Apa itu PODCAST? Berikut Pengertian dan Contohnya




Campusnesia.co.id -- Podcast, bagi beberapa pembaca mungkin istilah baru tetapi ia sudah eksis beberapa tahun belakangan dan khusus di Indonesia setidaknya tahun 2018 semakin banyak yang menjadi creator podcast. Pertanyaanya apa itu Podcast dan apa manfaatnya?

1. Apa itu Podcast
Podcast adalah episode program yang tersedia di Internet. Podcast biasanya merupakan rekaman asli audio atau video, tetapi bisa juga merupakan rekaman siaran televisi atau program radio, kuliah, pertunjukan, atau acara lain. Secara sederhana podcast adalah radio versi online dengan tema yang bisa kamu pilih, semacam audio on demand kalau istilah saya. Sedang kata Podcast sendiri berasal dari Ipod+Broadcast. Kalau radio kita harus stay tune, lain dengan podcast dimana kita bisa memilih topik apa yang kita suka. Oh ya podcast lebih ke perbincangan atau pembahasan suatu tema ya, berbeda dengan radio yang kadang juga ada salam-salaman dan pemutaran musik.


2. Tema Podcast
Salah satu yang menarik dari podcast adalah konten yang beragam, mulai dari tema bisnis, pengembangan diri, hiburan bahkan bimbingan belajar seperti kursus bahasa. kalau menurut penulis beberapa tema disampaikan seperti seminar online atau mendengarkan ceramah gitu.

3. Keuntungan dan Keunggulan Podcast
Dari sisi keuntungan pendengar menurut saya, kita bisa menikmati suatu pembahasan atau materi sembari tetap beraktifitas berbeda dengan versi video atau artikel diaman kita harus fokus baca dan lihat. Dari sisi kreator yang pemalu narsis di depan kamera seperti saya juga tetap bisa berkreasi tanpa harus nerveous.


Nah sobat campusnesia, mempertimbangkan perkembangan tren, kami di campusnesia juga berusaha menyesuaikan diri agar tetap bisa dekat dengan sobat dalam berbagai platform. Oleh karena itu mulai hari ini selain membuat konten dengan format tulisan, kami juga akan hadirkan konten versi audio atau podcastnya. Untuk sementara akan kami upload di dua platform yang bisa pembaca akses secara gratis, yaitu Soundcloud dan Youtube. Adapun nama channelnya adalah:

Youtube: Campusnesia
Soundcloud: Campusnesia 

4. Daftar Podcast Campusnesia
Dan berikut ini daftar podcast campusnesia yang bisa sobat nikmati dalam versi audionya.

A. 8 profesi dan Ide Bisnis dari Dunia Tulis Menulis
dengarkan di Soundcloud klik >> 
dengarkan di Youtube klik >> PLAY  

B. 7 Ide Bisnis saat Musim Hujan
dengarkan di Soundcloud klik >>
dengarkan di Youtube klik >> PLAY 

C. Kisah Sukses Loetju.com 
dengarkan di Soundcloud klik >>
dengarkan di Youtube klik >> PLAY 

D. 6 Drama Korea Bertema Kedokteran Dan Rumah Sakit 
dengarkan di Soundcloud klik >>
dengarkan di Youtube klik >> PLAY 


Artikel Terkait

Previous
Next Post »