Ide dan Peluang Bisnis Eco Lifestyle

11:41:00 AM



Campusnesia.co.id -- Semakin berkembangnya negara kita, semakin meningkatkatnya pendidikan masyarakat kita linier dengan kepedulian masyarakat pada lingkungan dan kesehatan. Muncul sebuah gaya hidup baru bernama Eco Lifestyle yang secara harfiah berarti lebih alami dan ramah lingkungan.



Sosial media, internet dan kemudahan mengakses informasi membuat tren ini jadi trending dan viral banyak yang berusaha menerapkannya.

Sebagaimana artikel-artikel sebelumnya yang bertema wirausaha, ide dan peluang bisnis, mari coba kita gali peluang bisnis apa yang bisa dipetik dari perkembangan gaya hidup Eco Lifestyle ini.

1. Jualan Sedotan atau Straw Bambu dan Steinless

Gerakan untuk mengurangi dan menghentikan penggunaan sedotan plastik sedang ramai, bukan hanya masalah kesehatan tetapi isu lingkunngan dan keseimbangan alam juga jadi perhatian. Bertebaran informasi dampak sampah sedotan bagi lingkungan terutama hewan laut. Lalu muncul solusi sedotan yang bisa digunakan berulang kali; steinless bahan yang sama digunakan untuk sendok dan garpu atau bahan yang ramah lingkungan yaitu bambu. Jualan produk ini laris manis lho.

2. Alat Makan Bambu dan Kayu

Sedotan adalah langkah awal, untuk jangka panjang orang akan tertarik menggunakan piring dari kayu dan lidi, sendok, pisau dan garpu berbahan kayu serta cangkir dan gelas dengan bahan kayu atau bambu. Coba buat atau kerjasama dengan pengrajin pasti laris.




3. Totebag

Selain sedotan, kantong plastik atau kresek juga jadi masalah serius dalam pencemaran lingkungan. Cara terbaik adalah mengurangi penggunaanya. Bisa kita mulai dengan membawa kantong belanja atau tas jinjing yang bisa digunakan berulang kali. Nama kerenya Totebag, biasanya terbuat dari bahan kain atau belakangan juga banyak yang berbahan karung goni. Mau coba jualan? biar ada perbedaan dengan penjualan yang lain, cobalah dengan menerima desain custome baik model maupun sablon dan tulisanya. Makin personal makin menarik.


4. Botol Minum

Salah satu cawapres pilpres 2019 sering terlihat membawa botol minum sendiri diberbagai kesempatan. Ini contoh movement dala penerapan eco lifestyle juga. Kurangi penggunaan botol plastik sekali pakai dengan membawa sendiri botol minum kita. Jika habis cukup isi ulang atau refill bahkan belakangan ada aplikasi yang bisa menunjukka tempat refill air minum terdekat dari lokasi kita. Atau untuk pecinta kopi bisa membawa thermos keil sendiri. jualan botol minum dan thermos cukup menjanjikan. 


5. Plastik Ramah Lingkungan

Jika secara personal kita bisa berkontribusi untuk mengurangi penggunaan kresek plastik dengan membawa totebag, jika pembaca adalah penjual atau punya usaha bisa mencoba beralih ke kresek dengan bahan yang bisa didaur ulang. Sudah ada dipasaran kresek yang berbahan dasar Sinkong atau Ketela. Jualan plastik ramah lingkungan? why Not?.


6. Produk Pangan Organik

Bagaimanapun yang namanya organik pasti lebih sehat dari pada yang terpapar oleh berbagai zat kimia. Mungkin dalam jangka pendek tidak terasa, tapi jika sudah terakumulasi bisa menyebabkan efek samping bagi kesehatan. Pola hidup sehat dan eco friendly bisa juga dengan mulai mengkonsumsi makanan organik, dari beras, buah, sayur dan protein hewani. Memang butuh sedikit effort umumnya komoditas organik lebih mahal dari sisi harga. Untuk mensiasati harga, pembaca bisa mulai bercocok tanam sendiri disekitar rumah memnafaatkan lahan sempit urban farming.

Itu dia tadi sobat campusnesi, 6 Ide dan Peluang Bisnis Eco Lifestyle yang bisa sobat coba, atau sudah mudah jualan? share di kolom komentar ya.

penulis: Nandar
editor: Mumun
foto: Tripadvisor.com

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »