dan sekarang aktif di Ancora Group yang berfokus pada penanaman modal di Indonesia salah satunya menjadi investor di rumah produksi Visinema milik sutradara Angga Dwimas Sasongko dengan sederet film Hits seperti filosofi kopi, nanti kita cerita tentang hari ini dll.

Melalui channel youtube Gita Wirjawan beliau membuat acara diskusi bernama Endgame mengundang narasumber dari lintas profesi dan latar belakang membahas berbagai tema menarik dari Entrepeneurship, Musik, Penelitian Ilmiah, Pendidikan hingga Startup dan selalui dibumbui tentang pembahasan peluang indonesia di masa depan serta sudut pandang ekonomi.

Sebagai seseorang yang bergelut dengan dunia akademis, malang melintang sebagai profesional di bidang ekonomi dan pengalaman di pemerintahan, diskusi santai yang dihadirkan mampu menguak percakapan-percakapan yang jarang di dapatkan di acara bincang-bincang lain. Tentu faktor networking menjadi salah satu poin istimewa yang tidak dimiliki oleh konten kreator lain dalam hal menghadirkan narasumber yang tidak biasa.

Episode favorit saya diantaranya saat beliau ngobrol bersama Sharlini Eriza Putri tentang Genomic, Alamanda Shantika tentang teknologi, coding dan masa depan AI, dan ibu Prof. Herawati Sudoyo pakar DNA dari Indonesia.

Secara kualitas audio dan visual jaminan mutu karena konten ini diproduksi oleh tim Vsinema.

3. Wawancanda Abdel Achrian

Populer sebagai pemain dalam sinetron Abdel dan Temon tahun 2007an komedia bernama lengkap Abdel Achrian atau biasa disapa Cing Abdel ini juga melejit namanya setelah membintangi sinetron Tukang Bubur Naik Haji dan pembawa acara reliji bersama Mamah Dedeh.

Lewat channel youtubenya, ia membuat konten ngobrol dengan ciri khas diselingi canda ala pelawak bernama Wawancanda. Walau latar belakangnya komedian namun tidak melulu tamunya dari kalangan komedian, bisa dibilang cukup beragam.

Selain selingan bercandaan, tidak jarang wawanca yang dikemas dengan sederhana berhasil membawa suasana haru ketika sang tamu berkisah perjalanan hidupnya. Salah satu episode favorit adalah saat Nex Carlos yang dikenal sebagai youtuber kuliner bercerita tentang masa-masa sulitnya sebelum sukses seperti sekarang dan episode bersama Dicky Difie stand up comedian jebolan ajang Suci yang sempat menghilang akibat kecanduan obat--obatan terlarang, dari 2 episode ini cing abdel merasa relate karena pernah berada di fase yang sama.

4. Murangkalih Armand Maulana

Dalam bahasa indonesia, Murangkalih artinya adalah masa kecil, sebuah acara ngobrol yang dipandu oleh Armand Maulana vokalis band legendaris indonesia Gigi. Tayang di channel youtube Armand Maulana.

Seperti paragraf pembuka saya di atas, ketika di youtube banyak konten bincang-bincang tak jarang antara satu channel dengan yang lainnya mengundang narsumber yang sama, sayangnya entah karena tim yang malas atau memang tidak kreatif pertanyaan dan isi obrolanya tidak berbeda dengan channel youtube lain, repetitif dan sudah diketahui orang, padahal entah apapun bentuknya sebuah konten yang baik harus ada unsur kebaruan.

Dalam acara Murangkalih armand maulana bersama tim berhasil menyajikan diferensiasi itu, walau bintang tamunya sudah sering hadir dalam acara yang lain, dijamin selalu ada info baru yang disajikan untuk pentonton. Rahasianya adalah riset yang dalam, dalam konteks Murangkalih sesuai namanya menggali peristiwa masa kecil dari narsumbernya dari orang-orang terdekat entah keluarga, teman hingga guru yang bersangkutan. Menarik.

Itu tadi sobat Campusnesia rekomendasi 4 acara bincang-bincang di youtube yang menarik dan inspiratif. Kalau kalian suka yang mana nih? atau ada referensi lain? jangan lupa share di kolom komentar ya, sampai jumpa.

Penulis: Nandar

Baca Juga:

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »