6 Tips Menghasilkan Uang dari Blog

5:02:00 PM


Campusnesia.co.id -- Sebelum youtube populer dan semua orang ingin jadi youtuber, blog terlebih dahulu terkenal hingga banyak yang ingin menjadi blogger. 

Sama halnya dengan youtube, blog jadi ajang aktualisasi passion, kamu yang narsis di depan kamera cocok jadi youtuber dan kamu yang suka nulis cocok nih jadi blogger.

Selain aktualisasi passion, youtube dan blogger menjanjikan popularitas dan tentu saja pundi-pundi uang hingga sampai tahap full time youtuber atau blogger. Kerjanya ya nulis atau membuat video.

Untuk kamu generasi kekinian mungkin sudah tidak asing bagaimana para youtuber menghasilkan uang, misalnya dari endors produk sponsor dan iklan atau adsense.

Tapi bagaimana dengan blogger? Dari mana mereka bisa menghasilkan uang? artikel kali ini akan kita bahas pertanyaan itu, Yuk simak.

1. Advertorial
Membuat konten atau tulisan degan tujuan promosi suatu produk atau jasa. Untuk yang pemula biasanya hardselling. Tapi bagi blogger yang sudah mahir advertorial bisa dibungkus dalam bentuk review sehingga soft selling. Kalau di media online artikel atau berita yang bertujuan untuk promosi harus diberi keterangan advertorial agar pembaca tahu.

2. Space banner iklan
Blogger bisa menawarkan space atau ruang iklan dengan tarif tertentu. Dari sisi uang ini lebih pasti dan pembayaran berupa lama waktu.

3. Iklan adsense
Umumnya dari google adsense, tetapi karena tidak mudah diterima banyak juga blogger yang memasang iklan dari advertiser lain, misalnya adnow, kumpul blogger dll. Pembayaran berdasar klik dan jumlah pengunjung yang melihat iklan.

4. Buzzer (pendengung)
Lagi trend nih, instansi pemerintah dan agensi yang punya acara mengundang blogger. Tujuan pengalaman mengikuti acara ditulis di blog. Ada juga blogger yang menjadi buzzer suatu even, produk bahkan tokoh dengan harus ngetwit yang bahannya sudah diberikan oleh agensi. 

Penulis sendiri belum pernah melakukan ini (jadi buzzer) dan kadang tidak nyaman dengan teman-teman dengan bio blogger yang ngetwit berbayar berbagai produk yang beragam di time line.

5. Affiliate
Marketer online, kita memasang banner atau link yang akan menuju toko online tertentu, kita akan dibayar jika pengunjung web kita mengklik link tersebut dan melakukan transakai atau pembelian. 

Secara kemungkinan memang lebih kecil daripada adsense tetapi dari prosesntase bonus lebih besar jika pengunjung sampai tahap transaksi.

6. Jualan E-book
Apabila kamu adalah blogger dengan tema tertentu, misal internet marketer, bisnis dan lain-lain. Pengunjung bisa dijadikan peluang sebagai calon pembeli. 

Kamu bisa menulis e-book dengan tema tertentu, kamu tawarkan pada pengunjung blog dan yang tertarik bisa membelinya.

Nah sobat campusnesia, itu tadi dia 6 tips menghasilkan uang dari blogger yang bisa kamu coba. Untuk kamu yang suka nulis, jangan cuma nulis di instagram, facebook atau twitter saja, bikin blog. 

Penulis sendiri sudah pernah mencoba semua kecuali jadi buzzer. Hasilnya besar? Ha ha lain waktu kita share ditulisan berikutnya. Sampai jumpa.

Penulis: Nandar 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »