Komunitas Hompimpa Semarang, Berjuang Lestarikan Permainan Tradisional di Era Gadget

10:06:00 AM



Campusnesia.co.id -- Dolanan atau mainan identik dengan anak kecil dan hiburan, bagi sobat yang lahir era 90-an mungkin masih mendapati berbagai mainan dan permainan tradisional yang penuh kenangan.



Jaman terus berkembang, kini anak-anak era modern lebih mengenal mainan dan permainan yang modern pula bahkan serba gadget dan digital. 

Di tengah perkembangan jaman yang serba digital itu, kenalkan Komunitas Kampoeng Hompimpa Semarang. Komunitas yang punya Visi melestarikan dan mengembangkan permainan tradisional Indonesia serta mengedukasi anak-anak melalui media permainan tradisional.

Mereka juga memiliki Misi yang mulia, yaitu mengampanyekan permainan tradisional Indonesia ke masyarakat, memberikan informasi dan pengetahuan tentang permainan tradisional Indonesia, dan mengedukasi anak-anak melalui media permainan tradisional.

Komunitas ini berisi anak muda dari berbagai kalangan di kota semarang, ada yang masih pelajar, mahasiswa dari Unnes, Undip, UIN dan kampus lainya bahkan ada yang sudah bekerja.

Minggu, 10 Maret 2019 kami berkesempatan ngobrol dan mencoba beberapa permainan tradisional yang mereka bawa di CFD Simpang Lima Semarang. Dari perbincangan itu diketahui bahwa Komunitas Kampoeng Hompimpa Semarang berdiri sejak 2 tahun lalu. Selain di semarang ada juga di Jogja.

Selain memperkenalkan kembali dolanan tradisional yang mulai luntur di tengah maraknya gadget melalui CFD, mereka juga sering berkolaborasi dalam berbagai event dan mengisi acara dengan tujuan edukasi dan kampanye kepada masyarakat terutama anak-anak.


Di stand yang sederhana mereka, di pajang aneka mainan dan alat permainan tradisioanal, misalnya Karet untuk permainan lompat, Yoyo, Egrang, Kapal dan masih banyak lagi yang lainya. 


Kami sempat mencoba bermain Dakon dengan salah satu anggota Hompimpa, Permainan dengan biji-bijian ini sangat sederhana tetapi mengajarkan tentang strategi, ada pula Telepon Kaleng yang kalau dicari pelajaranya bisa untuk menjelaskan teori perambatan suara di pelajaran IPA dan Fisika atau tentang pemanfaatan kaleng bekas.

Bagi sobat yang tertarik dan ingin menjadi anggota Komunitas Hompimpa Semarang, secara berkala mereka mengadakan open rekrutmen anggota baru, kepoin nih IG nya biar tidak ketinggalan.



Oh ya, katanya hari ini Komunitas Kampoeng Hompimpa Semarang ulang tahun, wah selamat ulang tahun ya, tetap semangat keren banget komunitasnya.

penulis: Nandar
editor: Mumun
foto: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »