Kreatif, Gunakan Tik Tok Mahasiswa Stikes Karya Husada Semarang bagikan Tips Cegah Penularan Virus Corona

7:03:00 PM


Campusnesia.co.id - Dua bulan terakhir kabar berita penyebaran virus Corona yang diberi nama Covid-19 membuat masyarakat dunia khawatir. Hingga artikel ini di tulis 9/3/2020 setidaknya sudah menyebar di lebih dari 100 negara dengan pasien positif sebanyak 111.228, meninggal sebanyak 3.892 dan sembuh sebanyak 62.369. Sumber: Peta Realtime Covid-19.

Apalagi setelah tanggal 3 maret 2020 lalu, presiden mengumumkan ada 2 warga indonesia yang positif covid-19 dan hingga artikel ini tulis sudah ada 19 pasien positif corona menambah kepanikan masyarakat hingga terjadi panic buying. diberbagai tempat persediaan masker dam handsanitiser habis diborong.

Tapi tenang, berdasar statistik tingkat kesembuhan covid-19 mencapai 98 persen. Dan hasil penelitian para ahli kesehatan di seluruh dunia menyimpulkan penularan virus corona jenis ini adalah melalui droplet yang artinya bisa dicegah.

Dalam konteks mengedukasi dan sosialisasi tentang virus covid-19 ini, seorang dosen Keperawatan Komunitas di Stikes Karya Husada Semarang, ibu Umi Hani membrikan tugas kelompok kepada mahaiswanya dalam topik promosi kesehatan guna memberi wawasan kepada masyarakat dan mengurangi kepanikan serta ketakutan.

Melalui story wa pada 9/3/2020 beliau mengupload sebuah video pendek berurasi 1 menit 23 detik karya mahasiswa Latipatur, Jeany, Adina, Erina dan Andre tentang tips mencegah penularan vorus corona.

Video

Video yang diupload lewat akun Tik Tok @Jeany.ck diawali dengan tampilan beberapa negara yang sudah terjadi kasus positrif corona diantaranya China, Taiwan, Korea, Iran, Indonesia, Singapura dll.

Dilanjutkan dengan ajakan jangan panik dan mereka membagikan tips mencegah corona virus, dimulai dengan anjuran mengenakan masker ketika bepergian (terutama di kerumunan), hindari kontak dengan orang sakit, rutin cuci tangan menggukana sabun atau handsanitiser, jauhi binatang yang berpotensi menularkan, hindari makan daging yang tidak matang, jika merasa demam, batuk dan sesak segera perika ke dokter atau pusat pelayanan kesehatan terdekat.

Dalam adegan selanjutnya mereka memberi tips menghindari kontak langsung untuk meminimalisir penularan virus dengan aneka macam salaman selain berpegangan tangan.

Berikutnya juga disosialisasikan etika ketika batuk, tutup mulut dan hidung dengan siku bagian dalam atau tissu, gunakan masker agar tidak menular. Video diakhiri dengan peragaan 6 langkah mencuci tangan yang benar.

ads

Dengan kemasan yang kekinian dan memanfaatkan media sosial Tik Tok yang sedang hits, cara sosialiasi tentang virus corona dan tips pencegahanya ini sangat menarik, selain kreatif juga tepat sasaran menyasar anak muda.

Semoga dengan adanya video-video sosialisai semacam ini masyarakat semakin paham tentang virus corona yang melanda dunia, dan melalui pencegahan bisa meminimalisir penularan serta mengurangi jumlah korban.

Mari jaga kesehatan brsama sembari menebar pesan posotif agar kita bisa melewati musibah ini berama-sama.

Penulis: Nandar

Baca Juga:

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »