Forum Indonesia Muda Regional Semarang Adakan Seminar Inspiratif OYETalk!

11:55:00 PM



Campusnesia.co.id -- Semarang, 24 Januari 2019 Forum Indonesia Muda regional Semarang atau FIM Oye mengadakan seminar Kepemudaan OYETalk! dengan Tema kegiatan “Peningkatan Kapasitas Pemuda untuk Mengembangkan Daerah”. Seminar yang diadakan pada hari kamis, 24 Januari 2018 bertempat di ruang Teatrikal, Gedung B, Fakultas Kedokteran UNDIP ini mengundang pembicara Enes Kusuma, Ketua Yayasan School of Life Lebah Putih dan Hendra Wiguna, Pendiri Komunitas Asa Edu Semarang. 



Seminar ini digelar agar para pemuda di Semarang dapat memicu kembali semangat untuk berkontribusi bagi Semarang dan Indonesia dimulai dari lingkungan terkecil, terdekat dan dimulai dari sekarang.  



Enes Kusuma selaku pembicara seminar menyampaikan beberapa tips bagi para pemuda yang akan mendirikan komunitas, beberapa tips tersebut adalah: 1) Mulai dengan niat, 2) Berani menjalankan walaupun sendiri, 3) Tentukan kultur kepemimpinan, dan 4) Evaluasi. 

Hendra Wiguna selaku pembicara juga menyampaikan betapa penting membangun sebuah jaringan yang kuat. “Jika kita ingin komunitas yang sedang kita perjuangkan lebih cepat berkembang, kita harus bisa berjejaring dengan luas. Caranya ya dengan pandai dalam mengambil momentum, maksimalkan media organisasi yang dimiliki, rajin menulis dan memperbanyak kenalan dengan komunitas lain yang ada disekiar kita” ucap pemuda yang juga aktif di Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI). 



Beliau juga berpesan kepada para pemuda di Semarang agar rajin untuk mengikuti kegiatan komunitas karena itu gratis, beliau juga mengajak para pemuda untuk membangun Indonesia dari pesisir karena jalan maritim adalah jalan menuju Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera.



Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dari peserta dan penyampaian pesan dari pembicara kepada peserta yang hadir. Harapannya dengan adanya kegiatan ini dapat membawa dampak yang positif bagi masyarakat di Semarang khususnya para pemuda yang aktif dalam komunitas dan memberikan semangat kebermanfaatan bersama dengan cakupan yang lebih luas lagi.

sumber: Release FIM Oye Semarang
foto: Fim Oye Semarang
editor: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »