TIM II KKN UNDIP Bersama Perangkat Desa Meningkatkan Pelayanan 3S Dalam Semangat Kemerdekaan



Campusnesia.co.id -- Temanggung, 12 Agustus 2018. Untuk mendekatkan diri ke masyarakat dan dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73, perangkat Desa Tegalroso mengadakan senam bersama dan jalan santai. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Desa Tegalroso  dan seluruh jajarannya di pemerintahan desa, serta diramaikan oleh seluruh warga Desa Tegalroso dari berbagai kalangan.  Pada kesempatan ini TIM II KKN UNDIP yang bertugas di Desa Tegalroso, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung juga ikut meramaikan acara yang berlangsung dari pukul 07.30 sampai 10.30. Dalam acara ini juga dimeriahkan oleh pembagian puluhan doorprize dengan hadiah utama yaitu satu buah angkong dan penampilan orgen tunggal.  Moment kemerdekaan sendiri dimanfaatkan oleh perangkat desa untuk lebih dekat ke masyarakat dan menjadi ajang silaturrahmi antar warga desa dari tiga dusun yaitu dusun Padureso, Tegalwatu dan Karangbendo. 

    Melalui kegiatan ini diharapkan dapat terciptanya hubungan kekeluargaan yang lebih erat antara warga desa dengan perangkat yang merupakan salah satu tujuan dari program 3S (Senyum, Salam, Sapa). Program 3S sendiri merupakan salah satu  program gerakan Indonesia melayani sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang diberikan kepada TIM II KKN UNDIP yang bertugas di Desa Tegalroso sebagai program multidisiplin. Tugas program multidisiplin revolusi mental lainnya yaitu: Pendampingan pemanfaatan dana desa, pendampingan sistem informasi desa, pendampingan pembuatan akta kelahiran dan pembuatan video dokumentasi kegiatan. 

    Menurut Kepala Desa Tegalroso ibu Gayatri Palupi, “pelayanan administrasi di kantor desa sendiri sudah mengutamakan keramahan, kenyamanan dan pelayanan yang maksimal bagi semua warga desa yang membutuhkan bantuan dari perangkat desa. Warga desa sendiri juga sudah tidak ada yang takut dan sungkan lagi untuk datang ke kantor desa, mulai dari untuk mengurus administrasi kependudukan sampai dengan menyelesaikan masalah hutang – piutang dan pembagian harta warisan, alhamdulillah semua keperluan dan masalah yang ada di warga desa bisa teratasi bersama – sama dengan perangkat dan warga desa”.

    Kedekatan perangkat desa dengan masyarakat merupakan salah satu nilai dari program 3S (Senyum, Salam, Sapa) sangat dibutuhkan untuk membantu menumbuhkan rasa kekeluargaan, kenyaman dan kepercayaan masyarakat kepada perangkat desa, sehingga memudahkan perangkat desa ketika membantu pelayanan administrasi yang biasa dibutuhkan oleh masyarakat seperti mengurus akta kelahiran dan kematian, pembuatan E-KTP, pembuatan SKCK, BPJS kesehatan, pendataan keluarga miskin dan pelayanan administrasi lainnya, serta memudahkan perangkat desa bersama dengan masyarakat untuk membangun Desa Tegalroso menjadi lebih baik. 

Sumber: Rilis TIM II KKN UNDIP Desa Tegalroso, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung.
Editor: Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »