Review Film First Man Kisah Astronot Neil Armstrong ke Bulan

8:10:00 PM



Campusnesia.co.id -- Sampai juga di akhir pekan lagi ya sobat campusnesia, seperti biasa kita posting yang ringan-ringan akhir pekan ini. Setelah sebelumnya kita review film berjudul My Annoying Brother, dikesempatan kali ini akan kami hadirkan review film yang juga bertema keluarga, sebuah film biopic tentang manusia yang pertama menginjakan kakinya di bulan yaitu First Man, berkisah tentang Neil Armstrong.

1. Judul
Sudah saya sebutkan di atas, judulnya adalah First Man, akan bertutur tentang perjuangan membawa manusia pertama ke bulan. Yang menarik bagi penulis, karena ini kisah nyata adalah, setting waktunya yaitu sekitar 1960, jika hari ini orang-orang bermimpi ke bulan dengan teknologi sekarang bukan hal yang mustahil, tapi bayangkan jika itu tahun 1960an. 

2. Aktor
Neil Armstrong diperankan oleh Ryan Gosling yang sukses dengan La La Land, Claire Foy sebagai Janet Shearon, istri pertama Armstrong dan deretan bintang lain yang membuat film ini layak ditonton seperti Kyle Chandler, Pablo Schreiber, Christopher Abbott, dan Corey Stoll. 

Dikursi sutradara ada Damien Chazelle yang sebelumnya juga mensutradari La La Land, dan diproduseri oleh Wyck Godfrey, Marty Bowen, Isaac Klausner dan Damien Chazelle. Naskah film ini ditulis oleh Josh Singer berdasarkan buku First Man: The Life of Neil A. Armstrong karya James R. Hansen.

3. Jalan Cerita
Jika sebelumnya kamu sudah menonton film-film bertema luar angkasa sperti Armageddon, interstellar, The Martian atau Gravity, jangan berharap akan menemukan pengalaman yang sama. Sekali lagi karena film ini adalah biopic yang berdasar kisah nyata.

Kabar baiknya, justru yang menarik menurut penulis adalah realistisnya penggambaran peristiwa bersejarah itu. Jauh sebelum akhirnya Neil Armstrong dan 2 rekanya berhasil menapakan kakinya di bulan, proses uji coba dan penelitian tentang ambisi ke luar angkasa sudah dilukan pemerintah amerika serikat dengan angkatan udara dan NASA nya berkali-kali.

Percobaan yang tak selalu berhasil itu digambarkan di film ini, bahkan sepanjang film setidaknya 9 orang rekan neil armstrong dikisahkan meninggal dalam percobaan-percobaan itu.

Belum lagi bumbu masalah pribadi dan keluarga Neil Amstrong stelah kematian anak perempuanya Karen akibat tumor yang selalu mengjhantuinya. Dilema istri dan anak-anaknya karena khawtair ayahnya tak akan kembali ke bumi lagi.

Efek visual dan soundnya tidak berlebihan, kadang sunyi dan dibarengi derit pesawat yang membuat penonton bisa merasakan dan membayangkan mendebarkannya misi ke bulan. Visual yang tidak berlebihan membuat film ini jadi semakin mudah dipahami,

4. Kesimpulan
Menurut penulis, film ini layak dinikmati di akhir pekan, walau kadang agak membosankan karena minimnya dialog tetapi tenang saja dibanding Gravity film First Man tak sesunyi itu. Selamat menonton.
penulis: Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »