Sayang Lansia, Mahasiswa KKN UNDIP Adakan Penyuluhan dan Pelatihan Kader Posyandu Lansia Mengenai Asam Urat di Desa Paluhombo

 


Campusnesia.co.id - Desa Paluhombo secara rutin menyelenggarakan kegiatan posyandu lansia. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesehatan dan mewujudkan masa tua yang bahagia, sehat, mandiri dan berdaya guna. 

Dengan adanya posyandu lansia dan kader yang berperan di dalamnya, Mahasiswa Tim I KKN UNDIP atas nama Indah Ayu Gita dari jurusan S1 Gizi mengadakan program "Penyuluhan dan Pelatihan Kader Posyandu Lansia Mengenai Asam Urat Pada Lansia" yang dihadiri 7 orang kader posyandu dan 1 bidan desa. Kegiatan dilaksanakan pada hari Jumat, 26 Januari 2024 di Balai Desa Paluhombo, Bendosari, Kabupaten Sukoharjo.

Program kegiatan dilatarbelakangi oleh banyaknya lansia yang menginginkan cek asam urat dan rasa keingintahuan lansia mengenai apa itu asam urat dan cara pencegahannya. Disisi lain kader kesehatan belum memiliki cukup pengetahuan dan keterampilan mengenai asam urat dan cara pengecekannya. Untuk itu diselenggarakan penyuluhan dan pelatihan asam urat. 


Penyuluhan sesi 1 oleh Mahasiswa Tim I KKN UNDIP yaitu Indah Ayu Gita mengenai gizi pada penderita asam urat. Dari pemaparan beliau, penderita asam urat masih bisa mengonsumsi apapun tetapi dalam jumlah terbatas. Salah satu kader bertanya susu jenis apa yang bisa dikonsumsi penderita asam urat khususnya lansia. Indah mengatakan, “Susu rendah lemak bisa dikonsumsi oleh penderita asam urat khususnya lansia, biasanya terdapat tulisan di kemasan luar susu yaitu “low fat” atau rendah lemak”. 


Sesi dua yaitu terdapat pelatihan pengecekan asam urat yang didampingi oleh bidan desa yaitu ibu Maria Cahyawati Purwaningsih A.md.Keb. Dalam sesi tersebut, terlihat para kader nampak antusias dan satu per satu praktik mengecek kadar asam urat. 

Untuk menunjang pemeriksaan asam urat di posyandu lansia, Mahasiswa TIM I KKN UNDIP yaitu Indah Ayu Gita menghibahkan dua perangkat alat GCU. Nantinya penyuluhan dan pelatihan ini dapat menambah pengetahuan kader serta lansia dan dapat dipraktikkan pada lansia saat adanya posyandu lansia. Penyuluhan dan pelatihan kader diakhiri dengan foto bersama. 




Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon