Tim II KKN Undip 2018 Bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Rembang Gelar Sosialisasi Asuransi Nelayan



Campusnesia.co.id -- Rembang - Desa Karangmangu yang terletak di Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang memiliki potensi sumber daya alam berupa laut yang sangat melimpah. Hal ini menjadikan hampir 90% warganya bekerja sebagai nelayan. Rata-rata usia nelayan desa Karangmangu berkisar pada 40-55 tahun yang memiliki kondisi finansial serta wawasan tentang dunia nelayan yang tak sama. Banyak diantaranya hanya menjadi nelayan kapal kecil yang  minim pengetahuan, salah satunya tentang asuransi bagi nelayan. Hal tersebut menjadi alasan yang melatarbelakangi diadakannya sosialisasi mengenai Perlindungan dan Pemberdyaan Nelayan yang diadakan oleh mahasiswa yang tergabung dalam Tim II KKN Undip Tahun 2018 dengan bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Rembang. Kegiatan sosialisasi tersebut diadakan pada hari Senin (30/7) yang bertempat di Aula Balai Desa Karangmangu.



    Pemateri dalam kegiatan sosialisasi tersebut disampaikan langsung oleh Bapak Sunyoto selaku perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Rembang. Dalam kegiatan tersebut disampaikan mengenai perlindungan dan pemberdayaan nelayan, gambaran realisasi terbit kartu asuransi nelayan serta tata cara dalam mengurus kartu asuransi nelayan. Desa karangmangu sendiri termasuk desa yang menjadi lokasi target distribusi kartu asuransi nelayan. Di kabupaten Rembang terdapat beberapa kecamatan yang menjadi daerah penerima kartu asuransi nelayan ini, diantaranya yaitu Rembang, Lasem, Sluke, Kragan, serta Sarang. Sedangkan Kecamatan Sarang membawahi 7 (tujuh) desa yaitu Bajingmeduro, Temperak, Kalipang, Sendangmulyo, Sarangmeduro, Bajingjowo serta Karangmangu. Pada tahun 2016 di kecamatan Sarang tercatat ada 278 nelayan yang mendapatkan kartu asuransi nelayan  sedangkan pada tahun 2017 mengalami pengurangan kuota menjadi 14 nelayan.

    Adanya beberapa kecelakaan laut pada akhir-akhir ini yang tidak mendapat jaminan perlindungan dari pemerintah menjadikan minat nelayan untuk mengurus kartu asuransi nelayan ini mengalami kenaikan. Niat tersebut disambut baik oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Rembang untuk membantu masyarakat desa Karangmangu untuk mengurus kartu asuransi tersebut.

Sumber: Rilis Tim II KKN Undip Desa Karangmangu Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang
Editor: Nandar


Artikel Terkait

Previous
Next Post »