Mahasiswa KKN Undip Ciptakan Pupuk Cair Berbahan Air Leri (Cucian Beras)

12:08:00 PM



Campusnesia.co.id -- Gandrirojo, 9 Februari 2019. Air Leri atau air bekas cuci beras yang biasanya hanya dibuang ternyata dapat dimanfaatkan menjadi pupuk cair. Mahasiswa jurusan Teknik Kimia Undip yang tergabung dalam TIM KKN mengadakan pelatihan dan sosialisasi kepada siswa Madrasah Aliyah (MA) yang mengambil ekstrakurikuler pertanian yaitu pemanfaatkan air leri sebagai pupuk cair yang nantinya dapat digunakan untuk tumbuhan. 



Kegiatan pelatihan dimulai dengan penyampaian materi kandungan dari bahan-bahan yang digunakan dan dilanjutkan dengan uji coba pembuatan pupuk cair dari air leri. Proses pembuatannya yaitu air leri ditambah gula merah dan bakteri EM4 dan nanti didiamkan selama 1 minggu. 

Para siswa begitu antusias mendengarkan penjelasan dan juga aktif mencoba pembuatan pupuk cair tersebut. Kegiatan ini dilakukan dengan harapan para siswa mengetahui manfaat air leri yang biasanya dibuang ternyata bisa dimanfaatkan menjadi pupuk cair yang dapat bermanfaat bagi tanaman. Dan juga melatih kemandirian para warga dalam memanfaatkan dan menggunakan limbah rumah tangga.

penulis: Annisa Fadillah
editor: Nandar
foto: Dokumentasi TIM KKN Desa Gandrirojo, Sedan Rembang


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »