Rekomendasi 7 Podcast Menarik dan Inspiratif versi Campusnesia

 



Campusnesia.co.id - Ketika internet dan gadget mulai mudah dan murah diakses mendorong berkembang pesatnya media dengan berbasis video dan gambar, sebut saja Instagram dan Youtube yang menjelma menjadi raksasa media sosial melampaui sosial media yang lain.

Media berbasis audio atau suara kembali diramalkan akan mati sebagaimana saat masivnya televisi yang mulai bisa dimiliki oleh setiap orang.

Nyatanya ramalan tentang kematian media audio ini tak sepenuhnya benar, Radio, CD dan Kaset sebagai sarana distribusi konten berbentuk suara mungkin ia, tetapi kontenya sendiri seperti lagu, sandiwara dan obrolan justru seakan menemukan momen kebangkitannya lagi.

Adalah aplikasi-aplikasi streaming berbasis audia yang menjadi penyelamat dan pembawa tren baru cara orang menikmari konten dan hiburan berupa suara, sebut saja Itunes besutan apple yang men-disrupt cara orang menikmat lagu berbayar, lalu munculah aplikasi sejenis yang menawarkan konten secara gratis seperti Soundcloud atau yang gratis-berbayar ala Jooq dan Spotify.

Selain lagu, konten berupa obrolan atau dikenal dengan istilah Podcast juga makin diminati oleh masyarakat, salah satu alasanya selain tema yang dibawakan, media berupa audio bisa dinikmati sembari menjalani aktifitas yang lain tidak seperti video yang menuntut penikmatnya untuk fokus menonton.

Dala artikel kali ini, kai akan memberikan 6 referensi Podcast menarik yang bisa kamu nikmati saat diperjalanan, mengerjakan sesuatu, santai atau menjelang tidur. Apa saja? ini daftarnya.

1. Podcast Asumsi Bersuara

Dibawakan oleh Rayestu Asumsi Bersuara adalah Podcast dari Asumsi yaitu media yang berfokus pada bahasan politik, current affairs, dan kultur pop.

Isu dan tema yang dibawakan sangat beragam, ekonomi, politik, sosial budaya dan hukum dengan narasumber yang kompeten. Menariknya kadang narasumber yang dihadirkan bukanlah tokoh nasional yang sudah banyak dikenal masyarakat tetapi menguasai topik yang sedang diperbincangkan, biasanya tayang setiap hari selasa sepekan sekali.

2. Podcast Bebas Aktif

Tema yang dibahas seputar politik, ekonomi, sosial, hukum, budaya baik nasional maupun internasional dan geopolitik yang menarik dibahas dengan sudut pandang Hubungan Internasional. 

Bukan yang yang aneh, karena podcast bebas aktif ini adalah produk dari web Kontekstual yang diampu oleh Shofwan Al Banna dosen Hubungan Internasional di FISIP UI bersama beberapa alumni dan mahasiswanya. Seru sih.

3. Podcast Wisnu Prasetya

Dipandu oleh Wisnu Prasetya dosen Fisipol UGM khusus membahas tentang media dan jurnalisme. 

Selain mengangkat tema jurnalisme dan media dari sudut pandang keilmuan teoritis,beliau juga sering membahas faktas dan perkembangan prilaku media dan jurnalisme kekinian. bagus.

4. Podcast GJLS

Kalau tiga rekomendasi di atas tema pembahasanya serius, kali ini sebagai hiburan kami rekomendasikan sebuah podcast yang sesuai namanya GJLS atau kepanjangan dari Gak Jelas sama dengan isinya ha ha. 

Dipandu oleh 3 standup comedyan yaitu Rigen, Rispo dan Hifdzi membicarakan semua hal dengan sudut pandang tidak jelas, sungguh absurd karea sering kali memang tidak ada faedahnya, tapi disitulah sisi menariknya, dengerin saja dijamin meghibur dan tentu saja tidak jelas isinya.

5. Podcast BBC Indonesia

Berisi siaran relay berita dari radio BBC London yang disiarkan dalam bahasa indonesia dari senin sampai sabtu jam 5 pagi. Bagi generasi 90an siaran radio BBC ini menemani aktifitas pagi sebelum berangkat sekolah atau kerja.

Berdurasi sekitar 16 menit, membahas peristiwa terkini baik nasional maupun internasional, segmen favorit saya adalah Majalah Udara, versi pembahasan isu lebih panjang.

6. Mojok Podcast

Membahas berbagai isu dalam kemasan yang lebih ringan dan santai. Obrolan-obrolan bersama berbagai narasumber, menyoroti kisah unik dan perspektif berbeda yang mungkin belum banyak diketahui oleh publik.

Dibawakan langsung oleh ketua suku media online Mojok yaitu Putut EA, yang menarik dari mojok podast ini adalah mayitas tamu dan gaya pembawaanya yang Jogja banget, ya karena mojok ini berbasis di jogja ya, tapi sebagai orang daerah, seru saja mendengarkan obrolan dengan logat jogja ini tentu saja isinya juga berbobot.

7. Podcast Campusnesia

Kami juga punya podcast lho, namanya Podcast Campusnesia dengan bahasan yang beragam seputar dunia pendidikan, entrepreneur, dan hiburan seperti review film dan drama korea.

Itu tadi sobat  rekomendasi 7 Podcast seru versi Campusnesia. Mana nih podcast favorit kalian? atau punya rekomendasi lain? jangan lupa share di kolom komentar ya. Sampai jumpa.

Penulis: Nandar

Baca Juga:

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »