Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana Gempa Bumi di Desa Kebonagung, Kecamatan Selopampang, Kabupaten Temanggung oleh Mahasiswa KKN Tim 1 Undip 2024

 


Campusnesia.co.id - Kebonagung, Kab. Temanggung (21/01/2024) - Berdasarkan letak geografis, wilayah kepulauan Indonesia terletak di tempat pertemuan tiga lempeng besar dunia, yaitu lempeng India-Australia (bagian selatan), lempeng Eurasia (bagian barat dan utara) dan lempeng Pasifik (bagian timur). Oleh karena itu maka wilayah Indonesia merupakan wilayah yang paling sering terjadi gempa bumi.

Kabupaten Temanggung terletak diantara gunung-gunung yang diantaranya masih aktif. Hal ini menyebabkan Kabupaten Temanggung memiliki potensi bencana gempa bumi vulkanik. Gempa di Temanggung pernah terjadi pada 20 Oktober 2022. Gempa bumi tersebut tejadi pada  pagi hari sebanyak dua kali  dan satu kali di sore hari. Kekuatan gempa sangat kecil yaitu di rata-rata 2,5 skala Richter. Meskipun sangat kecil dan tidak adanya laporan korban, namun pemerintah menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siap siaga jika sewaktu-waktu terjadi gempa kembali.

Dari permasalahan tersebut, Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro 2023/2024 Ainun Hidayah dari program studi Teknik Sipil mengusung tema program kerja monodisiplin tentang Mitigasi Bencana dengan judul “Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana Gempa Bumi” sebagai bentuk kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan sekitar.

  
Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Kebonagung pada hari Minggu, 21 Januari 2024. Dan diikuti oleh karangtaruna desa Kebonagung. Luaran yang dihasilkan berupa leaflet mengenai hal yang perlu diperhatikan sebelum, saat, dan setelah terjadinya gempa bumi, yang disampaikan oleh Ainun Hidayah kepada karangtaruna. Selain luaran tersebut, dibuat juga berupa modul dengan materi Mitigasi Bencana Gempa Bumi.
 

Setelah dilakukannya program kerja ini, diharapkan dapat memberikan edukasi serta memunculkan kesadaran dan kesiapsiagaan warga desa Kebonagung terhadap bencana gempa bumi yang dapat terjadi sewaktu-waktu. Diharapkan pula ilmu ini dapat terus berkelanjutan serta dapat diterapkan kepada seluruh warga Desa Kebonagung.




Penulis: 
Ainun Hidayah

Dosen Pembimbing: 
Dr. dra. Rr. Hermini Susiatiningsih., M.Si

Editor:
Achmad Munandar

#p2kkn #KKNUndip2024 #lp2kknundip #lppmundip #undip

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon