6 Rekomendasi Film Pendek Lokal yang Bisa Kamu Tonton di Youtube



Campusnesia.co.id - Menonton film merupakan salah satu cara tepat untuk mengisi waktu luang. Terlebih pada masa pandemi seperti ini, di mana kita banyak menghabiskan waktu di dalam rumah. Ada pula yang lebih suka menonton tv series karena memiliki banyak episode yang semakin membuat penontonnya lupa waktu. Selain itu, ada juga Youtube yang menjadi pilihan favorit lainnya. Sebagai platform yang menyajikan berbagai video, mulai dari musik, komedi, drama, edukatif, informatif, bahkan video yang random sekalipun dapat kamu temukan di sini. Mungkin kamu pernah merasa bingung dalam memilih video apa lagi yang mau ditonton di Youtube. Kali ini, Campusnesia akan memberikan beberapa film pendek yang rata-rata durasinya cuma 8-20 menit-an saja loh! Jadi, simak rekomendasinya di bawah ini ya!

1.Taksi

Masih ingat dengan salah satu film horror terbaik Indonesia, yakni Rumah Dara? Jika iya, kalian pasti juga ingat dengan sosok perempuan dengan tatapan matanya yang bikin ngeri. Siapa lagi kalau bukan aktris cantik, Shareefa Daanish! Dalam film pendek Taksi, ia berperan sebagai seorang wanita yang baru pulang kerja saat tengah malam dan menaiki sebuah taksi karena tak punya pilihan lain. Baru beberapa saat di dalam taksi tersebut, ia sudah dibuat tidak nyaman. Hal yang tak terduga pun terjadi. Untuk selengkapnya, silakan ditonton ya! Oh ya, film ini juga menjadi salah satu finalist dalam Fantastic Indonesian Short Film Competition Vol. 1 loh! 

2. WEI

Film pendek yang disutradari oleh Samuel Rustandi ini bercerita tentang seorang ayah dan anak perempuan dari keluarga Tionghoa. Diperankan oleh almarhum Hengky Soelaiman, yang diceritakan bahwa anaknya adalah seorang mualaf. Meskipun tak banyak dialog, film ini berhasil membuat haru para penontonnya. Akting dari almarhum aktor senior, Hengky Soelaiman, juga tak dapat diragukan lagi ya. Hanya dengan gerak dan mimik saja dapat membuat kita ikut merasakaan keadaan yang dialami tokoh tersebut. 


3. Sound of Preeet

Dari judulnya saja, kita bisa tau bahwa yang dimaksudkan adalah kentut. Ya, benar. Film yang termasuk ke dalam komedi satire ini menceritakan seorang laki-laki yang dituduh kentut sehingga mengganggu kenyamanan orang-orang di sekitarnya. Laki-laki tersebut kemudian dipaksa untuk buang air besar. Berlatar tempat di sebuah pasar, film ini memuat konflik sederhana yang dikemas secara lucu. Film yang disutradarai oleh Rangga Kusmlendra tersebut suskes mengundang gelak tawa penonton serta mengandung sindiran yang mudah dipahami. 

4. Prognosis

Film pendek yang satu ini merupakan sebuah film animasi karya Ryan Adriandhy. Selain animator, ia juga dikenal sebagai pemenang Stand Up Comedy Indonesia season 1 serta salah satu pemain di serial komedi, Malam Minggu Miko. Prognosis merupakan animasi tanpa dialog. Bercerita tentang seorang anak yang menemukan benda asing dari luar angkasa di sebuah sungai. Pada mulanya, ia mengira bahwa benda asing itu sudah tak berfungsi lagi. Nyatanya tidak. Benda tersebut ternyata membantu ia dan ayahnya yang sedang melewati masa-masa berkabung. Sebuah animasi 2D yang keren dan cerita yang heartwarming. Good job, Ryan! 

5. Tinuk

Tinuk merupakan sebuah film yang mengangkat permasalahan tentang kehidupan sehari-hari, khususnya suami istri. Film yang merupakan karya terbaik 2 kategori umum dalam Festival Video Edukasi tahun 2016 ini, menceritakan seorang perempuan bernama Tinuk yang merengek kepada suaminya untuk membeli handphone baru. Tak hanya itu, Tinuk juga mengeluh karena mengingini gaya hidup seperti para tetangganya. Dengan alur cerita yang sederhana, film pendek Tinuk tetap menyiratkan berbagai amanat. Film ini ditutup dengan scene yang sukses membuat para penontonnya tersenyum. 

6. Jouska

Belum lama ini, Jouska menjadi topik yang marak dibicarakan. Ternyata ada sebuah film pendek yang berjudul Jouska juga loh! Tapi bukan film mengenai PT Jouska Finansial Indonesia ya. Jouska yang ini berbeda. Tahukah kamu bahwa ada istilah Jouska dalam ilmu psikologi? Istilah tersebut juga dikenal dengan berdistraksi. Jouska merupakan kondisi dimana kita berbicara dengan diri kita sendiri yang terjadi dalam pikiran kita. Kira-kira seperti itulah gambaran dari film pendek Jouska. Seseorang di meja kerjanya yang berdebat dengan dirinya sendiri seputar masalah keuangan. Sebuah film yang jenius berisi banyak sindiran ini wajib kamu tonton! 

Itulah beberapa rekomendasi film pendek lokal dari kami. Mana nih yang sudah kamu tonton?

Penulis: Ira Florencia
Sumber: Youtube.com
**Artikel ini adalah bagian dari program magang Online Campusnesia

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »