Rekomendasi 5 Kuliner Asli Klaten yang Wajib Kamu Cicipi

 




Campusnesia.co.id - Sobat campusnesia, libur long weekend ini mau ke mana? jika memang tidak tidak ada urusan mendesak lebih baik di rumah saja ya. Tetapi jika memang harus bepergian jangan lupa menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus covid-19. 

Apabila kebetulan kota tujuanmu adalah Klaten, kali ini campusnesia punya 5 rekomendasi Kuliner Asli Klaten yang wajib kamu cicipi, apa saja? berikut kami hadirkan daftar kuliner khas yang dapat teman-teman coba ketika berkunjung ke daerah Klaten.

1. Sop Ayam Pecok (Sop Ayam Pak Min)

Kuliner khas Klaten ini sangat dikenal oleh masyarakat Klaten dan di sekitar daerah Klaten. Istilah pecok sendiri memiliki arti dipotong acak, atau cacah, sehingga ayam  di dalam sop tersebut memang dipotong tidak beraturan.

Kuah sop ini sangat segar karena terbuat dari kaldu hasil rebusan tulang dan daging ayam. Kuliner khas Klaten ini sedikit berbeda dibanding sop ayam di daerah lain. Karena sop ini tidak memiliki isian sayuran kecuali daun seledri, dan benar-benar hanya kuah dan ayam yang direbus. Ayam yang digunakan biasanya adalah ayam kampung. 

2. Soto dan Bacem Bebek

Selanjutnya adalah Soto dan Bacem Bebek, Kuliner khas Klaten ini tidak seperti soto pada umumnya. Isi dari soto ini bukanlah berupa daging ayam. Pada soto ini kalian akan menemukan daging bebek dengan kuah bening. Karena telah melalui proses bacem daging bebek terasa sangat empuk.

Selain itu juga terdapat olahan bebek bacem tersendiri yang juga terkenal diseluruh Klaten. Bebek ini diberi berbagai macam bumbu yang menimbulkan rasa gurih manis, proses memasak juga membutuhkan waktu lama. Setelah selesai proses bacem, bebek kemudian digoreng.

3.  Nasi Tumpang Lethok

Nasi Tumpang Lethok adalah makanan khas daerah Klaten, yang biasanya hanya ada  di pagi hari. kuliner ini terdiri dari nasi putih, sayuran, telur rebus, dan disiram dengan kuah sambal tumpang atau sambal lethok yang terbuat dari campuran tempe, cabai, santan dan bumbu-bumbu lain. Selain itu nasi tumpang juga enak dimakan bersama berbagai lauk seperti krecek, koyor sapi, dan urap.


4. Kepelan

Diurutan keemmpat ada Kepelan yang merupakan salah satu cemilan khas Klaten yang pertama kali berasal dari kecamatan Pedan. Nama cemilan ini diambil berdasarkan dari bentuknya yang menyerupai kepalan tangan. Dengan rasa yang dominan gurih, cemilan ini biasa dipadukan dengan saus sambal. Kepelan terbuat dari bahan sederhana seperti tepung gandum, bawang merah, bawang putih, merica, garam dan sedikit penyedap rasa. 


5. Keripik Belut, Cakar, dan Paru

Kuliner khas Klaten kali ini sangat cocok menjadi jajanan oleh-oleh setelah menikmati berbagai macam kuliner khas Klaten, kalian harus membeli oleh-oleh khas Klaten yaitu keripiki belut, cakar, dan paru. Selain rasanya gurih dan nikmat, jenis makanan ini cukup tahan lama jika dijadikan oleh-oleh.

Itu tadi sobat Campusnesia, 5 rekomendasi Kuliner Asli Klaten yang wajib kamu cicipi. Mana menu favoritmu? jangan lupa share di kolom komentar ya.

Penulis: Ika Shintya
Editor: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »