Tim KKN II Undip 2018 Gelar Sosialisasi Peduli Lingkungan Desa Legokgunung



Campusnesia.co.id -- Legokgunung – 7 Agustus 2018. TIM II KKN UNDIP 2018 Desa Legokgunung, Kecamatan Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan telah melaksanakan program sosialisasi dengan tema "Peduli Lingkungan Bersih Desanya Sehat Warganya". Diambilnya tema peduli lingkungan karena sampah yang masih menjadi persoalan utama bagi masyarakat Desa Legokgunung. Pengelolaan sampah yang dilakukan warga Desa Legokgunung cenderung seperti karakteristik kawasan pedesaan pada umumnya, yang mengelola sampah dengan mengubur, membakar dan membuangnya ke saluran air atau ke lahan kosong. Sehingga menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan.


Peduli Lingkungan merupakan suatu program yang dibuat oleh mahasiswa TIM II KKN UNDIP (Desa Legokgunung) untuk mendukung masyarakat dalam upaya menciptakan lingkungan bersih dari sampah dan mengelola limbah rumah tangga tersebut agar dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Seperti limbah organik sisa makanan dan dedaunan kering dapat dijadikan pupuk kompos tanaman. Selain itu limbah anorganik seperti bungkus plastik kopi dan detergen dapat dianyam dan disulap menjadi kerajinan tangan cantik seperti tas, dompet, dan tempat pensil.


Program sosialisasi yang diadakan pada hari Selasa (7/8) pukul 15.00 WIB, bertempat di Balai Desa Legokgunung. Para peserta yang terdiri dari 30 ibu-ibu PKK tersebut mengikuti sosialisasi dengan antusias dan semangat. Ibu Khoyimah selaku ketua PKK Desa Legokgunung mengaku bahwa belum terdapat pengelolaan sampah secara terpadu di desa tersebut, sehingga dengan adanya sosialisasi mengenai sampah ini dapat menjadi solusi alternatif untuk mengurangi adanya sampah, menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih tanpa melakukan pembakaran maupun membuang sampah sembarangan.


Pada akhir acara, ditutup dengan pemberian 10 buah tong sampah secara simbolis kepada Kepala Desa Lagokgunung, dan akan diletakkan pada titik-titik tertentu Desa Legokgunung. Kedepannya diharapan dapat memberikan edukasi tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya kepada anak-anak maupun masyarakat Desa Legokgunung.

Sumber: Release TIM II KKN UNDIP 2018 Desa Legokgunung
Editor: Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »