Sinergitas Indonesia Hadiri CSO Manage Forum

6:11:00 PM


Campusnesia.co.id -- Malang - Sinergitas Indonesia menghadiri acara Civil Society Organization (CSO) Manage Forum, 16-20 Juli 2018, di Hotel Kartika Wijaya, Malang. Acara ini dihadiri oleh tujuh lembaga sosial yang berasal dari Jakarta, Bogor, Jogjakarta dan Malang.

CSO Manage Forum adalah kegiatan pembelajaran bagi para praktisi sosial yang bergerak di bidang pendidikan dan capacity building. Pelaksanaan kegiatan ini dibagi dalam beberapa tahap, yaitu rekrutmen, seleksi,  pelatihan,  presentrasi program dan pendampingan. 

Pada acara kali ini,  menghadirkan konsultan CSO yang berasal dari Malaysia, yaitu Mr. Prakas, Mr. Shudeep dan Mrs. Shubee. Para peserta dibekali pengetahuan tentang bagaimana cara mencapai tujuan organisasi, melalui serangkaian proses yang terencana dengan detil. Beberapa materi yang disampikan adalah SWOT, Goal, Mission, Purpose, Objective S.M.A.R.T, Strategyc Activities, Result, Outcome dan Action Plan. Dengan adanya acara ini, peserta diharapkan mampu mencapai tujuan organisasi yang akan dicapai melalui perencanaan yang detil dan matang, dan proses aktivitas yang menunjang tercapainya tujuan organisasi. 



Acara diselenggarakan oleh NAMA Foundation bekerja sama dengan NICE Indonesia. CEO NAMA Foundation, Dr Saleh Bazead dalam sambutannya melalui tele converence mengatakan, acara ini diharapkan mampu menciptakan organisasi kemanusian yang profesional.  Melalui serangkaian pebelajaran dan pendampingan, Saleh berharap organisasi kelak dapat menjalankan organisasinya sesuai dengan standar internasional. “Bila organisasi berjalan secara professional, maka akan mempu bekerja lebih produktif dan menghadirkan solusi bagi permasalahan-permasalahan sosial di suatu negara.

NAMA Foundation adalah lembaga kemanusiaan berstandar internasional yang berpusat di Malaysia, yang didirikan pada tahun 2004. Lembaga ini berkonsetrasi pada pengembangan sektor pendidikan dan pengembangan kapasitas organisasi.

NAMA Foundation telah menelurkan beberapa kegiatan sosial di Indonesia. Di antaranya, peningkatan kapasitas di bidang pendidikan, peningkatan kapasitas building bagi para konsultan sosial kemasyarakatan, peningkatan kapasitas pemimpin muda, dan sebagainya. Selain di Indonesia, NAMA Fundation juga melakukan pengembangan kapasitas pendidikan dan organisasi di beberapa negara lain, di antaranya diantaranya Malaysia, Indonesia, Palestina, Kyrgyzstan, Tanzania dan Lebanon.

Penulis: Ben Adine
Foto: Ben Adine

Artikel Terkait

Previous
Next Post »