Peta Persebaran Produk Potensi UMKM Desa Majenang Berbasis Geographic Information System (GIS) sebagai Media Informasi Masyarakat dan Perangkat Desa

 
Peta Persebaran Produk Potensi UMKM Desa Majenang

Campusnesia.co.idDesa Majenang, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen (25/01/2023) – Potensi sumber daya lokal seperti potensi pertanian dan kekayaan alam lain yang dimiliki oleh Desa Majenang dapat dikembangkan menjadi dasar pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Majenang dipengaruhi oleh berbagai faktor yang berkaitan dengan dinamika dan dan kebutuhan masyarakat lokal. Adanya UMKM juga dapat menjadi solusi untuk mengurangi tingkat pengangguran karena masyarakat dapat menciptakan peluang pekerjaan sendiri. Selain aspek ekonomi, keberadaan UMKM juga dapat merangsang perkembangan kreativitas dan inovasi. 

Pengembangan produk lokal dan pemasaran yang khas bisa membantu mendukung identitas budaya desa dan membuka peluang untuk memasarkan produk secara lebih luas. Oleh karena itu, pembuatan Peta Persebaran Produk Potensi UMKM di Desa Majenang yang berbasis Geographic Information System (GIS) diperlukan untuk mengetahui keberadaan produk unggulan UMKM di Desa Majenang dan pengembangan produk ekonomi lokal di Desa Majenang baik oleh pemerintah maupun masyarakat.
 
Berdasarkan penjelasan tersebut, Gavra Aras Padantya selaku mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro Tahun Ajaran 2023/2024 yang berasal dari Program Studi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota dengan dosen pembimbing Ibu Riza Susanti, S.T., M.T. berinisiatif untuk membuat Peta Persebaran Produk Potensi UMKM Desa Majenang, Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen sebagai program monodisiplinnya. Peta ini dibuat sebagai media informasi kepada masyarakat terkait letak potensi produk UMKM yang ada di Desa Majenang. Selain itu, dengan adanya peta ini juga dapat menjadi media dalam pengembangan potensi produk UMKM di Desa Majenang. 

Pembuatan Peta Persebaran Produk Potensi UMKM Desa Majenang dilakukan melalui survey lapangan selama 10 hari sejak tanggal 10-20 Januari 2024. Berdasarkan hasil observasi, survey, dan wawancara di lapangan diketahui potensi produk unggulan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Majenang yang kemudian dilakukan pengolahan data menggunakan teknologi Geographic Information System (GIS) dilakukan sejak tanggal 20-24 Januari 2024. Kemudian, pada tanggal 25 Januari 2024 dilakukan presentasi kepada perangkat desa terkait dengan output Peta Sarana dan Prasarana yang telah dibuat. Survey lapangan dilakukan dengan cara menitikkan koordinat dari masing-masing fasilitas menggunakan aplikasi GIS kemudian titik-titik tersebut dieksport menjadi shapefile yang kemudian diolah menggunakan software Quantum GIS. Hasil dari Quantum GIS tersebut kemudian dieksport menjadi pdf file dan diprint out dengan ukuran kertas A3.

Dengan dibuatnya Peta Persebaran Produk Potensi UMKM Desa Majenang dapat menjadi dasar untuk memahami potensi ekonomi lokal. Dengan mengetahui produk-produk unggulan UMKM, diharapkan pemerintah dan masyarakat bisa merancang strategi pengembangan ekonomi lokal yang sesuai dengan potensi yang ada di Desa Majenang. Selain itu, Peta Persebaran Potensi Produk UMKM memberikan informasi kepada masyarakat tentang produk-produk lokal yang mungkin belum mereka ketahui. Hal ini memberikan pilihan alternatif dan mendukung konsep belanja produk dalam desa untuk mendukung para pelaku usaha di Desa Majenang.

Melalui pemetaan potensi produk UMKM, masyarakat berharap bahwa Desa Majenang akan menjadi Desa dengan pengembangan UMKM sebagai tumpuan pergerakan ekonomi lokal dan diharapkan nantinya akan menjadi pusat ekonomi yang lebih kuat dan berkelanjutan. Program ini diharapkan menjadi fondasi untuk pembangunan yang berkelanjutan terkait pengembangan ekonomi lokal. Pemetaan potensi produk UMKM dapat dilanjutkan dengan perumusan strategi yang tepat dan berkelanjutan untuk mendukung ekonomi lokal Desa Majenang.




Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon