Viral!!! Mahasiswa Tim 1 KKN Undip 2024 melakukan Revitalisasi Wisata Pleret: Sebagai Upaya Pengembangan Potensi Wisata Lokal Desa Jatingarang

 
      Penyerahan doorprize kepada para pemenang 
di Wisata Grojogan Pleret

Campusnesia.co.id - Desa Jatingarang, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo (28/01/2024) – Desa Jatingarang merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Weru. Desa ini juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Gunung Kidul di sebelah selatan dan Kabupaten Wonogiri di sebelah timur. Desa Jatingarang memiliki potensi wisata yang cukup menarik yaitu Grojogan Pleret. Grojogan Pleret ini berada di kawasan Wisata Pleret yang didalamnya terdapat beberapa atraksi wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Atraksi tersebut diantaranya adalah kolam renang, taman, bendungan, serta grojogan (air terjun).

Mahasiswa KKN Tim I Undip melihat adanya potensi wisata tersebut. Setelah dilakukan survey lokasi dan wawancara kepada pengelola serta pemerintah desa. Diketahui ternyata kawasan wisata tersebut telah dibuka sejak tahun 2019, namun setelah adanya Covid-19 wisatawan yang berkunjung menurun dan beberapa titik lokasi di kawasan tersebut rusak. Kemudian hal itulah yang mendasari para mahasiswa KKN Undip di Desa Jatingarang tergerak untuk memperbaiki dan merevitalisasi kawasan wisata pleret tersebut khususnya di bagian tamannya. 

“Kami berencana untuk memperbaiki kawasan wisata pleret ini, khususnya pada taman karena tim KKN Undip periode sebelumnya sudah melakukan perbaikan pada bagian kolam renang, sehingga kami akan melanjutkan pada bagian taman!”, ungkap Yasmin selaku Mahasiswa Tim 1 KKN Undip. 

Proses revitalisasi ini dilakukan hanya dalam waktu seminggu. Dimulai dengan melakukan survey dan menentukan apa saja yang akan dilakukan serta penentuan titik-titik mana saja yang akan diberikan sentuhan perbaikan. Kemudian pada hari kedua hingga keenam dilakukan perbaikan. Perbaikan yang dilakukan berupa:

1. Perbaikan pagar taman

2. Pengecatan tembok dan pagar

3. Pemberian nama-nama tumbuhan

4. Pembuatan Photoboth

5. Membersihkan dan Merapikan taman agar terlihat lebih ASRI




Penyerahan output berupa photobooth untuk Wisata Grojogan Pleret 
kepada Pak Sagiman, selaku penjaga tempat wisata

“Sebagai penjaga tempat wisata, saya ucapkan terima kasih banyak kepada adik-adik KKN Tim 1 Undip di Desa Jatingarang karena sudah meningkatkan kelestarian Wisata Grojogan Pleret sebagai destinasi utama di Desa Jatingarang” ungkap pak Sagiman, selaku penjaga tempat Wisara Grojogan Pleret. 

Kemudian puncaknya pada hari Minggu (28/01/2024), sebagai acara puncak dan untuk mengenalkan kembali kawasan wisata pleret kepada masyarakat sekitar maka diadakan kegiatan senam yang mengundang Ibu-Ibu PKK seluruh Desa Jatingarang untuk berpartisipasi. Terdapat kegiatan pembagian doorprize kepada para peserta senam. 

“Alhamdulillah, saya sebagai kordes KKN Tim 1 Undip di Desa Jatingarang merasa bahagia karena partisipasi ibu-ibu sekalian pada pagi hari ini, Semoga kegiatan senam ini dapat dilakukan secara rutin, dan dilakukan di kawasan Wisata Pleret ini. Sehingga, kawasan wisata ini dapat terus berkembang dan berkelanjutan keberadaannya. Sekali lagi terima kasih saya ucapkan kepada teman-teman KKN Undip atas jerih payahnya dalam proses revitalisasi taman Pleret selama seminggu ini, serta ibu-ibu peserta senam yang telah hadir pada kegiatan senam pada pagi hari ini.” ungkap Yovi saat sambutan sebelum kegiatan senam dimulai. 

    Kegiatan Senam Bersama di Wisata Grojogan Pleret 
dengan para pengunjung 
Proker pengembangan dan revitalisasi Kawasan Wisata Pleret ini bertujuan untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di Desa Jatingarang. Serta kegiatan ini melanjutkan proker Tim II KKN Undip 2023 sebelumnya. Serta semoga besar harapannya agar proker ini dapat dilanjutkan kembali oleh Tim II KKN Undip 2024 pada periode selanjutnya.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon