13 Tips Mahir Public Speaking, Ngomong di Depan Umum Penuh Percaya Diri, Memukau dan Tanpa Grogi



Campusnesia.co.id - Halo sobat campusnesia apa kabar bertemu lagi dengan kita kali ini kita akan membahas sebuah tema yang banyak dicari di Google yaitu tentang tips agar bisa berbicara di depan umum tanpa rasa grogi.

Memang ngomong di depan umum bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Sebagaimana halnya untuk sebagian orang menulis juga bukan hal yang mudah.

Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Tetapi hal yang sulit tidak bisa dilakukan jika kita mau mempelajarinya dan melatihnya suatu saat pasti akan bisa.

Apa itu public speaking? 
Pada dasarnya, ini adalah presentasi yang diberikan langsung kepada audiensi. Pidato publik dapat mencakup berbagai macam topik yang berbeda. Tujuan dari pidato bisa untuk mendidik, menghibur atau mempengaruhi pendengar. 

Oke Langsung saja kita akan mulai membahas satu persatu tips agar percaya diri tidak nervous ketika berbicara di depan umum. Saja tipsnya berikut ini daftarnya.

1. Berdoa
Tips yang pertama adalah berdoa, sebelum mulai berbicara di depan umum entah itu persentasi, pembicara, atau sedang memberikan pendapat, sebelum mulai bicara jangan lupa berdoa.

Dari sisi religiusitas berdoa membuat kita lebih tenang, dari sisi psikologis berdoa membuat kita lebih percaya diri. Bagi yang muslim bisa berdoa dengan doa Nabi Musa ketika menghadapi Firaun, atau bagi teman-teman yang beragama lain bisa berdoa sesuai dengan keyakinannya masing-masing.

2. Tenangkan diri, Tarik nafas
Tips yang kedua adalah menenangkan diri, Tarik nafas yang panjang lalu keluarkan dengan pelan-pelan. Dengan melakukan hal sederhana ini kita bisa mengontrol diri kita. Tidak terlalu berdebar Irama jantung jadi lebih rileks. Buang jauh-jauh perasaan negatif, setiap orang pasti pernah punya pengalaman pertama, jadi Hadapi aja dengan santai.

3. Sapu audien
Tips berikutnya, ketika sudah ada di depan atau di atas panggung, Jangan lupa untuk menatap audien, berikan senyum yang tulus, sapu audien atau peserta, dari ujung ke ujung. Hal ini bertujuan untuk membangun komunikasi yang hangat, Jadi kesannya Kita Tidak Sedang bermonolog tanpa mendengar.

Tips berikutnya adalah tulis semua apa yang akan kamu sampaikan. Mulai dari pembukaan, isi atau topik utama, hingga bagian penutup. Dengan menulis secara detail apa yang ingin kita sampaikan akan lebih muda ketika menyampaikannya di depan umum nanti.

Bagi pemula berbicara di depan umum dengan membaca pun tidak masalah. Yang penting asyik membaca, perlu diselingi dengan menatap audien, atau bisa juga baca hanya setengah hingga sepertiga kalimat, sisanya dengan peserta peserta.

5. Menghafal
Tips nomor 5 dalam menghafal, ketika menulis semua yang ingin disampaikan bagi pemula bisa menggunakan teknik menghafal untuk bicara di depan umum. Hafalkan semua bagiannya dari pembukaan, topik inti, hingga penutup.

Hal yang perlu diperhatikan ketika berbicara di depan umum dengan teknik menghafal, kita harus fokus. Jangan sampai Di tengah perjalanan terganggu oleh hal-hal yang bisa membuyarkan konsentrasi sehingga lupa semua yang sudah dihafal. Sebagai antisipasi bisa membawa Catatan Kecil agar ketika lupa mengingat kembali Hal apa yang seharusnya disampaikan selanjutnya.

6. Referensi
Tips berikutnya adalah memperbanyak referensi. Ini bisa dimanfaatkan ketika harus berbicara di dalam forum, misalkan kita harus bertanya jawab. Dengan memperbanyak referensi baik dari berita buku majalah atau sumber lainnya kita akan semakin punya banyak bahan by data ketika menyampaikan sebuah pertanyaan atau argumen. Dan apa yang kita sampaikan menjadi kuat karena didukung oleh data bukan sekedar karangan bebas.

7. Setuju Tidak setuju
Untuk bisa menyampaikan sebuah pendapat yang mendukung atau tidak mendukung sesuatu juga perlu dilatih.

Menyampaikan gagasan yang setuju dan tidak setuju pada sesuatu memiliki perbedaan. Kita harus menyebutkan alasannya dan datanya dan ini bisa dipelajari dan akan bermanfaat ketika pendapat di depan umum. Bagi teman-teman yang pernah ikut tim debat pasti familiar dengan teknik ini.

8. Jeda
Kita masuk pada tips berikutnya jeda, hal penting yang perlu diperhatikan ketika berbicara di depan umum adalah jeda. Jangan sampai berbicara dengan tanpa jeda. Karena akan membuat bingung pendengarnya. Dengan memberi jeda pada setiap kata-kata atau kalimat, Kita akan punya kesempatan untuk menarik nafas dan berinteraksi dengan audien walau hanya dengan tatapan mata. Oleh karena itu tahu Kapan dan di mana harus jeda dalam berbicara.

Pernahkah kalian mendapati orang yang ketika berbicara di depan umum sering menggunakan kata eee...eee... Atau apa namanya? Apa namanya? Sebenarnya itulah orang sedang berpikir untuk menentukan kata atau kalimat berikutnya Yang Akan diucapkan. Agar tidak terkesan amatir kita bisa sambil berpikir dengan menggunakan Jeda tadi. Jadi teknik jeda juga bisa digunakan untuk menutupi kita yang sedang berpikir.

9. Intonasi
Berikutnya tips dari kami adalah intonasi. Menjadi sangat penting ketika berbicara di depan umum. Karena dengan intonasi kita bisa menyampaikan emosi Apa yang akan tersampaikan kepada peserta

Apakah emosinya bahagia, bersemangat, pedas, atau bahkan intimidatif. Penekanan-penekanan kata dan kalimat tertentu ini yang disebut dengan intonasi. Jadi tahu topik besar apa kita sampaikan sehingga bisa menentukan juga bagian mana perlu intonasi rendah sedang atau tinggi.

10. Efisiensi kata dan kalimat
Teman-teman mendengarkan seseorang berpidato atau ceramah dengan kata-kata yang diulang-ulang, kalimat yang bertele-tele dan tidak efisien.

Hal ini bisa kita hindari dengan belajar membuat kata dan kalimat efektif. Selain mempersingkat sebuah teks pidato, dengan belajar efisiensi kata dan kalimat Kita juga bisa belajar tentang pemilihan diksi atau kata agar tidak terkesan monoton.

11. Hindari Repetitif
Repetitif atau pengulangan kata dan kalimat yang sama perlu dihindari ketika berbicara didepan umum. Caranya adalah dengan memperbanyak referensi dan sebelum teks pidato kita bisa memeriksanya tiga hingga berkali-kali sebelum menjadikannya sebuah yang akan disampaikan di depan umum.

12. Membuat Poin-poin Penting
Bagi yang ingin berpidato atau berbicara di depan umum tanpa teks, Kita Bisa berlatih dengan poin-poin penting dalam setiap kalimat yang akan disampaikan. Misalkan artikel ini saya membuat 12 point tips berbicara di depan umum. Saya cukup membuat poin-poinnya saja karena paham apa disampaikan dalam setiap poinnya. Tapi sebelum memakai yang ini pastikan bahwa kita sudah menguasai materinya. Dan jangan untuk sebelumnya agar kita bisa memanage waktu dan durasinya.

13. Berlatih
Tips yang terakhir adalah terus berlatih, berbicara di depan umum ibarat seperti atau bahkan menerbangkan pesawat terbang. Jam terbang menjadi hal yang penting agar kita bisa terbiasa tampil di depan umum.

Semakin sering berlatih semakin sering tampil dan semakin banyak punya pengalaman dengan sendirinya kita akan terbiasa.

Setiap orang akan punya cara tersendiri menghadapi rasa grogi ketika harus berbicara didepan umum. Jadi dari 13 tips pada artikel ini belum tentu semuanya cocok untuk kalian, Tidak ada salahnya dicoba dan temukan sendiri apa tips yang terbaik agar tidak ketika berbicara umum versi kalian.

Oke sobat campusnesia, demikian tadi 13 tips agar mahir dan tidak grogi berbicara di depan umum. Selamat mencoba semoga berhasil, tidak perlu berkecil hati semua orang pasti punya pengalaman pertama. Just do it.

Penulis: Nandar
Foto: Pandji.com

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »