Hemat Energi Sayangi Bumi! Mahasiswa KKN UNDIP Melaksanakan Sosialisai Hemat Energi Listrik Guna Mengurangi Emisi Karbon yang Dikeluarkan Oleh Peralatan Elektronik

 




Campusnesia.co.idMoga, Pemalang (29/01/24) – Salah satu anggota tim 1 KKN Universitas Dipenogoro melaksanakan sosialisai tentang pentingnya hemat energi listrik di desa Moga. Kegiatan ini termasuk salah satu pelaksanaan program monodisiplin pada tanggal 29 Januari 2024. Pada program kerja tersebut guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman warga desa moga dalam menghemat energi listrik.

Program sosialisasi ini membahas mengenai bagaimana cara menghemat energi listrik, pengenalan teknologi yang dapat menunjang hemat energi listrik dan cara menghitung biaya oprasional listrik dari alat elektronik yang digunakan. Masyarakat Desa Moga memainkan peran kunci dalam kesuksesan program ini. Mereka tidak hanya mendengarkan informasi tentang hemat energi listrik, tetapi juga berpartisipasi aktif dalam sesi tanya jawab. 

Perizinan untuk sosialisasi ini, diawali dengan mengunjungi kediaman ketua PKK setempat untuk mendiskusikan waktu dan tempat pelaksanaan program sosialisai hemat energi listrik ini, lalu diputuskan bahwa pelaksanaan dilakukan di kediaman ketua PKK desa Moga pada tanggal 29 Januari 2024 Pukul 10.00 WIB. Program sosialisai ini pun dapat menjadi solusi dari permasalahan lingkungan dimana dengan menghemat energi dapat sekaligus mengurangi dampak dari global warming yang akan merusak bumi, menhemat biaya oprasional listrik dan mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dari peralatan elektronik.

Adapun hasil dari luaran program monodisiplin ini yaitu berupa brosur dan booklet yang mana diharapkan masyarakat di desa Moga dapat mengimplementasikan pemahaman tentang hemat energi listrik agar dapat menjaga kelestarian bumi.

Pada pelaksanaan program monodisiplin ini diharapkan mempermudah warga desa moga untuk menghemat energi listrik. Sehingga, penggunaan listrik akan lebih efektif dan efisien sekaligus dapat menghemat biaya oprasional listrik dan mengurangi efek yang akan ditimbulkan pada penggunaan peralatan elektronik.



Penulis: Helmi Maulana

Jurusan: Teknik Elektro

Fakultas: Teknik

DPL: Dr. Ana Silviana, S.H., M.Hum.

Lokasi KKN: Desa Moga, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang

KKN Tim I Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024.

Editor: Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon