7 Referensi Tempat Wisata di Kota Klaten yang Instagramable





Campusnesia.co.id - Jika dala artikelnya kita membahas tentang 5 Rekomendasi Kuliner Asli Klaten, bagai sayur tanpa garam, tak afdol rasanya jika tidak membahas tempat wisatanya juga.

So tanpa panjang lebar, untuk sobat campusnesia yang hobi traveling, kami hadirkan 7 referensi tempat wisata yang bisa sobat kunjungi bila datang atau mungkin hanya sekedar singgah dalam perjalanan ke daerah Klaten. Apa saja? ini daftarnya.

1. Taman Lampion Klaten

Taman lampion merupakan salah satu taman yang dibangun untuk meningkatkan ruang terbuka hijau yang terletak di Gg. Tidar, Barenglor, Bareng Lor, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten. Taman ini menjadi tempat favorit untuk menghabiskan waktu bersama yang dapat dinikmati kapan saja. Namun waktu terbaik sore hingga malam hari  karena taman ini dipenuhi lampu warna warni.

2. Candi Prambanan Klaten

Kalau tempat yang satu ini sudah pasti tidak asing bagi teman-teman. Candi yang menjadi legenda ini berada di daerah Klaten yang berbatasan langsung dengan Yogyakarta. Tempat yang selalu ramai dikunjungi bahkan oleh wisatawan luar negeri, dan pemandangan yang disuguhkan sudah pasti tidak mengecewakan. Sangat cocok bagi teman-teman yang suka mengunjungi tempat bersejarah.

3. Umbul Ponggok Klaten

Umbul ponggok menjadi tempat yang telah cukup di kenal. Merupakan wisata air berupa kolam renang dengan beberapa fasilitas photo zone dan properti yang cukup menarik, pasalnya umbul Ponggok menyediakan tempat foto di dalam air yang tidak umum dapat dijumpai, sangat cocok untuk kalian yang hobi foto-foto.  Lokasi objek wisata ini berada di Jl. Raya Ponggok-Delanggu, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

4. Umbul Cokro Tulung Klaten

Obyek wisata air lain yang ada di Klaten yaitu, Obyek Mata Air Cokro atau Umbul Cokro Tulung. Merupakan wahana bermain air ala waterboom yang asik dinikmati untuk menghabiskan waktu bersama keluarga maupun teman. Selain itu terdapat pula kolam renang natural yang berasal dari mata air murni dan terpelihara kebersihannya. Lokasi wisata alam ini berada di Desa Cokro Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah.

5. Candi Plaosan Klaten

Merupakan salah satu objek wisata sejarah di Klaten yang berikutnya yaitu Candi Plaosan. Lokasi wisata sejarah ini berada di Jl. Candi Plaosan, Bugisan, Kec. Prambanan, Kabupaten Klaten.

Candi ini sendiri terletak tidak jauh dari candi prambanan yang berjarak sekitar 1 km. Komplek Candi Plaosan ini terdiri dari Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul memiliki sejarah yang cukup unik, karena menjadi bukti cinta yang kuat antara Rakai Pikatan dan Pramodyawardani pada jaman Mataram Kuno yang mengisahkan ditentangnya cinta mereka karena perbedaan kepercayaan. 

Selain itu ada beberapa wisata sejarah berupa candi yang berada di sekitar kawasan Prambanan ini, seperti candi Lumbung, candi Sewu dan candi Sojiwan.

6. Agrowisata Gondang Winangoen Klaten


Agrowisata yang  berada di area Pabrik Gula ini menawarkan beberapa wahana edukasi, rekreasi dan sejarah. Wahana edukasi berupa pengenalan pembuatan gula, rekreasi berupa wahana permainan outdoor, wahana outbound dan wahana air yang dapat dinikmati bersama keluarga, juga terdapat wahana kereta api yang beroperasi mengelilingi agrowisata ini. 

Wisata sejarah dapat sobat nikmati dengan menapak tilasi museum pabrik gula yang berisi beraneka perlengkapan pabrik gula tempo dulu. 

Lokasi agrowisata bearda di Jl. Raya Solo-Yogyakarta KM.25, Karang Asem, Plawikan, Kec. Jogonalan, Kabupaten Klaten.

7. Makam Sunan Pandanaran Klaten

Selanjutnya yaitu objek wisata religi di Klaten yang cukup dikenal hingga luar kota, yaitu Makam Sunan Pandanaran. Lokasi wisata religi ini berada di Desa Paseban Bayat, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten.

Makan Sunan Pandanaran Bayat ini dikenal pula dengan sebutan Sunan Bayat, Susuhunan Tembayat, Sunan Pandanaran( II), Wahyu Widayat ataupun Pangeran Mangkubumi. Sunan Pandanaran Bayat merupakan tokoh yang disebut dalam sejarah lisan bagaikan salah satu penyebar agama Islam di tanah Jawa walaupun tidak masuk dalam jajaran Wali Songo. Seperti makam seseorang wali, makam Sunan Pandanaran Bayat tidak penah hening dari para peziarah yang berasal dari berbagai daerah.

Itu tadi sobat campusnesia, 7 referensi tempat wisata yang bisa sobat kunjungi bila datang atau mungkin hanya sekedar singgah dalam perjalanan ke daerah Klaten. Semoga bermanfaat, btw dari 7 tempat wisata di atas, mana saja yang sudah sobat kunjungi? share di kolo komentar pengalaman seru kalian ya.

Penulis: Ika Shintya
Editor: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »