Kaos Ciprat, Hasil Kolaborasi Siswa SMA N 5 Semarang dengan SLB

10:01:00 AM


Campusnesia.co.id -- Usia bukan batasan untuk memulai sebuah usaha, kita tahu kolonel sanders founder kfc memulai bisnisnya diusia yang sudah sepuh. Kali ini redaksi akan hadirkan liputan menarik tentang tema kewirausahaan. Berbanding terbalik dengan kolonel sanders 14 Siswa SMA Negeri 5 Semarang justru memulai bisnis mereka di susia yang masih belia. 

Tergabung dalam Macan Pemuda Student Company, bisnis mereka menghadirkan kaos yang tidak biasa. Diberinama Penta-C plesetan dari kata Fantasi dan huruf C yang kependekan dari Ciprat. Konsep produknya adalah kaos oblong dengan motif cipratan aneka warna tak beraturan. Justru karena tak beraturan itu semakin membuat lebih bernilai seni.

Perusahaan yang mereka dirikan sejak 17 januari 2018 lalu ini bukan sekedar menjual kaos bermotif, Ken divisi marketing saat ditemui penulis di CFD simpang lima semarang menjelaskan, bahwa produk mereka adalah buah karya siswa dan siswi SLB Negeri Semarang. Tujuan mereka selain bisnis juga ingin menepis anggapan negatif sebagian masyarakat tentang siswa SLB. 

Justru meneurut mereka, siswa-siswa SLB memiliki potensi bakat seni yang bisa jadi lebih baik dari pada orang kebanyakan. Melalui kaos Ciprat mereka ingin membuktikan itu serta memberdayakan agar leboh produktif. Inspiratif ya.

Harga satu produk kisaran 75.000 hingga 80.000 dengan bahan kain katun combed dan cat yang digunakan adalah jenis akrilik dengan tujuan selain bagus hasilnya juga awet tidak mudah luntur.



Mereka mempromosikan produk mereka melalui sosial media dan, bazar, CFD dan komunitas-komunitas.

Sementara Salma, divisi produksi ketika ditanya apa tantangan yang mereka hadapi menjelaskan diantaranya adalah pembagian waktu mereka. Antara mengurus usaha dan sekolah, Komunikasi juga bukan hal mudah, karena notabene produk mereka bukan kaos yang bisa diproduksi masal di konveksi tetapi buah karya seni siswa-siswi SLB.

Tapi tantangan itu tak menyurutkan semangat mereka. Wah inspiratif sekali ya sobat campusnesia. Untuk kamu yang mau beli produknya langsung cek Instagram mereka di @Macanpemudasc . Oh ya mereka juga sedang ikut kompetisi bisnis Student Company yang gelar oleh Yayasan Prestasi Junior Indonesia dan Citi Foundation.

Semoga bermanfaat, sampai jumpa dan salam prestatif.

penulis: Nandar
foto: Salman 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »