Mahasiswa KKN Undip Berikan Pelatihan Packaging dan Pemasaran Online Untuk Tingkatkan Omset Pengrajin Temulawak Semarang




Campusnesia.co.id - Semarang, 20/07/2020. Tim 2 KKN Undip membantu industri rumah tangga di kelurahan Kramas dalam meningkatkan omset penjualannya di masa pandemi, sebagaimana diketahui banyak masyarakat bahkan berbagai macam industri yang mengalami penurunan pendapatan termasuk industri rumah tangga akibat dari penerapan pembatasan kegiatan masyarakat maupun pembatasan sosial berskala besar  oleh pemerintah guna mengurangi dan mencegah penyebaran covid-19.

Usman, mahasiwa KKN Undip berinisiasif untuk mengadakan pelatihan kepada industri temulawak milik Mbah Sadiyah di RT  RW 2 Kelurahan Kramas yang berskala rumah tangga, dengan memberikan materi dan praktik mengemas dan memasarkan produk. Dengan pelatihan tersebut, Mbah Sadiyah mampu mengembangkan industri miliknya sehingga meraih omset dan keuntungan yang lebih besar dari sebelumnya.

Dalam pelatihan tersebut diajarkan cara mengemas produk yang menarik, sehingga membuat calon pembeli berminat untuk membelinya. Caranya, memilih bahan plastik dan membuat desain stiker kemasan dengan tampilan yang elegan. Hal itu dapat memberikan nilai tambah pada produk sehingga keuntungannya akan lebih tinggi. Berbeda dengan sebelumnya, produk temulawak hanya dijual kiloan dengan menggunakan plastik kresek yang ditawarkan dengan harga sangat murah kepada tengkulak.

Selanjutnya bagaimana memasarkan produk temulawak kepada konsumen ataupun produsen produk turunan temulawak secara langsung, agar keuntungan yang didapat jadi lebih tinggi dan tidak melalui tengkulak yang menyebabkan harga jualnya sangat rendah. 

Mbah Sadiyah beserta suami dan anaknya diajarkan bagaimana menggunakan teknologi untuk berjualan secara online sehingga bisa mendapatkan pasar penjualan yang sesuai dan dapat membandingkan harga maupun kualitas produknya dengan produk temulawak milik orang lain. 

Penulis: Usman Wahyuntari 
Foto: Dokumentasi KKN TIM 2 Undip
Editor: Nandar

Iklan

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »