Mahasiswa KKN Undip Membuat Basis Data Sarana di Desa Lolong, Guna Membantu Perangkat Desa Dalam Pencarian dan Updating Data

 


Campusnesia.co.idLolong, Karanganyar, Pekalongan (07/02/2024) Mahasiswa KKN Tim I Undip telah melaksanakan program dengan membuat basis data jumlah sarana di Desa Lolong dengan menggunakan Software Microsoft Excel. Program tersebut adalah dengan membuat file untuk rekap data jumlah sarana di Desa Lolong dengan tujuan memudahkan perangkat desa dalam pencarian data dan updating data jumlah sarana.

Program ini diawali dengan pencarian data secara primer dengan mencari titik lokasi sarana dan dokumentasi sarana yang tersebar di seluruh wilayah administasi Desa Lolong. Survey lapangan dilakukan selama 3 hari dan dilaksanakan oleh seluruh anggota Tim KKN yang bertempat di Desa Lolong.

Hasil pencarian data primer terkait jumlah sarana berdasarkan jenisnya di Desa Lolong, kemudian direkap menggunakan Microsoft Excel guna mempermudah dalam pencarian data dan updating data. Luaran program ini berupa file Excel yang berisi tentang profil desa, jumlah penduduk, dan jumlah sarana yang berada di Desa Lolong. 
 
Pada Rabu (07/02/2024) Mahasiswa KKN menyerahkan hasil dari program pembuatan basis data sarana yaitu berupa file Excel kepada Perangkat Desa Lolong. Mahasiswa KKN juga menjelaskan dalam pengoperasian basis data dalam pencarian data dan updating data nantinya. Respon perangkat desa yang antusias dengan adanya basis data ini dikarenakan mempermudah dalam pencarian jumlah sarana, dokumentasi sarana, dan juga alamat sarana serta mempermudah dalam update data jumlah sarana untuk kedepannya. Hasil program ini diharapkan mampu dalam membantu perangkat desa untuk lebih praktis dalam rekap data kedepannya. (Rio)



Penulis: 
Rio Dewa Krisnanda 
Mahasiswa Perencanaan Tata Ruang dan Pertanahan  
Sekolah Vokasi – Universitas Diponegoro

Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon