Tingkatkan Minat Kewirausahaan, Tim KKN Undip Latih Ibu-ibu Karangbrai Membuat Nugget Ayam Sayur




Campusnesia.co.id -- Karangbrai, Minggu (27/1/2019), Mahasiswa TIM I KKN UNDIP Tahun 2019 Desa Karangbrai melaksanakan program Pelatihan Keterampilan Pembuatan Nugget Ayam Sayur. Sasaran program ini ditujukan kepada ibu-ibu di Sekolah Keaksaraan Fungsional yang merupakan sekolah yang bertujuan untuk memberikan pendidikan dan keterampilan kepada ibu-ibu di Desa Karangbrai yang mayoritas berpendidikan rendah. 



Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan memberdayakan masyarakat Desa Karangbrai khususnya ibu-ibu yang mayoritas merupakan ibu rumah tangga.

Proses pembuatan nugget ayam sayur disampaikan oleh Novita Kurniawati yang merupakan mahasiswi Departemen Peternakan UNDIP. Acara pelatihan bertempat di Balai Desa Karangbrai dengan dihadiri peserta sebanyak 30 orang. 

Pelatihan dimulai dengan penjelasan mengenai latar belakang pembuatan nugget ayam sayur yang dilakukan dengan diskusi aktif dengan para peserta, dilanjutkan dengan pengenalan alat dan bahan-bahan yang diperlukan untuk pembuatan nugget ayam sayur.



Ibu-ibu sangat antusias dalam pembuatan nugget ayam sayur, terbukti dengan terlibatnya 2 orang peserta secara langsung dalam proses demo masak. Nugget yang sudah dimasak kemudian dibagikan kepada peserta untuk dicicipi langsung, kemudian terakhir dibagikan brosur yang berisi panduan pembuatan nugget ayam sayur kepada para peserta. 

Diharapkan pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan dan minat ibu-ibu Sekolah Keaksaraan Fugsional untuk berwirasuha, sehingga nantinya dapat menambah pemasukan ekonomi masyarakat Desa Karangbrai melalui UMKM atau industri rumahan yang dibentuk berdasarkan pelatihan tersebut.

penulis: Ika Shintya
editor: Nandar
foto: Dokumentasi Tim KKN Karangbrai

Artikel Terkait

Previous
Next Post »