Keripik Ares dan Bonggol Pisang, Cemilan Unik dari Desa Karangbrai




Campusnesia.co.id -- Pemalang, Selasa (29/01/2019), mahasiswa KKN Tim 1 Undip 2019 mengadakan pelatihan pengolahan keripik ares dan bonggol pisang di Desa Karangbrai, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang. Program ini merupakan salah satu program monodisiplin dari Fatimatuz Zahra mahasiswa program studi Teknologi Pangan Undip. 



Pohon pisang merupakan tumbuhan yang mudah tumbuh di mana saja terlebih di lingkungan pertanian. Pohon ini memiliki limbah berupa ares dan bonggol yang tidak dimanfaatkan dengan baik. Pohon pisang juga banyak tumbuh di Desa Karangbrai, akan tetapi pemanfaatannya masih sangat kurang. Pemanfaatan limbah pohon pisang menjadi produk yang menguntungkan di Desa Karangbrai merupakan salah satu upaya untuk mendorong masyarakat Desa Karangbrai khususnya ibu-ibu agar lebih produktif sekaligus memanfaatkan peluang yang ada.



Pelatihan ini dihadiri oleh 15 orang ibu rumah tangga dan disambut dengan penuh antusias. Mahasiswa Tim kkn undip desa Karangbrai mempraktikan secara langsung cara pembuatan keripik ares dan boggol pisang dari bahan mentah hingga pengemasanya. Ibu-ibu desa Karangbrai yang menghadiri program ini terlihat tertarik untuk mengembangkan produk yang dihasilkan, melihat potensi yang ada, murahnya bahan baku, dan produk yang dihasilkan. Hal ini terlihat dari partisipasi mereka dalam bertanya dan mengikuti jalannya pelatihan.

Program pemberdayaan di Desa Karangbrai melalui pelatihan pembuatan keripik ares dan bonggol pisang ini diharapkan dapat meningkatkan minat serta produktivitas ibu-ibu untuk memproduksi produk yang menguntungkan. Program ini juga diharapkan mampu menjadi perintis berkembangnya UMKM di Desa Karngbrai. Sehingga kondisi perekonomian Desa Karangbrai bisa meningkat.

penulis: Ika Shintya
editor: Nandar
foto: Dokumentasi Tim KKN Karangbrai

Artikel Terkait

Previous
Next Post »