Mahasiswa KKN Undip Mewujudkan Infografis Peta Persebaran Lokasi UMKM Guna Mendukung Pemasaran dan Mendukung UMKM di Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan

 


Campusnesia.co.id - Lolong, Karanganyar, Pekalongan (07/02/2024) Mahasiswa KKN Tim I Undip telah melaksanakan program dengan membuat infografis peta persebaran UMKM di Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau yang sering disingkat UMKM ialah salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara maupun daerah, begitu juga dengan negara indonesia. 

Usaha Mikro, Kecil dan menengah merupakan kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dan menengah serta perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat. Dengan itu dapat dikatakan bahwa UMKM adalah unit usaha produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau Badan Usaha disemua sektor ekonomi. 

Desa Lolong merupakan salah satu desa yang menjadi destinasi wisata alam di Kabupaten Pekalongan. Keindahan alam yang masih sejuk dan alami menjadikan banyak wisatawan yang tertarik dan berkunjung ke Desa Lolong hanya untuk menikmati keindahan alam dan suguhan buah durian asli dari Desa Lolong. Banyaknya wisatawan yang datang setiap minggunya mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Lolong dalam perekonomian. Banyak masyarakat yang menjual dari hasil kebun seperti buah durian dan aneka olahan makanan ringan lainnya.

Sebagai bentuk dukungan di dalam era digitalisasi, dengan adanya peta persebaran ini diharapkan mampu menarik wisatawan yang datang dan mengetahui lokasi dan nama pemilik UMKM di Desa Lolong tersebut. Kegiatan ini diawali dengan pengumpulan data dan survey dilakukan dalam waktu 3 hari dengan datang ke lokasi UMKM dan memberikan tanda lokasi dengan menggunakan aplikasi Avenza yang biasa digunakan untuk pemetaan. Data primer yang sudah didapatkan kemudian dilakukan pengolahan data dengan bantuan software ArcGis dan data sekunder berupa citra satelit guna memvalidasi titik lokasi yang sudah didapatkan dengan citra satelit.
 
Setelah peta persebaran UMKM kemudian dijadikan menjadi infografis dalam bentuk cetak, pada Rabu (7/02) Mahasiswa KKN Kemudian menyerahkan kepada Pemerintah Desa Lolong dan kemudian Pemerintah Desa Lolong akan memasang infografis tersebut di depan Balaidesa Lolong. Penyerahan itu sekaligus Mahasiswa KKn menjelaskan kepada Perangkat Desa Lolong terkait UMKM apa saja yang terdapat di Desa lolong. Tujuan adanya infografis ini diharapkan akan mempermudah bagi wisatawan dalam mencari UMKM apa saja yang tersebar disekitar lokasi wisata yang berada di Desa Lolong dan juga hasil dari program KKN ini diharapkan mampu membantu masyarakat Desa Lolong dalam promosi hasil UMKM kepada wisatawan yang berkunjung (Rio).



Penulis: 
Rio Dewa Krisnanda 
Mahasiswa Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan 
Sekolah Vokasi - Universitas Diponegoro

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon