Tingkatkan Minat Eksplorasi di Internet, Mahasiswa KKN UNDIP Beri QR Code pada Papan Nama Tumbuhan

Risang, mahasiswa Informatika Universitas Diponegoro, 
memasang papan anam tumbuhan ketapang kencana di lingkungan SMP N 1 Bayat. 
Sumber: Dokumen Pribadi


Campusnesia.co.id - Banyuripan (31/1) -Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro dari Tim 1 periode 2023/2024 tidak hanya datang ke Desa Banyuripan untuk memberikan kontribusi fisik, tetapi juga untuk merangsang minat literasi digital di kalangan siswa-siswi SMP Negeri 1 Bayat. Salah satu langkah konkrit yang diambil adalah memasang papan nama pada beberapa tumbuhan di lingkungan sekolah, yang tidak hanya mencantumkan nama umum dan nama latin tumbuhan, tetapi juga menyertakan QR Code yang mengarah ke mesin pencari Google.

Setelah dilakukan pemantauan, mahasiswa KKN menyadari bahwa minat literasi dan eksplorasi di kalangan siswa masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, keputusan untuk menambahkan QR Code pada papan nama tumbuhan bukan semata-mata bertujuan untuk memberikan informasi namun juga sebagai langkah konkrit dalam mendorong penggunaan internet sebagai sumber pembelajaran.

Papan nama tersebut tidak hanya menyajikan nama umum dan nama latin dari tumbuhan, tetapi juga memberikan akses langsung ke mesin pencari Google melalui QR Code yang tersemat. Dengan mudahnya mengakses informasi tersebut, diharapkan siswa-siswi SMP Negeri 1 Bayat dapat merangsang rasa ingin tahu mereka terhadap dunia flora sekitar.

"Kami harap siswa juga bisa menggunakan teknologi untuk pengetahuan, di samping komunikasi sosial dan bermain", tutur Supadi, Wakil Kepala bidang Kesiswaan SMP Negeri 1 Bayat.

Langkah progresif Tim 1 KKN Universitas Diponegoro ini menciptakan hubungan simbiosis mutualisme antara mahasiswa dan masyarakat setempat. Mahasiswa tidak hanya memberikan kontribusi nyata pada pendidikan, tetapi juga membantu memperkuat hubungan antara dunia akademis dan dunia nyata. Melalui inovasi ini, kehadiran mahasiswa KKN bukan hanya menjadi sebuah kegiatan rutin, melainkan sebuah perubahan positif yang membawa manfaat nyata bagi masyarakat Desa Banyuripan.




Penulis: 
Risang Baskoro

Editor:A
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon