Mahasiswa KKN TIM I UNDIP Melakukan Tranformasi Digital: Mengajak Masyarakat Desa Kalangan melakukan Digitalisasi Marketing untuk UMKM Desa Kalangan

 



Campusnesia.co.id - Kalangan (03/02/2024) - Mahasiswa KKN TIM I 2023/2024 Universitas Diponegoro, Semarang melaksanakan kegiatan berupa edukasi untuk para warga RT 04 Desa Kalangan. Kegiatan yang dilaksanakan ini adalah bentuk program kerja KKN monodisiplin dari mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis prodi Akuntansi yang sedang menjalankan kegiatan KKN di Desa Kalangan, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten.

Kegiatan yang dilakukan ini mempunyai tema yaitu “Transformasi Digital: Penyuluhan cara melakukan strategy marketing digital dan pembuatan akun berjualan di E-commerce”. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pengumpulan warga RT 04 di Desa Kalangan dan melakukan pengenalan mengenai ap aitu digitalisasi, sosial media, dan E-commerce. Dalam rangka membuat perubahan untuk UMKM yang lebih maju lagi, di daerah perdesaan maka harus dimulai dengan menanamkan pengetahuan mengenai digitalisasi dan perkembangan zaman digital yang sudah terjadi. 

Banyaknya warga sebagai pemilik usaha tertarik dengan proses digitalisasi marketing karena beranggapan untuk memajukan usahanya, namun yang sangat disayangkan adalah kurangnya pengetahuan akan penggunaan Internet dan Sosial media yang membuat para warga merasa kesulitan dalam melakukan strategy marketing dalam bentuk digital. 

Lingkungan di desa Kalangan tergolong banyak sekali UMKM yang beredar mulai dari Batu-Bata, Tempe, Kripik Tempe, Tahu, Kemoceng, dan warung-warung kecil lainnya, dari potensi itu lah yang membuat saya terpikirkan untuk melakukan perubahan terhadap gaya marketing yang dipakai oleh UMKM desa Kalangan.
 
Pada acara ini saya memberikan pengetahuan mengenai sosial media yang baik digunakan untuk UMKM dalam melakukan promosi, seperti Instagram dan Tiktok. Dari sekian banyak warga yang mengikuti kegiatan tersebut tidak sedikit yang belum mengetahui kedua media sosial tersebut padahal itu adalah media sosial yang akan sangat membantu proses promosi UMKM yang paling bermanfaat.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon