Mahasiswa UNDIP Sosialisasikan Manfaat Aplikasi Shopee kepada UMKM Batik Kunayah di Desa Beluk

 

Kurangnya informasi kepada pelaku UMKM di Desa Beluk mengenai pemasaran produk melalui media platform online. Maka penting melakukan edukasi terkait keuntungan dalam melakukan pemasaran produk lokal melalui e-commerce sebagai jembatan antara penjual dan pembeli dari berbagai daerah. Hal ini sesuai dengan Sustainable Development Goals no 8 yaitu ‘decent work and economic growth’.

Campusnesia.co.idKlaten, 15 Februari 2024 - Mahasiswa Universitas Diponegoro tengah mengukir jejak positif dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Beluk. Dengan semangat mengabdi kepada masyarakat, mahasiswa memilih fokus pada pembangunan dann potensi yang ada di Desa Beluk, salah satunya sektor UMKM, seperti para pengrajin batik lokal.

Sebagai bagian dari program kerjanya, salah satu mahasiswa mengenalkan aplikasi Shopee kepada pelaku UMKM batik di Desa Beluk yaitu pemilik Batik Kunayah. Tujuan dari program ini adalah mempermudah pelaku usaha dalam memasarkan dan menjual produk batik mereka secara online, sekaligus membantu mereka memahami cara pendaftaran di platform tersebut.

"Dalam era digital seperti sekarang, kehadiran aplikasi Shopee dapat memberikan peluang besar bagi pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan mereka. Saya berharap dengan adanya pelatihan ini, mereka dapat mengoptimalkan potensi bisnis mereka," ungkap Sherry Amara Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Rumah pemilik pelaku UMKM Batik Kunayah Desa Beluk. Mahasiswa menyampaikan materi dengan ringan dan interaktif, memastikan pelaku UMKM dapat memahami langkah-langkah pendaftaran dan penggunaan aplikasi Shopee.

Pelaku UMKM pun antusias mengikuti sosialisasi tersebut. Selain memberikan panduan pendaftaran, Mahasiswa juga memberikan tips tentang strategi pemasaran online yang efektif dan cara menjaga kualitas produk agar mendapatkan ulasan positif dari pelanggan. Seluruh materi disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi pelaku UMKM di Desa Beluk.

Program sosialisasi aplikasi Shopee oleh Mahasiswa Tim 1 KKN Undip di Desa Beluk bukan hanya sekadar kegiatan KKN biasa, tetapi juga langkah konkrit menuju pemberdayaan ekonomi masyarakat sesuai dengan poin SDG’s nomor 8 yaitu ‘decent work and economic growth’. Harapannya, kegiatan semacam ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk berkontribusi dalam pengembangan masyarakat melalui KKN.



Penulis: 
Sherry Amara
14050120140034
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 
Universitas Diponegoro

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon