Mahasiswa KKN Undip Berikan Sosialisasi Keuangan kepada Para Ibu Rumah Tangga di Desa Banaran Kabupaten Magelang

 



Campusnesia.co.id - Magelang (7/2/2024) – Literasi keuangan adalah pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan yang memengaruhi sikap dan perilaku untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangan untuk mencapai kesejahteraan keuangan masyarakat. 

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan, pada tahun 2019, indeks literasi keuangan dan inklusi keuangan di Indonesia adalah sebesar 38,03% dan 76,19%. Hal tersebut menunjukkan adanya ketimpangan antara literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. Padahal, sebelum kita terlibat dalam penggunaan jasa keuangan, ada baiknya kita memahami setidaknya pengelolaan keuangan dan produk-produk jasa keuangan.

Rendahnya literasi keuangan di Indonesia perlu diatasi dengan memberikan edukasi kepada masyarakat dari semua kalangan, tidak terkecuali untuk ibu rumah tangga. Edukasi keuangan kepada ibu rumah tangga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan rumah tangga demi tercapainya pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan tujuan keluarga di masa depan. Hal ini mendorong salah satu mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro 2023/2024, Febrina Kurniawati, untuk memberikan sosialisasi keuangan kepada ibu rumah tangga di Dusun Gabahan, Desa Banaran, Kabupaten Magelang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, 19 Januari 2024 dan bertempat di kediaman Kepala Dusun Gabahan. Dalam melaksanakan sosialisasi ini, pelaksana bekerja sama dengan para kader PKK di Dusun Gabahan. Materi yang disampaikan berkaitan dengan pengelolaan keuangan keluarga dan fenomena kemajuan teknologi saat ini. 

Sosialisasi ini diikuti peserta dengan antusias dan terjadi diskusi secara dua arah. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para ibu rumah tangga di Dusun Gabahan dapat lebih bijaksana dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangannya serta dapat memberikan pencerdasan kepada warga yang lain.



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon