Pengenalan “Sensory Play” Kepada Balita dan Orang Tua Balita oleh Mahasiswa KKN UNDIP

 
Pengenalan Sensory Play kepada Balita dan Orangtuanya  

Campusnesia.co.idTanjungrejo, (29/01/2024) – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM 1 Universitas Diponegoro (UNDIP) 2023/2024 yang berada di Desa Tanjungrejo melakukan pengenalan mengenai Sensory Play kepada balita dan orangtuanya. Pengenalan ini bertujuan untuk mencegah gagal tubuh dan kembang anak akibat stunting. Stunting merupakan kondisi dimana anak memiliki tinggi badan yang kurang apabila dibandingkan dengan anak-anak seusianya yang lain. Faktor penyebab stunting diantaranya pola asuh, Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), riwayat infeksi balita, riwayat penyakit semasa kehamilan dan genetik.

Kegiatan ini diawali dengan identifikasi potensi persebaran balita yang berisiko terkena stunting dengan cara pembuatan peta potensi stunting. Setelah mengetahui potensinya, kami melakukan edukasi terkait pentingnya sensorik baik dari dampak dan manfaatnya dalam tumbuh kembang balita. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan “sensory play”. Kegiatan pengenalan ini dilaksanakan di Kelompok Bermain (KB) Harapan Bunda yang berlokasi di Dukuh Jatinganten, Desa Tanjungrejo.
 
Peyerahan Sensory Board kepada Pihak KB Harapan Bunda

Sensory Play ini dapat dibuat dengan mudah menggunakan berbagai macam bahan, baik bahan yang edible hingga dapat memanfaatkan sisa hasil peternakan seperti bulu dan hasil pertanian. Salah satu contoh sensory play yang kami buat yaitu sensory board dan bermain dengan makanan. 

Sensory board ini memanfaatkan bahan-bahan yang bertekstur halus-kasar dan memainkan warna serta bentuk. Sedangkan untuk bermain dengan makanan, kami menggunakan biskuit yang diremahkan, agar-agar, serta mie yang diberi warna dengan memanfaatkan hasil pertanian. Kami juga memberikan beberapa ide permainan lainnya yang dapat dibuat di rumah dengan memanfaatkan barang dan bahan yang mudah ditemukan serta menjelaskan manfaat dari permainan sensorik ini untuk tumbuh kembang anak. 




Penulis :
1. Andri Akbar Damareksa – FEB
2. M. Cahye Mayendra – FH
3. Aisha Farah Azizah – FK
4. Annisa Maulita Tri Utami – FPP
5. Resti Wulandari - FT

Dosen Pembimbing Lapangan:
1. Dr. Dra. Nurhayati, M.Si
2. Ir. Daud Samsudewa, S.Pt., M.Si., Ph.D.
3. Asep Muhammad Samsudin, S.T., M.T


Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon