Tim I KKN Undip Desa Batur Hadirkan Budidaya Maggot di Expo KKN Kabupaten Semarang

2:09:00 PM


Campusnesia.co.id -- Kab. Semarang, 5 Februari 2020. Mahasiswa Tim I KKN Undip telah menyelenggarakan kegiatan Expo KKN Kabupaten Semarang di Lapangan Kopeng. Acara ini dihadiri oleh Bapak Bupati, Camat, serta Dinas-Dinas yang ada di Kabupaten Semarang, tidak lupa juga para dosen pembimbing lapangan. Kegiatan ini mewajibkan mahasiswa KKN Universitas Diponegoro untuk menampilkan program-program unggulan di tiap desanya, dimana tiap desa memiliki sebuah stand  yang nantinya akan dikunjungi oleh dosen dan masyarakat umum. 

Desa Batur, unjuk kebolehan dengan membawakan program unggulannya yaitu budidaya maggot. Maggot sendiri adalah larva Black Soldier Fly yang memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah  dapat menguraikan sampah organik dengan sangat cepat. Lalat BSF memiliki perbedaan yang mencolok jika dibandingkan dengan lalat biasa, yaitu lalat BSF memiliki bentuk lebih seperti tawon daripada lalat. Lalat ini tidak senang untuk hinggap di makanan seperti lalat pada umumnya dan hidup jauh dari manusia. Bapak Bupati kabupaten semarang sempat berkunjung ke stand untuk melihat  maggot BSF dan bertanya seputar kegunaan dan cara budidaya maggot BSF.


iklan

Selain program unggulan dari tiap desa, acara ini juga meliputi hiburan-hiburan, seperti jalan sehat, cek kesehatan, dan pasar murah. Perwakilan hiburan dari tiap kecamatan pun beranekaragam, antara lain bernyanyi dan menari. Selain hiburan dari mahasiswa mahasiswi KKN, ada juga penampilan dari penari asli daerah setempat. Terdapat 2 penampilan tari, yaitu Tari Prajuritan dan Tari Gambyong. Acara Expo KKN berlangsung dengan lancar dan meriah. Banyak warga antusias mengikuti serangkaian acara dari awal sampai akhir.

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »