Mahasiswi Keperawatan Undip Bentuk 40 Kader Kesehatan di Sekolah Dasar

6:58:00 PM

Campusnesia.co.id -- 5 mahasiswi jurusan keperawatan Fakultas Kedokteran Undip mengadakan pengabdian berupa pemeriksaan kesehatan oleh siswa di SD Negeri Pudakpayung 02, Jalan Payung Asri, RT 02 RW 01, Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kab. Semarang, Sabtu (13/5).

Hanifah Dian Anugraheni (Keperawatan 2014) selaku ketua tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M) mengatakan jika pengabdian yang dilakukan merupakan hal yang baru dalam dunia pengabdian. “Bagaimana tidak? Selama ini telah kita ketahui bersama kalau pemeriksaan yang biasanya dilakukan oleh tenaga kesehatan di rumah sakit, tapi hal tersebut kini bisa di lakukan oleh siswa sekolah dasar”, ungkapnya. KAMUS SADAR SEHAT singkatan dari Kader Mungil Sekolah Dasar Sehat bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan siswa. 



Kader mungil sejumlah 40 anak yang terdiri dari siswa kelas 3 dan 4 telah diberikan pelatihan sebanyak 4x setiap hari Sabtu dengan materi pelatihan meliputi kesehatan tangan, gigi, telinga dan mata. pembelajaran yang berlangsung menggunakan metode fun learning, pemberian motivasi, dan demonstrasi. Alat bantu (media) yang digunakan meliputi modul dalam bentuk komik, slide power point tiap materi, dan alat peraga untuk membuat kader mudah dalam memahami pelajaran Setelah pelatihan, kader mungil melaksanakna pemeriksaan kepada siswa yang ada di SD Negeri Pudakpayung 02. Pemeriksaan rutin yang dilaksanakan oleh kader mungil pada tanggal 29 April 2017  kelas 1a, 1b, 2b; 6 Mei 2017 kelas 2a, 3a, 3b; 13 Mei 2017 kelas 6 dan 23 Mei 2017 kelas 4, 5. 



Gabby (9), salah satu kader mungil mengaku senang dengan kegiatan yang diadakan oleh kakak-kakak dari Keperawatan Undip.“ Kak sekarang aku bisa meriksa teman – teman ku dan bisa menjelaskan cara cuci tangan yang benar.”



sumber: Pers Rilis Tim PKM-M Kamus Sadar Sehat
foto      : Dokumentasi pribadi Tim PKM-M  Kamus Sadar Sehat

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor