Maraknya Kasus Pencurian Data, Mahasiswi KKN UNDIP Tim I 2023/2024 Berikan Edukasi Mengenai Keamanan Data Digital Kepada Warga Desa Paluhombo

Foto: Penyampaian Materi Mengenai Cara Menjaga Keamanan 
Data Digital Kepada Ibu PKK Desa Paluhombo


Campusnesia.co.idChandraning Dyah Hapsari, Mahasiswi KKN UNDIP Tim I Tahun 2023/2024 Jurusan Teknik Elektro di Desa Paluhombo, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah melakukan kegiatan edukasi mengenai cara mengamankan data digital kepada warga desa tersebut. 

Kegiatan ini dilaksanakan setelah melihat adanya peningkatan kasus pencurian data yang terjadi di sekitar Desa Paluhombo. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 24 Januari 2024 ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat Desa Paluhombo mengenai pentingnya data dan bagaimana cara menjaga keamanan data digitalnya. 
Mahasiswi KKN UNDIP TIM I Tahun 2023/2024 berperan sebagai fasilitator dalam penyampaian materi tentang pentingnya menjaga keamanan data digital. Materi disampaikan secara interaktif, melibatkan partisipasi aktif dari para ibu-ibu PKK Desa Paluhombo. 

Peserta yang mana merupakan Ibu-ibu PKK Desa Paluhombo diberikan pemahaman mengenai potensi risiko keamanan data, teknik-teknik perlindungan data pribadi, serta cara-cara untuk menghindari serangan cyber. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan memberikan informasi, tetapi juga menciptakan kesadaran akan pentingnya penerapan langkah-langkah preventif dalam melindungi data pribadi..

Sebagai hasil dari kegiatan ini, diharapkan masyarakat Desa Paluhombo dapat lebih waspada dan proaktif dalam menjaga keamanan data digital mereka. Dengan pengetahuan yang diperoleh dari edukasi ini, diharapkan masyarakat dapat menghindari potensi ancaman keamanan digital dan menerapkan praktik-praktik yang aman dalam penggunaan teknologi. 

Kegiatan edukasi ini juga didukung dengan poster sebagai media baca bagi warga desa sekaligus media penyebaran informasi. Poster tersebut kemudian diberikan kepada pengurus karang taruna dan ditempel di papan informasi balai desa. 




Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon