Canggih, Kini Warga Desa Karanganyar Demak Cukup Gunakan WhatsApp untuk Pengajuan berbagai Surat Keterangan



Campusnesia.co.id -- Demak(6/2/2020). Teknologi kini kian berkembang. Salah satu perkembangannya misal adanya website dan pesan instan (instant messenging) yaitu WhatsApp. Desa Karanganyar bisa dibilang desa yang sudah maju salah satu indikatornya sudah mengenal dan menggunakan teknologi, seperti website desa Karanganyar-demak.desa.id dan layanan permintaan surat menggunakan WhatsApp. 



Namun penggunaan teknologi website Desa Karanganyar dan WhatsApp sebagai media untuk membantu hubungan dari masyarakat ke perangkat desa masih kurang optimal. Mengetahui hal tersebut, TIM I KKN UNDIP, yang dibimbing oleh Bapak Thomas Triadi Putranto, mengadakan sosialisasi mengenai pengelolaan website desa untuk memperkenalkan dan mempromosikan UMKM dan sosialisasi WhatsApp responder sebagai Sistem Pelayanan Terpadu atau SIPANDU, mengenai pengembangan dan penggunaan WhatsApp sebagai media permintaan berbagi surat masyarakat Desa Karanganyar

ads



Untuk sosialisasi mengenai pengelolaan website desa bertujuan memperkenalkan dan mempromosikan UMKM desa, yang merupakan salah satu potensi Desa Karanganyar. Berbagai UMKM ini sudah dikenal luas oleh masyarakat Desa Karanganyar dengan produknya yang beraneka ragam, seperti lontong, lepet, bawang goreng, kaligrafi, telur asin, tempe, dan tahu. Sayangnya, produk-produk ini masih dijual lokal saja, sebatas dijual di Desa Karanganyar atas dasar tersebut TIM I KKN UNDIP berusaha memperkenalkan dan mempromosikan produk UMKM Desa Karanganyar ke masyarakat yang lebih luas lagi melalui pengelolaan dan penggunaan website.


Sedangkan sesi sosialisasi WhatsApp responder, membahas seputar pengembangan dan penggunaan WhatsApp sebagai media permintaan surat masyarakat Desa Karanganyar didasari oleh kesulitan masyarakat dalam mengurus permintaan surat yang kadang mereka harus bolak-balik ke Kantor Kelurahan hanya untuk mengurus satu surat saja. Selain itu, perangkat Desa Karanganyar juga mengalami kesulitan dalam menangani permintaan surat dari masyarakat setiap harinya.

Sosialisasi ini diadakan pada tanggal 1 Februari 2020 di Pendopo Taman Baca SDN 2 Karanganyar. Dihadiri oleh kepala desa, perangkat desa, Bu Tanti selaku PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) dari BPP (Balai Penyuluhan Pertanian), kelompok tani, dan Karang Taruna. Dimulai dari jam 20.00 WIB dengan sambutan dari TIM I KKN UNDIP, kepala desa, Bu Tanti dan berakhir jam 22.00 WIB dengan penutup dari kepala desa. 

Terlihat sekali Antusias peserta dengan banyaknya pertanyaan saat sesi tanya jawab. Peserta yang berasal dari 2 dusun di Desa Karanganyar, yaitu Dusun Karanganyar dan Dusun Magersari sangat menerima dan ingin mencoba program sosialisasi sehingga TIM I KKN UNDIP berencana akan mengadakan pendampingan ke beberapa peserta.

Diharapkan melalui sosialisasi dan pendampingan, teknologi di Desa Karanganyar semakin berkembang, masyarakat dan perangkat Desa semakin ahli dalam menggunakan dan mengelola teknologi yang ada. Selain itu, masyarakat dan perangkat Desa Karanganyar semakin dimudahkan dalam menangani permintaan surat yang ada dan dan penghasilan masyarakat desa dapat semakin meningkat.

sumber: Tim KKN Undip Desa Karanganyar
foto: Tim KKN Undip Desa Karanganyar
editor: Nandar


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »