Guna Menghemat Energi! Mahasiswa KKN UNDIP Memasang dan Memperkenalkan Teknologi Lampu Otomatis Dengan Sensor Cahaya

 

Campusnesia.co.idMoga, Pemalang (30/01/24) – Salah satu anggota tim 1 KKN Universitas Dipenogoro melaksanakan pemasangan dan memperkenalkan teknologi lampu otomatis menggunakan sensor cahaya pada warga di Desa Moga. Kegiatan ini termasuk salah satu pelaksanaan program monodisiplin pada tanggal 30 Januari 2024. Pada program kerja tersebut guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menghemat energi.

Prinsip kerja pada lampu otomatis ini yaitu sensor cahaya akan mendeteksi cahaya pada sekitar dan apabila terdeteksi cahaya maka lampu akan otomatis mati.Begitu juga sebaliknya, apabila sensor cahaya tidak mendeteksi cahaya maka lampu akan otomatis hidup.

Perizinan untuk memasang lampu otomatis ini, diawali dengan mengunjungi kediaman ketua RT setempat untuk mendiskusikan letak pemasangan lampu pada dua rumah warga, lalu diputuskan bahwa penempatan lampu otomatis ini dipasang di depan rumah warga dikarenakan sering lupa dimatikan jika sudah siang. Lampu ini pun bisa menjadi solusi dari permasalahan lingkungan dimana dengan menghemat energi dapat sekaligus mengurangi dampak dari global warming yang akan merusak bumi.Solusi lainnya yaitu dapat mengurangi biaya listrik dikarenakan terlupa untuk mematikan lampu.
  


Adapun hasil dari luaran program monodisiplin ini yaitu berupa brosur, booklet dan produk yang mana diharapkan masyarakat di desa Moga dapat membuat lampu otomatis ini sendiri dengan mengikuti booklet yang diberikan. Pembuatan lampu otomatis ini pun membutuhkan komponen-komponen utama, yaitu LDR (sensor cahaya), transistor, resistor, dan lampu.

Pada pelaksanaan program monodisiplin ini diharapkan mempermudah warga desa Moga dengan pengadaan lampu otomatis ini. Sehingga, penggunaan listrik akan lebih efektif dan efisien sekaligus dapat menghemat biaya oprasional listrik dan mengurangi efek yang akan ditimbulkan pada penggunaan listrik berlebih.



Penulis: Helmi Maulana

Jurusan: Teknik Elektro

Fakultas: Teknik

DPL: Dr. Ana Silviana, S.H., M.Hum.

Lokasi KKN: Desa Moga, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang

KKN Tim I Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024.

Editor: Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon