Peta Persebaran Fasilitas Desa Majenang Berbasis Geographic Information System (GIS) sebagai Media Informasi dan Basis dalam Penentuan Perencanaan Desa

 
Peta Persebaran Fasilitas Desa Majenang

Campusnesia.co.id - Desa Majenang, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen (25/01/2023) – Seiring pertambahan penduduk suatu wilayah, fasilitas yang dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat pun semakin banyak. Ketersediaan fasilitas di suatu wilayah juga dipengaruhi oleh Tingkat pelayanan suatu wilayah tersebut. Desa Majenang merupakan sebuah desa yang berada di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen, dengan jumlah penduduk 4.792 jiwa membuat desa ini memiliki tingkat kepadatan ketiga tertinggi di Kecamatan Sukodono yakni 916,18 jiwa/km2. 

Dengan jumlah penduduk yang besar membuat Desa Majenang memerlukan fasilitas yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Desa Tersebut. Pemenuhan fasilitas untuk kebutuhan dasar masyarakat ditentukan oleh Standar Nasional Indonesia (SNI) sesuai dengan jumlah penduduk yang harus mendapatkan pelayanan. Selain itu, jangkauan pelayanan dari masing-masing fasilitas yang ada ditentukan berdasarkan penempatan lokasi dari fasilitas tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya pembuatan Peta Fasilitas yang ada di Desa Majenang yang berbasis Geographic Information System (GIS) untuk mengetahui ketersediaan dan lokasi dari fasilitas yang ada di Desa Majenang.
 

Berdasarkan penjelasan tersebut, Gavra Aras Padantya selaku mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro Tahun Ajaran 2023/2024 yang berasal dari Program Studi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota dengan dosen pembimbing Ibu Riza Susanti, S.T., M.T. berinisiatif untuk membuat Peta Persebaran Fasilitas Desa Majenang, Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen sebagai program monodisiplinnya. Peta Persebaran Fasilitas dibuat sebagai media informasi kepada masyarakat terkait letak fasilitas yang ada di Desa Majenang. Selain itu, dengan adanya peta ini juga dapat menjadi media evaluasi terkait letak fasilitas dan jumlah fasilitas yang ada apakah sudah menjangkau dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat atau belum sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Pembuatan Peta Persebaran Fasilitas Desa Majenang dilakukan melalui survey lapangan selama 10 hari sejak tanggal 10-20 Januari 2024, pengolahan data menggunakan teknologi Geographic Information System (GIS) dilakukan sejak tanggal 20-24 Januari 2024. Kemudian, pada tanggal 25 Januari 2024 dilakukan presentasi kepada perangkat desa terkait dengan output Peta Persebaran Fasilitas yang telah dibuat. Survey lapangan dilakukan dengan cara menitikkan koordinat dari masing-masing fasilitas menggunakan aplikasi GIS kemudian titik-titik tersebut dieksport menjadi shapefile yang kemudian diolah menggunakan software Quantum GIS. Hasil dari Quantum GIS tersebut kemudian dieksport menjadi pdf file dan diprint out dengan ukuran kertas A3.

Pembuatan Peta Persebaran Fasilitas ini sangat bermanfaat untuk Desa Majenang dimana saat ini pemerintah memiliki panduan untuk merencanakan pembangunan berdasarkan kebutuhan masyarakat dan jangkauan layanan masing-masing fasilitas. Selain itu, Peta Persebaran Fasilitas Desa Majenang menjadi media untuk masyarakat mengetahui keberadaan dari masing-masing fasilitas yang ada di Desa Majenang.

Dengan adanya program kerja Pemetaan Persebaran Fasilitas di Desa Majenang Perangkat Desa Majenang mengaku sangat mengapresiasi terhadap keterlibatan mahasiswa KKN dalam pembuatan Peta Persebaran Fasilitas ini. Perangkat desa dengan tegas menyatakan bahwa Peta Persebaran Fasilitas menjadi alat panduan yang sangat berharga dalam perencanaan pembangunan. Mereka mengakui bahwa data visual ini akan mempermudah mereka untuk mengidentifikasi prioritas dan mengarahkan pengembangan fasilitas yang ada.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon