Pendampingan dan Instalasi Drainase Biopori di Desa Klego, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali

 




Campusnesia.co.id - Pada tanggal 2 Febuari 2024 dibuatnya saluran drainase biopori di dekat rumah warga Dusun Klego. Pembuatan dan instalasi drainase biopori ini dilakukan oleh Christoffer Josse Susanto dari Program Studi Teknik Sipil dengan bantuan dari Ketua Kelompok Petani, bapak Juwair pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unviersitas Diponegoro Tim I Tahun 2023/2024 di Desa Klego, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali yang berlangsung selama 35 hari mulai dari tanggal 4 Januari 2024 hingga 9 Febuari 2024.

Biopori adalah lubang resapan berdiameter 10-30 cm yang dibuat tegak lurus ke dalam tanah dan diisi dengan limbah organik. Fungsi dari biopori adalah sebagai makanan mahkluk hidup yang ada di tanah, seperti cacing dan akar tumbuhan, sekaligus menjadi lubang drainase.
Pembuatan dan instalasi drainase biopori dilakukan dengan tujuan untuk menyuburkan tanah warga sekaligus memanfaatkan limbah organik di sekitar rumah warga. Dengan adanya drainase biopori ini diharapkan meningkatnya kualitas tanah sekaligus memperkuat akar tumbuhan di sekitar biopori.

Persiapan alat dan bahan untuk instalasi biopori ini sudah dilakukan dari tanggal 26 Januari 2024. Alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan biopori antara lain adalah pipa PVC 4” panjang 1m beserta tutupnya, paku dan lilin, cangkul, dan linggis. Pembuatan biopori dimulai dari melubangi sisi pipa beserta tutupnya dengan menggunakan paku panas. 

Setelah dilubangi, tanah digali sedalam 1m dan ditanamkan pipa PVC yang telah dilubangi tersebut. Pipa lalu diisi dengan limbah organik seperti daun kering dan kulit buah agar dapat membusuk didalam dan menutrisi tanah. Penggalian lubang untuk biopori tersebut dibantu oleh ketua kelompok tani, dan satu buah pipa PVC yang dilubangi diberi kepada kepala ketua tani sebagai contoh kepada para petani lainnya.




Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon